Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

17 Peluang Usaha Seorang Gitaris

17 Peluang Usaha Seorang Gitaris




17 peluang usaha seorang gitaris. Benarkah bermain gitar dapat menghasilkan uang? 

Benarkah kegiatan yang tadinya hanya sebatas hobi ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang akan menyokong hidup kita di kemudian hari?

Jika ini yang ada dipikiran kawan-kawan semua ketika melihat judul di atas maka artikel ini merupakan pilihan solusi sekaligus pertimbangan serius untuk menekuni dunia gitar tapi belum menemukan bagaimana caranya menjadikan hobi ini sebagai tambahan atau mungkin sebagai salah satu sumber pendapatan.

Dewasa ini tidak dipungkiri bahwa banyak gitaris mencari peluang usaha baru untuk menunjang perekonomian sehingga bisa mendapatkan sumber penghasilan baru.

tips gitar, tips peluang usaha, peluang usaha, usaha gitaris,


Ironisnya banyak gitaris yang akhirnya harus banting stir untuk mencari kerjaan lain menjual semua perangkat gitarnya ini.

Atau kalaupun tidak, ada juga yang akhirnya tak menyentuh gitarnya karena tidak punya waktu luang.


Mungkin sebagian orang berpikir bermain gitar hanya untuk bersenang-senang saja toh tidak ada gitaris yang benar-benar kaya kan?

Hmm, padahal ada kesempatan yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari kegiatan tersebut.

Sebagian lagi mungkin sudah kehabisan ide untuk bisa menambah pundi-pundinya karena keterbatasan waktu dan biaya operasional.

Walaupun demikian ada juga yang mencoba-coba kreasi usaha baru dari hobi yang satu ini.

Nah berikut ada 15 peluang usaha bagi seorang gitaris yang mungkin salah satunya akan cocok dengan teman-teman semua.



#1 Menjadi gitaris entertainment


Pernah melihat band pengiring dalam acara musik di sebuah tv atau melihat band yang sering manggung di cafe-cafe atau live musik lain. Mereka di bayar lho teman-teman.

Jadi bisa saja bermodalkan cover atau mengaransemen lagu-lagu orang lalu bergabung di sebuah grup musik, kalian bisa main dan mendapatkan pendapatan dari sana.

Ada yang bisa bermain setiap malam, ada juga yang bermain tiap minggu. Setidaknya ada tambahan penghasilan dan yang penting bisa tampil di ruang publik.



#2 Mengamen di bis kota


Dulu waktu saya dalam perjalanan ke luar kota, ada pengamen yang membawakan sebuah lagu yang kocak tidak hanya dari liriknya tapi juga dari gitarnya yang unik.

Skill bermain gitar para pengamen tidak bisa dipandang sebelah mata (walau pun mungkin juga ada). Jadi saya juga tidak keberatan menghargai karya yang mereka ciptakan, itung-itung sebagai sedekah juga.

Cerita lain dari seorang teman saya yang dulu kuliah di Jogja, mereka biasa mengamen di akhir bulan untuk mendapatkan tambahan biaya hidup. Lumayan untuk makan beberapa hari.

Mungkin ada teman-teman yang beranggapan profesi sebagai pengamen adalah suatu pekerjaan yang rendah, namun buat saya pribadi apa pun pekerjaannya selama itu dilakukan dengan cara yang halal tidak masalah.



#3 Memproduksi dan menjual album band (menjadi gitaris band)


Kata orang apalah arti seorang musisi tanpa karya. Jika teman-teman bermain dalam sebuah band dan memiliki lagu sendiri tidak salahnya untuk mencoba merekam ke dalam sebuah album.

Nantinya album atau lagu-lagu tersebut bisa di promosikan di situs-situs streaming seperti Revernation, Soundcloud atau membuat video klipnya lalu mengupload di Youtube.

Namun untuk cara ini, kita juga harus punya modal lumayan banyak juga untuk merekam dan mendistribusinya. Kalau ada beberapa orang di dalam band bisa patungan jadi biayanya lebih murah.

Tapi proses menjual album sendiri tidak menjamin kita mendapatkan penghasilan. Kita harus banyak bereksperimen dengan pasar termasuk melakukan strategi promo album.

Biasanya pemasukan terbesar dari band malah dari job manggungnya. Album adalah salah satu modal kita untuk bisa manggung dan menjadi salah satu bentuk promo yang ampuh untuk mengenalkan musik kita.

Jangan lupa juga untuk merekam aksi manggung kita dan mensharingkannya di youtube atau media sosial lain.



#4 Memproduksi dan menjual solo album


Biasanya gitaris yang memiliki pengetahuan tentang dunia rekaman akan mencoba memproduksi dan menjual solo albumnya sendiri karena jarang sekali produser musik Indonesia yang memproduksi solo album seorang gitaris.

Ada juga yang membuat lagu komplikasi bersama gitaris lain lalu nanti hasil dari penghasilan di bagi (bisa juga untuk sebuah komunitas tertentu). Jadi kita ikut menyumbang beberapa lagu dalam album tersebut. Bisa juga coba-coba jual lagu di internet seperti di iTunes atau Patreon

Promonya juga bisa lewat media sosial atau akun Youtube.



