Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Melihat Kembali Perjalanan Slashky Gitaris di Tahun 2016

Melihat Kembali Perjalanan Slashky Gitaris di Tahun 2016

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2016.
Banyak momen yang terjadi tahun ini, entah bahagia, sedih, berhasil, gagal, semuanya akan jadi kenangan di tahun yang luar biasa ini.
Saya sendiri mengalami banyak hal menarik mulai dari pengalaman jadi guru hingga kembali terdampar di Jogja.
Sungguh tahun ini akan menjadi tahun yang sudah untuk dilupakan.
Saya pribadi mengucapkan beribu terima kasih pada para pembaca yang sudah datang ke blog ini, membaca tulisan-tulisan di sini dan kerap ikut berdiskusi di fans page Motivasi Gitar di Facebook, mensubcribe Channel Youtube saya, follow akun twitter dan bergabung di komunitas Google Plus. Terima kasih semuanya.

slashky gitaris, blog gitar, review 2016, the best blog

Di postingan terakhir di tahun ini, saya akan meriview perjalanan blog ini selama setahun belakangan ini.


Intensitas jumlah postingan

Ini sangat berbeda dibandingkan dengan jumlah postingan tahun lalu yang mencapai 57 buah artikel. Tahun ini blog ini hanya diisi dengan 28 postingan saja.
Bahkan blog ini sempat tidak menerbitkan postingan selama bulan Mei dan Juni tahun ini. Bulan Juli hanya ada satu postingan.
Namun, mulai dari bulan September blog Slashky Gitaris ini bangkit kembali.
Setidaknya minimal seminggu sekali ada satu artikel yang hadir di blog ini.
Sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan hanya saja butuh komitmen untuk merealisasikannya.

Biaya dan waktu

Harus saya akui bahwa kebangkitan blog ini didasarkan pada kondisi finansial saya yang lagi tidak baik.
Merantau kembali ke Jogja, membuat saya berpikir keras untuk tetap bertahan hidup.
Salah satu yang bisa saya lakukan untuk mengatasinya adalah dengan membuat tulisan dan mempublikasikannya lewat blog ini karena memang terbukti bisa menghasilkan uang.
Walaupun untuk nominalnya belum terlalu besar setidaknya ini sudah bisa sedikit menyokong, memberi semangat untuk bekerja.
Selain itu, waktu luang yang sedikit membuat agak susah untuk menemukan celah menulis.
Kalaupun ada kadang tubuh sudah terlalu capek sehingga tidak efektif lagi untuk berpikir dan menuangkannya dalam tulisan.
Ditambah lagi, pekerjaan yang tidak berhubungan dengan dunia gitar.
Walaupun sebenarnya waktu istirahat tetap bisa main gitar.


Artikel yang di publikasikan

Berikut ringkasan dari postingan yang saya buat selama tahun ini diurutkan dari postingan terbaru



30 situs online terbaik untuk belajar gitar

Bingung mencari situs yang bagus untuk belajar atau ingin mendalami ilmu gitar, silahkan kunjungi situs, website dan blog yang saya sharingkan pada artikel ini.

Setting awal Cubase 5 bagi yang belajar rekaman

Artikel ini saya buat karena merasa kesulitan sendiri dalam menyetting Cubase setelah di install di PC dengan windows 7. Ini merupakan file dokumentasi jika suatu saat saya menemukan kendala lagi saya tinggal buka blog sendiri.

Wawancara dengan gitaris muda berbakat Dedek Dermawan Siregar

Ini merupakan artikel pertama full interview gitaris yang saya postingkan tahun ini. Sharing ini terbukti dapat menambah semangat dan referensi untuk terus bermain gitar.

Setting Plugin Instrumen Guitar Rig 5 di Cubase 5

Sebenarnya saya juga pernah membahas setting Guitar Rig di Cubase, namun ternyata cara tersebut tidak bisa digunakan lagi. Ini merupakan cara alternatif yang terbukti ampuh membuat virtual efek gitar bekerja di DAW saya.

Kunci Diminished dan Scale Diminished ini merupakan hal yang menarik untuk di bahas ! Artikel ini juga merupakan jawaban dari sebuah pertanyaan di fans page Motivasi Gitar. 


17 peluang usaha bagi seorang gitaris

Menjadikan hobi sebagai bagian dari bisnis, mengapa tidak? Di artikel ini saya mensharingkan 17 peluang membuat hobi genjreng-genjreng jadi uang.

Macam-macam arpeggio, Cara memainkan serta tips cara mengingatnya

Ada 7 macam arpeggio yang saya sharingkan pada artikel ini beserta dengan tips bagaimana cara agar tidak lupa.

13 lagu anak-anak dengan kunci gitar yang mudah

Ini adalah kumpulan lagu-lagu yang memiliki kord gitar yang gampang untuk dimainkan.

