Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Pengalaman Menjadi Publisher Google Adsense ala Gitaris

Pengalaman Menjadi Publisher Google Adsense ala Gitaris


Pengalaman menjadi Publisher Google Adsense ala Gitaris. Awalnya saya tidak punya pikiran untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Saya menulis di blog Slashky Gitaris ini karena ingin menyalurkan hobi saya menulis karena ingin membagikan pengalaman saya sebagai seorang gitaris. Tapi di akhir tahun 2014 lalu, setelah kurang lebih 2 tahun mempostingkan artikel di blog ini, saya akhirnya mendapatkan uang dengan menjadi publisher google adsense. Nah cerita tentang pengalaman inilah yang ingin saya tuangkan pada artikel kali ini.

Awal ngeblog


Awalnya pada tahun 2012 silam, saya membuat blog hanya untuk keperluan tugas kuliah dan itu juga hanya berlangsung beberapa bulan. Saya juga sempat mengcopy paste tulisan dari blog lain (sekarang artikel tersebut sudah saya hapus). 

Selanjutnya saya membuat postingan sendiri dengan menulis artikel sendiri tapi belum tahu bagaimana caranya agar bisa tampil di google.Intinya hanya untuk menulis sesuatu yang saya anggap menarik. Oleh karena itu, selama setahun itu blog ini tidak ada kemajuan dalam segi trafik dan jumlah pembaca.

Walau begitu saya tetap fokus membuat postingan tentang dunia gitar.

Mengenal dan Belajar SEO


Lagi-lagi secara tidak sengaja saya mendapat sebuah chatting di facebook yang mengatakan bahwa materi blog saya bagus kenapa kok tidak di teruskan. Semangat ngeblog saya pun akhirnya tumbuh dan saya bertekad untuk menjangkau pembaca yang lebih luas.

Akhirnya saya mulai mencari kesana kemari dan menemukan yang nama SEO (Search Engine Optimation). 

SEO ini lah yang mempengaruhi sebuah blog bisa menjadi terkenal dan memiliki pengunjung yang banyak. Makanya banyak orang yang mengikuti jejak Mas Raditya Dika untuk membuat blog yang isinya curhat tapi tidak bisa setenar dia. 

Akhirnya saya mulai  terhitung bulan Juni 2013, saya akhirnya mulai lebih rutin membuat postingan di blog. Saya membuat postingan tentang gambar kunci gitar yang saya foto dan edit sendiri. Tapi akhirnya postingan tersebut menjadi postingan terpopuler di blog ini. Sampai artikel ini saya buat, postingan sudah dilihat lebih dari 2 juta kali.

Perlahan tapi pasti jumlah trafiknya pun mulai bertambah bahkan menembus angka di atas 5000 sehari.

Mendaftar google adsense tapi di tolak


Setelah setahun dan trafik mulai stabil bahkan terus naik saya coba-coba peruntungan dengan memaksudkan iklan. Saya sempat baca-baca tentang google adsense, tapi kok kebanyakan orang bilang susah ya. Jadi saya coba-coba yang lokal saja. 

Pendaftaran dan mendapatkan script iklannya memang mudah, tapi ada satu hal yang menjadi buat saya kurang suka. Yaitu iklan yang ada di sana kebanyakan iklan dewasa padahal blog ini menyasar ke semua umur. 

Oleh karena itu akhirnya iklan tersebut saya lepas.

Akhirnya iseng-iseng saya coba daftar publisher Google Adsense (GA) dan menerima pemberitahuan bahwa blog akan direview oleh tim mereka. Tapi karena iseng-iseng ya GA juga nanggapinya dengan iseng-iseng alias tidak diterima.

Karena putus asa akhirnya saya putuskan untuk tidak ingin ngeblog lagi dan untuk beberapa bulan kemudian saya tidak melakukan usaha apa-apa.

Mendaftar kembali


Setelah kurang lebih 3 sampai 4 bulan melupakan google adsense dan sebenarnya tidak lagi berpikir mendapat penghasilan dari blog, akhirnya saya penasaran ingin menjajal peruntungan sekali lagi. 

Setelah membaca beberapa artikel tentang pendaftaran GA ternyata ada beberapa poin yang membuat blog saya ditolak dulu bukan karena artikel (semua artikel saya tulis secara original) atau jumlah pengunjungnya (sudah di atas 5000).

Penyebanyan adalah adalah beberapa poin penting yang "harus ada" dalam sebuah blog tidak saya masukkan di sana.

Setelah memperbaikinya saya mencoba mendaftar kembali kira-kira bulan November, sama seperti sebelumnya ada review oleh pihak GA terlebih dahulu.

Akhirnya Senin, 5 Januari 2015 saya diterima secara penuh menjadi publisher GA. Walaupun dengan pendapatan di bawah $0,50 sehari tapi bahagianya itu tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. 

Tapi kebahagian ini ternyata tidak bertahan lama.

Kehilangan GA


Selama hampir 3 tahun, blog ini masih menumpang nama domain blogspot, tapi pada tanggal 26 Januari 2015 saya membeli domain untuk blog ini sehingga alamat yang tadi www.slashkygitaris.blogspot.com berubah menjadi www.slashkygitaris.com. 

Rasanya bangga sekali karena sudah memiliki domain sendiri tapi ternyata nama tersebut membawa sesuatu yang lain. 

Yup, ternyata dengan domain tersebut saya harus mendaftar GA kembali. Umur GA yang belum genap sebulan akhirnya harus hilang. Rasanya menyesal dan ingin menangis. Parahnya lagi ketika saya tanya-tanya di forum ada kemungkinan bisa tidak diterima kembali karena harus direview lagi.

Tidak hanya itu, pergantian domain tersebut membuat saya kehilangan banyak pengunjung. Wah, rasanya benar-benar down saat itu. 