#5 Memproduksi dan menjual backingtrack


Jika membuat solo dan membuat album itu susah, tidak ada salahnya mencoba membuat backing track atau minus one. Ada beberapa situs yang menyediakan backing track berbayar jadi coba aja kalian kalian di sana.

Saya juga belum pernah mencoba cara ini namun saya berencana mencobanya ke depan. Apalagi sekarang semakin banyak orang yang belajar gitar menggunakan backing track.

Sejauh ini yang saya lihat, para gitaris akan mendemontrasikan permainan gitar dari minus one tersebut lalu menawarkan penjualannya melalui website mereka. Tidak jarang pula mereka juga menjualnya sepaket dengan TAB gitar atau diagram scale yang digunakan seperti yang di jual di JamTrackCentral

Namun, kalau ini nantinya kembali pada strategi kita menjualnya.


#6 Menjadi guru musik di sekolah


Ini jelas akan memberikan kalian pemasukan karena biasanya akan digaji oleh pihak sekolah. Biasanya untuk teman-teman yang sudah tamat dari sekolah musik dan memiliki ijazah.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga bisa untuk mengajar ekstrakulikuler musik di sekolah tersebut. Saya juga sempat juga mendapat tawaran untuk jadi guru ekstrakulikuler musik ini.

Untuk penghasilan seorang guru musik tergantung pada kesepakatan dengan pihak sekolah, kalau misalnya guru horor mungkin hitungan gajinya per jam.


#7 Menjadi guru Les privat


Modal utamanya seorang guru privat setidaknya adalah menguasai not balok. Biar keliatan lebih expert.

Selain penguasaan not balok kalian harus punya modal buku panduan untuk mengajar.

Buku panduan ini bisa dibuat sendiri atau beli dari lembaga musik seperti Yamaha.

Jika berbicara masalah biaya, saya tidak tahu tarif di masing-masing daerah namun ada yang bilang bisa sampai ratusan ribu per pertemuan.


#8 Menjadi guru Les online


Dulu pernah ada yang minta saya untuk menjadi guru les privat online tapi karena koneksi internet di tempat saya tidak begitu bagus akhirnya les ini tidak saya lakukan.

Peluang guru les online bisa jadi terbuka sangat lebar dan menjangkau audience yang lebih luas juga. Bahkan kalau diantara kalian ada yang lancar berbahasa Inggris bisa membuka kelas untuk teman-teman dari luar sana.

Silahkan buat video di youtube sebagai bahan porto folio sekaligus bahan referensi. Apa lagi kalau kita membuat video tutorial, pasti akan ada yang minta di les.

Modalnya hanya koneksi internet dan kamera webcam serta gitar.


#9 Membuka lembaga kursus gitar


Kalau punya modal banyak tidak ada salahnya mencoba cara ini. Kalau lembaga kursus ini, kita bisa mengajak teman lain untuk bergabung baik sebagai pengajar maupun sebagai anggota sehingga lebih berpotensi mendapatkan pendapatan yang besar.

Bisa juga mengajak teman-teman yang cukup berpengaruh di kotamu untuk bekerja di lembaga tersebut sehingga semakin menguatkan nama serta kepercayaan orang-orang untuk belajar di tempat kita.


#10 Membuat Produk ebook, buku, DVD


Jika kalian ingin punya produk sendiri tanpa harus membuat toko gitar yang membutuhkan biaya besar, maka coba dengan membuat produk sendiri seperti ebook. Dengan modal riset di sana sini dan kemampuan menulis yang lumayan kalian bisa berjualan ebook atau buku.  

Namun ebooklah yang paling murah biaya produksinya.

Siapa tahu ebook atau buku Anda di minati.

Saya sendiri juga berencana membuat sebuah buku entah itu versi ebook atau buku cetak tapi belum sekarang sih. ^_^

Selain itu, kalian bisa juga membuat DVD tutorial sendiri dengan bonus buku misalnya. 

Namun membuat DVD ini berarti kita harus menyewa seseorang yang ahli dalam merekam dan menyunting videonya.


#11 Peluang di endorse pabrikan gitar tertentu


Jika kalian main gitarnya sudah bagus, punya penggemar yang banyak di youtube atau media sosial bukan tidak mungkin dilirik oleh pabrikan gitar tertentu.

Lumayan kan di beri gitar tanpa harus beli.

Saya kurang tahu sih syaratnya untuk bisa diendorse. Namun biasanya pasti dari orang-orang terkenal karena kita sebenarnya dari model iklan mereka.

Modal awalnya ya coba-coba membuat cover di Youtube aja siapa tahu bisa jadi top.



#12 Tampil di berbagai event dalam dan luar negeri


Masih ingat rasanya manggung pertama kali bayarannya cuma nasi bungkus? 

Masih ingat mau tampil di event tertentu harus bayar dulu pas tampil yang nonton sepi ?

