Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara berlatih gitar menggunakan metronome

Cara berlatih gitar menggunakan metronome

berlatih gitar, menggunakan metronome, metronome,


Di setiap tulisan yang saya muat di blog ini, selalu saya tekankan untuk berlatih menggunakan metronome agar anda menjadi terbiasa dengan untuk menjaga ritme dan tempo permainan Anda. Latihan ini sebenarnya sangat sederhana bahkan cenderung membosankan tetapi manfaatnya sangat besar. Baca juga kenapa harus berlatih gitar dengan metronome.


Dulu pertama kali saya mendengar tentang metronome, saya merasa bingung bagaimana menggunakan barang ini sehingga jarang menggunakan metronome. Apalagi tidak ada metronome dalam bentuk benda yang saya ketahui, maka hal ini saya abaikan. Semuanya mulai berubah ketika saya melihat video tutorial Rock Discipline (John Petrucci). Dari situ saya mulai memahami sedikit demi sedikit cara penggunaannya, jadi sekarang saya ingin sharing kepada Anda. 


Metronome ada dimana-mana


Metronome sekarang bisa dijumpai di aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan musik, termasuk juga dalam software-software rekaman, guitar pro, fruty loop, bahkan aplikasi  android seperti mobile metronome yang bisa di unduh dari google play. Jadi Anda tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk berlatih ini di rumah. Fasilitas metronome ini termasuk sederhana maka fiturnya pun tidak akan membuat anda bingung, cukup dengan mengatur angka yang diinginkan.

Pada kesempatan ini saya menggunakan software guitar pro, jadi kalau yang belum punya software ini bisa download software guitar pro dulu. 

Bagaimana menggunakan  Metronome?


*Settinglah angka pada metronome Anda. Usahakan yang pelan seperti 60 bpm. Bila sudah dengarkan ketukannya.
*Mulailah dengan ¼ not per beat atau bahasa gampangnya anda memainkan 1 nada tiap ketuknya. (Contoh 1)
*Lakukan dengan 1/8 not per beat atau bahasa gampangnya Anda memainkan 2 nada dalam tiap ketuknya. (Contoh 2)
*Coba juga dengan triplet atau bahasa gampangnya Anda memainkan 3 nada dalam tiap ketuknya. Ini paling umum dilakukan untuk melatih alternate picking. (Contoh 3)
*Coba dengan 1/16 not per beat atau bahasa gampangnya Anda memainkan 4 nada dalam tiap ketuknya. (Contoh 4)


Slow but Perfect

Anda bisa saja memainkan 5 nada, 6 nada, 7 nada bahkan 8 nada per ketukan tergantung kesanggupan Anda tetapi buatlah nada itu terdengar sempurna dulu. Steve Vai pernah berkata, “Slow But Perfect”.

Nah, materi apa yang bisa Anda latih itu beragam, misalnya saja Major Modes, dari Ionian sampai Locrian atau yang paling simpel untuk berlatih 1/16 not per beat menggunakan Chromatic Scale. Ini juga berguna untuk membangun fingering, picking serta teknik alternate picking Anda.

Lalu Anda mungkin bertanya, bagaimana kalau untuk bermain 5 nada atau 6 nada per ketukan?



Ada solusi yang dapat Anda lakukan, yaitu menulis materi latihan Anda pada guitar pro. Caranya tinggal Anda klik saja pada gambar gitar di menu guitar pro dan masukan nada-nadanya di sana. Untuk nada n-tuplet dapat Anda pilih sendiri. Menu n-tuplet dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

berlatih gitar, menggunakan metronome, metronome,










Perhatikan contoh 5,  Anda harus memainkan 6 nada pada setiap ketukannya.

Sangat sederhana bukan? Tetapi prakteknya tentu memerlukan kesabaran karena biasanya cenderung kita ingin bermain speed, percayalah aku juga merasakannya. Sekian Cara berlatih gitar menggunakan metronome. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai ketemu di ulasan-ulasan yang menarik berikutnya.



Back To Top type='text/javascript'/>