Belajar membaca not balok pada gitar

Sebenarnya membaca not balok ini sudah ingin saya bahas sejak lama karena topik ini sangat penting terlebih jika ingin belajar gitar dengan serius, misalnya untuk masuk sekolah musik.

11 cara melatih feeling dalam bermain gitar

Para gitaris hebat tidak serta merta dapat menciptakan solo gitar yang keren tanpa berlatih dan mengasah feeling bermusik mereka. Nah, jika kalian ingin menjadi seperti mereka maka artikel ini adalah jawabannya.

Tips menjadi gitaris hebat dari para suhu

Artikel ini adalah gabungan tips bermain gitar dari beberapa gitaris hebat. Check it out !

Belajar Slash chord pada gitar

Pernah melihat bentuk kunci gitar D/F#, A/C#, A/C, dst. Ini adalah beberapa contoh slash chord, silahkan cari tahu bagaimana cara memainkannya dan kalian akan bisa memainkan tipe slash kord yang lain.

24 variasi Kromatik scale untuk latihan penjarian

Ada dua puluh empat variasi scale kromatik yang bisa kalian coba untuk latihan penjarian atau warm up guitar. Penjarian ini penting untuk melatih kombinasi picking dan fingering.

15 pertanyaan seputar belajar gitar sepanjang tahun 2016

Punya pertanyaan tentang teknik, tips dan trik gitar, di artikel ini sudah mewakili pertanyaan yang umum ditanyakan para pembaca yang sering mampir di blog ini.

Download Tab video Belajar Sweeppicking Arpeggio

Ingin belajar teknik sweeppicking dari dua senar sampai enam senar? Silahkan kunjungi tulisan ini dan dapatkan TABulature nya.

Tips membeli gitar elektrik bekas atau gitar second

Dana terbatas tapi ingin kualitas yang bagus? Tidak ada salahnya untuk membeli gitar bekas namun masih O.K. Pada postingan ini kalian akan menemukan tips lengkap agar tidak menyesal dalam membelinya.


7 Cara belajar lick atau solo gitar untuk ngulik atau menciptakan lagu sendiri

Di sini saya membagikan 7 cara yang bisa kalian coba sendiri untuk mempelajari lick, membuat lead versi kalian sendiri.




“Buktikan kehebatanmu bermusikmu dengan karya bukan sekedar kata-kata semata.”

 
Suka memotivasi diri untuk bermain gitar, silahkan pilih beberapa kata dalam postingan ini sebagai penambah semangat.


10 lagu anak-anak yang mudah untuk belajar gitar (Bag 2)


Ini adalah lanjutan dari kumpulan lagu-lagu anak yang mudah untuk dimainkan dengan gitar, sangat cocok sekali bagi yang ingin menguji kemampuan penguasaan kord dasar dan melatih memindahkan kunci gitar dengan cepat.

10 lagu anak-anak yang mudah untuk belajar gitar (Bag 1)

Artikel yang membuat kita bernostalgia dengan masa kanak-kanak. Lagu-lagu Ambilkan bulan bu, Ampar-ampar pisang adalah salah satu lagu yang populer dan pasti diketahui banyak orang. Inilah alasan mengapa saya mengambil lagu-lagu ini sebagai contoh lagu yang mudah.


Mengapa saya tidak sehebat dia


Cari tahu mengapa tetangga sebelah lebih jago dari kita atau cewek di seberang jalan lebih sangar dalam memetik dawai gitar. Kita juga sebenarnya bisa kok.

Mengapa gitaris juga perlu belajar bahasa Inggris

Siapa bilang gitaris gak wajib belajar bahasa Inggris? Malah sebaliknya kita harus paham dengan bahasa Inggris, bahkan di postingan ini saya sendiri membuat sebuah blog khusus untuk mendokumentasikan cara saya belajar bahasa Inggris.


4 cara menyimpan gitar yang benar setelah digunakan


Jika ingin punya gitar yang awet tidak hanya dari bentuk tapi juga dari suaranya, maka kalian wajib menyimak artikel ini karena ada tips yang mungkin sering terlewatkan terlebih jika kita biasa menaruh gitar sembarangan setelah digunakan.

Cara mengingat improvisasi gitar yang panjang


Sering menggunakan
backingtrack sebagai teman latihan pasti secara tidak langsung akan menciptakan improvisasi-improvisasi ala kita. Nah, bagaimana cara untuk mengingatnya? Pastikan kalian membaca artikel ini.

Gitar obat berbagai penyakit

Gitar tidak hanya sebagai media untuk menghibur hati yang gundah tapi juga untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apa saja kah itu? Silahkan temukan jawabannya.


Akhirnya bisa nge-band lagi

Setelah sempat disibukkan dengan aktivitas sebagai guru, akhirnya saya bisa masuk studio dan ngejam bareng. 


Ingin berhenti main gitar?

Punya pekerjaan lagi bukanlah hal mudah untuk tetap bisa bermain gitar, artikel ini bisa mencoba memberikan sudut pandang baru bahwa sebenarnya hal itu wajar-wajar saja.

