Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Mengenal Teori Kord Gitar Bagi Pemula

Mengenal Teori Kord Gitar Bagi Pemula


Pernah kalian bertanya, mengapa kalau kord dasar C kenapa chord D kita menggunakan chord D minor? Pertanyaan ini pernah saja singgung di postingan cara menentukan chord dasar sebuah lagu beberapa waktu lalu. Sering kali hal ini membingungkan apalagi teman-teman yang belajar gitar otodidak. Oleh karena itu, kali ini admin akan membahas secara singkat teori kord gitar ini. Nantinya ini akan berfungsi untuk menentukan variasi kord yang lain.

Kita mulai dari C Major Scale, dimana dalam C Major Scale terdiri dari nada C D E F G A B. Dalam memainkan chord-chord dasar, sadar atau tidak sadar kita sebenarnya sering menggunakan TRIADS (chord yang terdiri dari 3 not) atau jika yang suka ngejazz pasti tahu SEVENTH CHORD (chord yang terdiri dari 4 not). Di sini karena kita masih pemula jadi akan belajar TRIADS dulu karena pada dasarnya nanti pengaplikasiannya sama saja.

TRIADS dan SEVENTH CHORD tadi dibentuk berdasarkan THIRDSnya. Apa itu THIRDS? Thirds adalah nada ketiga dari scale. 

Ada dua macam thirds, yaitu
minor thirds : selang 3 1/2 not, biasanya diberi lambang b3
major third : selang 4 1/2 not, biasanya diberi lambang 3


Kita kembali ke C Major Scale tadi. Perhatikan nada-nadanya C D E F G A B.

Sekarang kita ambil 2 Thrids dari nada pertama C Major Scale, yaitu C sehingga kita akan mendapatkan C E G ( 1 3 5) hasilnya adalah Triads C Mayor atau inilah yang biasa kita kenal dengan Chord C. Perhatikan interval dari C ke E kalian akan menemukan bahwa ini adalah third major sedangkan E ke G adalah minor third. Nah kalau chord mayor pasti menerapkan pola atau fomula 1 3 5. Not pertama dari kord ini sering juga di sebut ROOT atau lebih sering kita kenal sebagai akar.

Sekarang ambil 2 thrids dari nada kedua C Major Scale, yaitu D sehingga kali ini kita akan mendapatkan D F A (1 b3 5) hasilnya adalah Triads D minor atau sering ditulis dengan Chord Dm. Sekarang, perhatikan selang dari D ke F adalah minor third dan dari F ke A adalah major third. Inilah pola dari semua chord minor yaitu, 1 b3 5.

Terakhir coba kita ambil nada ketujuh dari C Major Scale, yaitu nada B sehingga kita akan mendapatkan B D F (1 b3 b5) hasil ini sering dikenal juga dengan Triads B Diminished atau lebih dikenal dengan B Diminished atau Bdim. Perhatikan interval dari B ke D adalah third minor dan D ke F juga third minor. Sehingga pola atau formula ini diterapkan bagi chord dimished, yaitu 1 b3 b5.

Sehingga kita dapat menyimpulkan dari tangga C Major scale tadi kita akan mendapatkan chord-chord sebagai berikut


Nada
Pola/Formula
Nama Chord
Simbol
1
C E G
1 3 5
C major
C
2
D F A
1 b3 5
D minor
Dm atau D- atau Dmin
3
E G B
1 b3 5
E minor
Em atau E- atau Emin
4
F A B
1 3 5
F major
F
5
G B D
1 3 5
G major
G
6
A C E
1 b3 5
A minor
Am atau A- atau Amin
7
B D F
1 b3 b5
B diminished
Bdim atau B°

Misalnya kita di suruh mencari chord Cminor, caranya kita tentukan dulu major scalenya yaitu C D E F G A B. Di atas kita sudah tahu formula dari major adalah 1 3 5 atau dalam nada C E G. Masalahnya kita ingin mencari chord minornya. Telah kita bahas juga pola chord minor adalah 1 3b 5 sehingga nada ketiga atau E kita turunkan setengah menjadi Eb atau D# sehingga chord C minor terdiri dari C Eb  G atau C D# G.

Untuk teori chord dasar yang lain silahkan perhatikan gambar berikut : 
belajar gitar, belajar chord gitar, chord dasar, chord lagu, cara menebak kunci gitar,
Teori dasar chord

Tips : Hafalkan saja formulanya !

Nah, sekian dulu postingan admin kali ini semoga membantu teman-teman yang lagi belajar chord.

sumber gambar : di sini
Back To Top type='text/javascript'/>