Jika kita sudah punya nama, orang yang akan membayar kita. 

Salah satu syarat bagi kita adalah terus berusaha menampilkan karya yang luar biasa dan tentu saja unik. 

Contohnya kayak mas Balawan yang sudah sering manggung di luar dengan membawakan musik Bali.

Yang unik-unik seperti ini yang biasa di lirik oleh orang luar. 

Jadi jangan takut kalau kita buat sesuatu yang unik nanti takutnya tidak menjual. Nah, pikiran seperti ini yang akhirnya membuat kita akhirnya tenggelam.

Ajakan dari saya, coba angkat musik etnik kita aja dech. 

Ayo donk gali musik Indonesia. 

Siapa tahu kita akan diminta tampil di luar sana karena sudah bukan rahasia lagi kalau band-band yang tidak terkenal alias antimainstream di negeri ini yang malah sering bolak-balik manggung dia luar negeri.


#13 Menulis blog dan sharing ilmu (admin)


Sudah terbukti bahwa blog bisa menghasilkan uang tambahan. Kalian juga bisa menuliskan pengalaman kalian tentang dunia gitar di blog.

Membuat blog tidak harus yang rumit, malah blog seperti truthinshreding pun hanya mensharingkan video gitar di youtube dengan sedikit review tentang video tersebut.

Namun ingat, pantang untuk seorang blogger maupun gitaris menjadi tukang copy paste.


Oh ya, temanya juga tidak harus gitar kalau memang ternyata kalian punya hobi yang lain. Mungkin bisa seputar dunia rekaman. 

Saya pikir belum ada blog di Indonesia yang fokus membahas tentang dunia rekaman lho.


#14 Kesempatan menjadi terkenal


Kalau terkenal pasti dech banyak uangnya, entah benar atau tidak, paling tidak akan semakin mudah mendapatkan penghasilan. 

Banyak kan gitaris yang terkenal lewat youtube, misalnya aja Funtwo yang mempopulerkan lagu Canon Rock atau Sung Ha Jung.

Alasan menjadi terkenal adalah tawaran ini itu pasti datang bro.

Tapi pertanyaannya bagaimana ya supaya jadi terkenal?

Nah, itu dia jangan pernah menyerah untuk terus memoles skill kita.

Asal jangan main gitar sambil telanjang aja, terkenalnya gak banged itu.


#15 Inspirasi bagi orang lain


Kalau kita bisa menginspirasi orang lain bukan tidak mungkin kita bisa menjadi seorang motivator.

Ups, ketinggian ya, hmmm....inspirator aja dech.

Peluangnya dimana?

Saya percaya dengan memberi inspirasi kepada orang lain juga akan membuka pintu rejeki buat kita sendiri. 

Cara inilah yang juga saya terapkan di dalam blog ini. 

Saya mencoba menginspirasi teman-teman dalam bermain gitar dengan tulisan-tulisan saya. 

Semoga teman-teman tambah hebat dan jadi penerus para dewa gitar yang semakin tua. Harus ada yang jadi penerusnya kan?



#16 Memenangkan kompetisi gitar online


Kompetisi online semakin sering diadakan, selalu ada peluang bisa unjuk gigi dan siapa tahu bisa memenanginya.

Sudah ada beberapa gitaris negeri ini yang menjuarai kompetisi yang levelnya internasional lho.

Jadi peluangnya masih terbuka lebar.

Yang sedang hot saat ini adalah pergelaran Guitar Idol 2016.

Ayo yang punya karya, coba-coba masukan karya kalian ke sana.



#17 Jadi Youtuber



Sekarang banyak juga para gitaris yang menjadi youtuber, contohnya Jared Dines salah seorang musisi yang multitalen karena tidak hanya main gitar ia juga bisa bermain instrumen lain dan vokal.

Berikut video Jared Dines dimana ia memainkan semua instrumennya sendiri






  
Video lain selain gitar juga boleh, asal yang yang mengandung pornografi, SARA, dan yang dilarang lainnya.



Nah, sekian dulu tulisan tentang 17 peluang usaha dengan menjadi seorang gitaris. Sebenarnya kalau di luar sana, menjadi teknisi dari sebuah band juga konon memiliki penghasilan yang cukup. Namun sengaja tidak saya masukkan di sini dengan pertimbangan bahwa saya sendiri kurang informasi tentang ini.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Jika teman-teman punya ide lain silahkan untuk menghubungi saya agar bisa ikut dimasukkan ke dalam tulisan.
Jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan rejeki kita saat ini.

P.S : Jika teman-teman ingin bertanya atau berdiskusi tentang dunia gitar, silahkan like FP Motivasi Gitar di facebook atau gabung di komunitas Belajar Gitar Otodidak di Google Plus.

Jangan lupa untuk berlangganan di blog Slashky Gitaris ini untuk mendapatkan artikel terbaru tentang dunia gitar lainnya.

Sampai ketemu di postingan saya yang lain.

Salam Slashkiss !!!

Back To Top type='text/javascript'/>