Silahkan mengklik kalimat berwarna biru untuk membuka postingannya.

Terima kasih banyak untuk teman-teman semua yang sudah turut ambil bagian dalam promosi dan membagikan postingan tersebut.

Fakta-fakta yang mencengangkan

  • Ada dua artikel yang berhasil menembus satu juta views, salah satunya sudah dikunjungi sebanyak dua juta kali. Wow!!! Artikel tersebut adalah Panduan Chord Open String dan Belajar Menyetem Gitar (gambar)
catatan, belajar arpeggio, belajar bahasa Inggris, belajar gitar, slash chord, slashky gitaris, lagu mudah belajar gitar, belajar not balok, penjarian dasar, sweep picking arpeggio, kata gitar, tips gitar, situs gitar, artikel populer

  • Secara keseluruhan blog Slashky Gitaris telah dilihat sebanyak lebih dari 8 juta kali sejak didirikan tahun 2012.
catatan, belajar arpeggio, belajar bahasa Inggris, belajar gitar, slash chord, slashky gitaris, lagu mudah belajar gitar, belajar not balok, penjarian dasar, sweep picking arpeggio, kata gitar, tips gitar, situs gitar, artikel populer gitar


  • Statistik jumlah pengunjung channel YouTube lebih dari 500.000+ views, dengan 500+ subscribers.
catatan, belajar arpeggio, belajar bahasa Inggris, belajar gitar, slash chord, slashky gitaris, lagu mudah belajar gitar, belajar not balok, penjarian dasar, sweep picking arpeggio, kata gitar, tips gitar, situs gitar, channel youtube




  • Salah satu video, Belajar Cara Menyetem Gitar telah dilihat sebanyak 300.000+ kali.

catatan, belajar arpeggio, belajar bahasa Inggris, belajar gitar, slash chord, slashky gitaris, lagu mudah belajar gitar, belajar not balok, penjarian dasar, sweep picking arpeggio, kata gitar, tips gitar, situs gitar, video populer di youtube


  • Fans Page, Motivasi Gitar kini memiliki total 14.000+ Likes.
catatan, belajar arpeggio, belajar bahasa Inggris, belajar gitar, slash chord, slashky gitaris, lagu mudah belajar gitar, belajar not balok, penjarian dasar, sweep picking arpeggio, kata gitar, tips gitar, situs gitar, motivasi gitar, fans page gitar, fans page motivasi gitar


Ini semua berkat partisipasi teman-teman pembaca semua yang juga turut menyumbang ide dan gagasan lewat diskusi tanya jawab. Terima kasih untuk partisipasi para pembaca semua.

Rencana tahun depan

  • Meningkatkan jumlah postingan mingguannya tanpa mengorbankan kualitas tulisannya.
  • Akan ada 1 postingan tentang lick yang di buat sendiri oleh sendiri, tentu saja di sediakan TAB nya. Semoga ini bisa dipostingkan rutin tiap minggu dan ada video penjelasannya.
  • Jika koneksi lancar, akan ada tambahan video YouTube.
  • Membuat sebuah buku atau ebook tentang panduan belajar gitar.
  • Wawancara dengan para dewa gitar, mudah-mudahan ada yang ingin berbagi pengalamannya di blog ini.
Ini baru sebatas rencana, dalam perjalanannya nanti mungkin akan ada perubahan harapannya perubahan tersebut tetap mengarah pada hal yang positif bukan malah sebaliknya.

Special thanks

Blog ini tidak akan jadi seperti ini tanpa bantuan orang-orang terdekat yang tak henti-henti untuk mensupport saya dalam terus membagikan hal-hal positif. 

Berikut beberapa poin ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.

  • Kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan dan kehidupan sepanjang tahun ini. Juga orang tua yang telah membesarkan dan selalu mendukung sampai hari ini.
  • Bro Podang yang menyemangati serta memberi fasilitas untuk ngeblog, laptop & wifi selama di Jogja.
  • Buat mas Bun yang sering direpotkan pertanyaan-pertanyaan saya.
  • Mas Rendra yang memberikan ide-ide baru untuk terus mengembangkan blog ini.
  • Bang Stephen, Mas Hasyim, Dedek Dermawan Siregar yang udah mau repot bantu ngisi artikel di blog ini.
  • Bagi semua pembaca yang pernah mampir di sini yang tidak bisa saya sebutkan satu, yang sering postingkan saya baik lewat facebook, Google Plus, Twitter dan media sosial lain. Terima kasih banyak kawan-kawan semua.

Nah itu tadi catatan di akhir tahun 2016 ini, semoga ke depan tidak hanya blog ini tapi semua orang yang membaca ini bisa semakin tambah sukses dalam pencapaian dan kehidupannya.

Selamat menyongsong 2017 !

Salam Slashkiss !!!

Back To Top type='text/javascript'/>