Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara Ampuh Meningkatkan Skill Bermain Gitar secara Otodidak

Cara Ampuh Meningkatkan Skill Bermain Gitar secara Otodidak



Kebanyakan orang yang belajar gitar akan berhenti di satu titik jenuh karena merasa tidak mengalami kemajuan yang berarti terlebih bagi yang belajar secara otodidak. Umumnya mereka bingung, bagaimana cara meningkatkan skill bermain gitar? Kali ini, admin akan memberikan tips dan trik bagi teman-teman yang mengalami kesulitan meningkatkan kemampuan bermain gitarnya dan harapannya ulasan ini akan bisa membantu teman-teman untuk semakin mahir bermain gitar. Tanpa basa basi berikut beberapa trik dan tipsnya :

Mulailah belajar not balok dan teori dasar lain


Namanya juga otodidak, pasti yang namanya belajar not balok itu pasti luput dari menu latihan awal, bila perlu jauh-jauh bahkan mungkin alergi dengan hal yang satu ini. Tapi tahukah kalian, bahwa not balok itu ibarat bahasa yang digunakan di seluruh dunia dan paling sering digunakan dalam dunia musik. Kegunaannya banyak sekali, salah satu dengan bisa membaca not balok kita bisa memainkan lagu-lagu klasik dan bahkan biasanya menjadi syarat untuk bisa kuliah di jurusan musik. Percaya atau tidak, sehebat apapun seorang gitaris bila ia bisa membaca partitur not balok ia memiliki nilai plus. Pelajari juga teori-teori dasar lainnya, seperti teori dasar pembentuk cord

Ketersediaan bahan belajar


Karena belajar secara otodidak, berarti kita secara mandiri mencari bahan-bahan dan sumber referensi belajar. Banyak sumber belajar gitar yang bisa kita temui saat ini, mulai dari buku-buku gitar di toko buku, buku eletronik yang bisa kalian download gratis di internet, DVD tutorial dari dewa-dewa gitar sampai video pelajaran gitar (lesson guitar)  yang banyak dan bisa kalian lihat di youtube. 

Atur jadwal latihan


Setelah punya bahan untuk belajar sekarang waktunya membuat jadwal rutin. Gitaris otodidak umumnya tidak punya jadwal rutin. Latihan di sini tidak harus memaksakan diri sampai 7 atau 8 jam, tetapi konsistensinya yang penting. Karena lebih baik 30 menit setiap hari, daripada 5 jam di hari sabtu. Dan selalu ingat untuk berlatih gitar menggunakan metronome kalau tidak mau celaka dikemudian hari.

Selalu latih picking dan fingering


Menu wajib kala berlatih gitar adalah picking dan fingering. Dua hal ini termasuk teknik dasar dari bermain gitar terlebih ketika ingin pandai melodi gitar. Sederhananya  Picking (memetik menggunakan pick) menggunakan pola up down ( naik turun ) sedang fingering menggunakan pola-pola chromatic scale berguna agar keempat jari tidak kaku.

Perdalam scale dan teknik-teknik gitar


Belajar gitar tidak lepas dari yang namanya scale. Ada banyak scale yang bisa kalian pelajari dan yang paling umum digunakan adalah major modes dan pentatonic scale. Ada juga scale yang lain misalnya chromatic scale, melodic minor scale, japanese scale, javanese scale, dll. Begitu juga dengan teknik, kalian bisa belajar teknik-teknik baru. Ada banyak teknik gitar misalnya tapping, alternate picking, sweepicking, hybrid picking, string skipping, slapping, popping, pinch harmonic,dll.

Bertanyalah sebelum bertanya dilarang


Ketika kalian membaca poin di atas mungkin muncul beberapa pertanyaan dalam benak kalian. Sekarang banyak forum tanya jawab di internet yang membahas tentang masalah gitar, termasuk juga media sosial seperti facebook dan blog. Bergabunglah dan temukan teman dengan hobi yang sama, dimana kalian tidak hanya bertanya tapi juga berdiskusi tentang dunia gitar. Teman-teman juga bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini untuk bertanya. Bertanyalah sebelum bertanya itu dilarang !

Berlatih dan belajar menciptakan lagu


Pengetahuan sudah lumayan, teknik juga sudah mumpuni. Saatnya kita mulai belajar menciptakan lagu sendiri. Sebagus-bagus atau sehebat apapun kita bermain gitar rasanya tidak lengkap kalau kita tidak menciptakan lagu sendiri. Ini akan berfungsi bagi kita untuk menuangkan ide-ide beserta hal-hal yang sudah dipelajari ke dalam sebuah karya.

Buat rekaman untuk karya kecil 


Bila kalian berpikir rekaman itu hanya dapat dilakukan di studio besar dan memerlukan uang yang banyak, maka itu adalah salah satu pemikiran yang salah. Rekam saja pakai handphone kalian supaya kalian bisa langsung di dengar. Ini juga bisa dijadikan sebagai bahan koreksi untuk mendengar sejauh mana kemampuan kalian. Bila sudah matang buatlah rencana untuk rekaman secara indie melalui jasa-jasa home recording atau kalau punya modal sedikit bisa juga mencoba membangun home recording sendiri.

Ayo ngejam !


Bosan di rumah, belajar teknik terus? Saatnya untuk ngejam. Banyak backing track yang bisa kalian download dengan gratis. Kalian bisa juga mencari kawan yang bisa diajak ngejam. Selain bertukar pengalaman, siapa tahu cocok bisa diajak kerja sama menggarap proyek lagu bersama atau membentuk format band. Banyak band terbentuk juga dari ngejam.

Berbagi ilmu, mengapa tidak?


Punya pengetahuan, punya pengalaman mengapa tidak coba ditularkan kepada sesama. Prinsip inilah yang di pakai oleh admin untuk merancang blog ini. Ilmu tidak akan berkembang kalau hanya kita simpan buat sendiri. Alasannya, ketika kita berbagi sering muncul pertanyaan yang memaksa kita untuk mengingat kembali ilmu-ilmu yang telah kita dapat sebelumnya. Jadi secara tidak langsung pengetahuan kita semakin teruji.

Latihan mendengar


Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya dari meningkatkan kemampunan bermain gitar kita adalah bagaimana kita melatih diri untuk mendengarkan banyak musik dari genre-genre yang lain. Ada yang mengatakan bahwa bila inputnya banyak maka outputnya juga akan banyak. Jadi dengan mendengarkan jenis musik  yang lain, kita semakin mempunyai wawasan musik yang luas dan terhindar dari kebosanan dari rasa monoton. Berani membuka diri untuk sesuatu yang baru adalah awal dari usaha kita untuk melangkah ke tingkat yang lebih tinggi. Long life education !

Nah, admin rasa sekian dulu tips dan trik kali cara meningkatkan skill atau kemampuan bermain gitar, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Jangan malu untuk bertanya dan berkomentar di kolom komentar.

Salam Sergius Leski


Back To Top type='text/javascript'/>