Tidak ingin kehilangan begitu saja, pada bulan januari tersebut saya membuat 20 postingan dan 8 artikel di bulan Februari. 

Saya sudah pasrah kalau misalnya tidak di terima di google adsense lagi ya sudah berarti bukan rejeki.

Untunglah pertengahan bulan maret GA saya akhirnya diterima kembali. Jadi terhitung 26 Januari 2015 sampai 18 Maret 2015 saya bisa dibilang "kehilangan GA".

Menunggu pin dari GA


Untuk nanti mencairkan GA kita perlu mendapatkan pin terlebih yang menjadi bukti kita benar-benar pemilik akun tersebut. Untuk mendapatkan pin ini kita harus memiliki saldo paling tidak $10. 

Setelah ada email pemberitahuan dari google bahwa pihaknya sudah mengirimkan pin, saya harus menunggu kira-kira 1 bulanan lagi.

Merasa alamat yang sudah dimasukkan sudah benar tapi pin tersebut tidak kunjung-kunjung sampai. Akhirnya saya berinisiatif menanyakan langsung ke kantor pos di kota kabupaten (waktu itu saya berada di kalimantan barat). 

Ternyata surat tersebut sudah berada di sana sejak lama dan menurut mereka tidak tahu alamatnya. Soalnya amplop suratnya juga seperti amplop kecil biasa tapi sedikit logo google. 

Artinya pada tahap ini, saya hanya menunggu saldo mencapai batas minimum untuk bisa mencairkan uangnya.

Mencairkan pendapatan  Google Adsense pertama kali


Seiring berjalannya waktu pengunjung di blog saya berangsur membaik bahkan mengalami peningkatan pasca pergantian domain. Namun, trafik tersebut tidak serta merta meningkatkan pendapatan GA, karena masih di bwah $1 per hari. 

Tapi saya tetap bersyukur karena tujuan awal ngeblog adalah ingin berbagi informasi. Ya saya anggap ini sebagai bonus dari usaha selama ini.

Setelah beberapa bulan menunggu, akhirnya saya dapat mencairkan GA saya pada bulan Juli. Jumlahnya juga pas untuk dicairkan, $100 lebih dikit. 

Bangga rasanya bisa dapat uang dari internet walaupun harus menunggu beberapa bulan dan jumlahnya tidak seberapa.

Bermodalkan hasil print surat pemberitahuan bahwa uang kita bisa dicairkan, saya mencairkannya di kantor pos via wester union dan akhirnya bisa merealisasikan mendapatkan uang dari GA. 

Sempat ditanya juga sama petugas kantor posnya bagaimana bisa dapat uang dari internet.

Nah itu tadi, cerita pengalaman saya ngeblog dan menjadi publisher Google Adsense dari blog yang membahas dunia gitar ini.

Pengalaman Menjadi Publisher Google Adsense ala Gitaris


Refleksi sebagai blogger


Jika kembali ke awal mengapa saya menulis di blog ini adalah agar dapat membantu pembaca mendapat pengetahuan dan pengalaman baru. Sedangkan bagi saya sendiri menulis di blog merupakan sarana belajar merangkai sebuah pemahaman-pemahaman dan pengetahuan-pengetahuan baru. 

Sangat berbeda sekali rasanya menulis dan berbicara langsung. Menulis perlu memikirkan konsep apa yang akan ditulis dan ingin disampaikan. Melalui blog ini saya bisa menyalurkan pemikirannya yang mungkin tidak secara spontan bisa keluar saat berbicara. 

Mungkin saja dapat berguna dikemudian hari. Saya pernah membaca sebuah artikel, di sana di sebutkan bahwa novel A Christmas Carol akan dilelang  di Edinburgh, Skotlandia. Novel terbitan Chapman & Hall tanggal 19 Desember 1843 itu diperkirakan akan terjual senilai 230.000 poundsterling atau sekitar Rp3,4 miliar. 

Luar biasa bukan tapi bukan nilai uangnya yang ingin saya tekankan tetapi makna dari menulis dan isi tulisan itu sendiri. Seperti yang tertulis di artikel itu bahwa si pengarang pun tak berpikir menulis  untuk dikoleksi, melainkan untuk dibaca.


Tips ngeblog ala gitaris


Nah jika teman-teman memiliki minat untuk menulis dan mencoba ngeblog, berikut beberapa tips yang bisa kalian coba.

Buatlah tulisan yang orisinal bukan hasil copy paste. Bisa berdasarkan pengalaman didukung oleh beberapa data yang bisa kalian dapatkan dari internet.

Tujuan membuat tulisan yang orisinal yang bagus pastinya untuk dibaca banyak orang. Oleh karena itu, kita harus belajar sedikit-sedikit tentang SEO agar bisa nampang di halaman depan google dan tentu saja bisa mendapatkan trafik yang banyak. Selain itu rajin-rajin promo juga.

Perhatikan untuk fokus meningkatkan trafik lebih dahulu baru kemudian memikirkan memonetisasi blog dengan iklan-iklan. Selain itu perhatikan elemen penting yang wajib ada dalam sebuah blog. Kesalahan saya ditolak GA dulu adalah laman-laman seperti About Me, Contact Us, Privacy Policy, Disclaimer, Term of Service itu tidak ada.

Selain itu, coba untuk mengambil satu tema spesifik saja jangan dicampur atau blog gado-gado (blog dengan tema campur-campur). 

Jika blog sudah berkembang, usahakan untuk tetap menjalin interaksi dengan pengunjung, seperti saya selalu berusaha menjawab pertanyaan teman-teman di Fp Motivasi Gitar.


Yup segitu dulu sharing saya kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Salam Jreng !

Sergius Leski




Back To Top type='text/javascript'/>