Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Tidak Punya Waktu Bermain Gitar? Ini Solusinya

Tidak Punya Waktu Bermain Gitar? Ini Solusinya


tips bermain gitar, bosan, cara bermain gitar,
Ilustrasi

Di tengah kesibukan seperti saat ini, rasanya susah untuk  membagi waktu untuk melakukan hal yang sebelumnya pernah kita tekuni terlebih jika sekarang kita bekerja dengan bidang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan itu. Kesibukan adalah realita yang harus dihadapi terutama jika kita menggantungkan segala harapan (baca:pekerjaan) dan penghasilan dari sana. Sejatinya bagi saya bermain gitar lebih dari sekedar hobbi dan tetap berharap suatu saat bisa menjadi seorang gitaris professional dan akhirnya mendapatkan penghasilan dari sana. Tapi masalahnya, bermain gitar di tengah kesibukan merupakan sebuah peluang kecil. Bagi saya yang sekarang berprofesi sebagai seorang guru kemungkinan ini pun sangat kecil. Terlebih dikarenakan saya seorang guru matematika yang menghabiskan waktu saya untuk mengajar di sekolah dan memberi les privat matematika sehingga rasanya tidak sempat untuk sekedar mengelus-elus gitar. Walaupun demikian, tetap ada celah untuk mencuri waktu sehingga saya bisa tetap bermain gitar. Jadi jika kalian juga merasa tidak punya waktu untuk bermain gitar silahkan lanjutkan membaca. Berikut cara-caranya:


#1 Warming up di pagi hari sebelum sekolah 

Bangun jam 05.30 adalah rutinitas setiap hari dan menyelesaikan persiapan sampai jam 06.15. Saya menghabiskan 10-15 menit untuk warming up (pemanasan) dengan sekedar fingering di pagi hari. Kadang-kadang hanya 5-10 menit dan itu tidak masalah yang penting tiap pagi pegang gitar dulu sebelum mengajar.




#2 Jamming pelepas lelah

Setelah seharian bekerja saya menyempatkan diri 15-30 menit untuk bermain gitar di temani backing track.  Sebenarnya ada dua pilihan kalau asyik plus lagi dapet mood bakalan lama dech, tapi kalau tidak, ya sebentar aja yang penting sambil duduk menghilangkan rasa pegal sembari mendinginkan suasana otak. (Les privat cukup menguras tenaga dan pikiran)Kalau beruntung, biasanya saya mendapatkan lick-lick baru. Lumayan buat materi latihan kalau jenuh.




#3 Lick sebelum tidur

Kalau tidak ada kerjaan yang menumpuk, saya biasa menonton video gitar di youtube dan biasanya kalau saya mencari lick-lick unik atau sekedar menyempurnakan teknik. Jadi ketika akhirnya badan sudah tidak berkompromi lagi ya tinggal tidur aja.

#4 Malam minggu adalah malamnya gitaris dan Jomblo ceria

Sejak kuliah dulu, saya selalu menghabiskan malam minggu dengan bermain gitar. Pacar pun kebetulan pulang dan KEBERUNTUNGANnya adalah semua orang pergi ke luar (malam mingguan). Saya jadi manusia yang BEBEBEBEBAS !!! Ya, bebas dalam artian, saya merasa sepi itu sumber inspirasi. Jika tidak bermain gitar pun biasanya saya menulis lagu di guitar pro. Nah malam minggu adalah seharusnya jadi yang bahagia buat para gitaris dan para jomblo.

#5 Heavy SUNday with my guitar




Hari minggu adalah hari untuk beristirahat. Sejauh ini saya berencana membuat video tutorial mingguan yang videonya saya buat hari minggu. Jadi saya hanya bermain gitar, fokus dengan materi apa yang ingin saya bahas. Biasanya saya bermain dan melakukan persiapannya pagi hari. Durasi pembuatannya paling berkisar 1-2 jam. Punya Ide? Jangan malu-malu untuk berkomentar di bawah !





#6 Keep Playing your Guitar

Ketika selesai, video segera di upload dan waktunya mengambil gitar dan besarkan volume ampli. Playing for fun. ^_^

Kesimpulannya adalah
Durasilah tidak penting, yang penting adalah terus konsisten

Nah, itu tadi sebenarnya tips bagaimana cara mencari waktu untuk tetap selalu bermain gitar jika kalian benar-benar sibuk. Semoga tulisan kali ini bermanfaat, sampai jumpa lagi minggu depan. Jika kalian punya ide-ide untuk blog ini, silahkan tinggalkan komentar kalian.

Sumber ilustrasi 
Back To Top type='text/javascript'/>