Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Tips Menjadi Gitaris Hebat dari para Suhu Gitar

Tips Menjadi Gitaris Hebat dari para Suhu Gitar


Halo teman-teman jumpa lagi di blog Slashky Gitaris ! Kali ini saya akan mensharingkan tips gitar dari para suhu gitar. Beberapa waktu lalu memang saya berinisiatif untuk menghubungi beberapa kenalan sekaligus teman sesama gitaris untuk mau berbagi tips bermain gitarnya.

Walaupun punya banyak kesibukan tapi beberapa dari mereka tetap merespon dan bahkan dengan suka rela berbagi tipsnya untuk saya bagikan di blog ini. 

Mereka adalah Mas Hasyim Achim (Makasar), Bang Stephen (Sintang-Kalimantan Barat) dan Dedek Dermawan Siregar (Medan) ! 


Sebenarnya ada beberapa gitaris lain yang saya hubungi tapi mungkin sedang sibuk jadi sampai postingan ini diturunkan belum ada kabarnya. Tapi gak apa-apa, nanti kalau ada balasan akan saya tambahkan.

Pertanyaan yang saya ajukan untuk mereka adalah "Apa strategi yang dilakukan agar bisa jadi gitaris hebat?"


Mas Hasyim Achim

Saya kenal dengan mas Hasyim lumayan lama dan sering sharing-sharing tentang dunia gitar di facebook. Mas Hasyim menjadi salah satu mentor saya dalam berbagi pengalaman bermain gitarnya.

tips bermain gitar, tips gitar, Gitaris Indonesia,

Berikut tips dari Mas Hasyim

Tips ini berdasarkan pengalaman saya sebagai gitaris entertainment:


  • Mainkan sesuatu yang paling disukai
  • Cari cara paling nyaman untuk diri sendiri untuk mendapatkan sound ciri khas, referensi itu perlu tapi jangan dijadikan aturan pasti.
  • Pendidikan musik itu perlu, tapi telinga yang bagus paling menentukan hasil dari permainan
  • Teknik bermain bagus itu tidak dimiliki oleh satu orang saja, jadi attitude yang baik sangat berpengaruh, untuk mendapatkannya kita bisa contoh dari gitaris-gitaris lain yang dianggap sesuai dengan style musik kita.


Bang Stephen


Bang Stephen ini dari Sintang, Kalimantan Barat sama kayak admin ini cuma belum pernah ketemu tatap muka secara langsung sih. hehehe... piss bang !!!

Bang Stephen ini pernah masuk top 10 Flying with Ibanez tahun 2015 dan juga jadi Runner Up Revolusi Gitaris Indonesia 2015 kemarin. ^_^


tips bermain gitar, tips gitar, Gitaris Indonesia,

Berikut tips dari bang Stephen :

Kalau pertanyaannya tadi soal apa strategi untuk jadi gitaris hebat dan tips belajar gitar bagi yang mau menekuninya ke arah yg profesional, soal strategi simple dan umum sih yang pasti harus mau berkorban waktu untuk fokus di gitar. 

Terus tentukan kita mau profesional di mana? Gitar akustik atau elektrik? 

Kalau udah ada pilihan salah satu terus ditekuni, kumpulkan materi-materi dari sumber mana saja yg bisa kita dapat, mungkin buku, youtube, browsing internet dll, 

Satu yang terpenting bagi pemula yaitu latihlah satu materi dulu dengan fokus, berlatih dengan menggunakan tempo yg lambat (pakai metronome) terus menerus, tambah sedikit demi sedikit tempo sampai kecepatan maksimum yang kita mampu, jangan berpindah ke materi lain dulu sebelum materi yg ada tersebut benar2 dikuasai sampai tidak ada beban. 

Kemudian harus disiplin latihan dan terus menerus, pengalaman pribadi saya waktu belajar gitar, saya wajib 8 jam sehari latihan untuk mendapatkan hasil yg maksimal.. dan ingat jangan terburu buru ingin main cepat karena hanya merusak dan memperlambat kita untuk bisa, lebih baik dengan tempo lambat berulang-ulang tapi konstan dan sering.. 

Sukses !











Dedek Dermawan Siregar



Saya kenal dengan Dedek Dermawan ini udah lumayan lama, kayaknya waktu dia masih SMA dech. Kenalnya lewat FB waktu itu sama-sama suka Paul Gilbert sama Jason Becker kalau gak salah. Dedek juga salah satu gitaris berbakat asal Medan lho !


tips bermain gitar, tips gitar, Gitaris Indonesia,

Nah, ini tips dari Dedek Dermawan :


Halooo buat teman teman yang mau belajar gitar ini  5 tips dari aku ,
-  selalu buat panutan dalam bermain gitar misalnya mempunyai gitaris inspirasi agar menjadi cambukan buat bermain gitar
-   jika sedang jenuh latihan coba lihat video music yang berbau music gitar instrumental niscaya darah semangatmu muncul kembali ( seperti saya melihat video music Guthrie Govan hahaha )
-      berkumpul dengan teman-teman yang menyukai gitar juga agar kita selalu update berita tentang gitar ataupun tips and trik terbaru
-  membuat (jadwal) latihan rutin dan kalau bisa selalu update lick gitar terbaru jika belum mood coba buat lagu sendiri bertema instrumental gitar niscaya kita semakin terpacu belajar gitar

-     yang terakhir seringlah membaca artikel tentang gitar contohnya seperti artikel di blog ini dooong hahahaha...

Yuk lihat videonya








Cari tahu tentang Dedek
Soundcloud : Dedek Siregar
FP : Radang


Nah, sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca semua.

Special thanks buat Mas Hasyim, Bang Stephen dan Dedek Dermawan Siregar.

Back To Top type='text/javascript'/>