Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

4 Cara Menyimpan Gitar yang Benar Setelah Digunakan?

4 Cara Menyimpan Gitar yang Benar Setelah Digunakan?


Beberapa waktu yang lalu, salah seorang teman bertanya "Bagaimana cara menyimpan gitar yang benar setelah digunakan?" Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya ingin bertanya, "Mengapa kita perlu menyimpan gitar yang benar?" Lalu apa dampak kalau kita tidak menyimpan gitar dengan posisi yang benar? Pertanyaan ini sangat perlu kita gali dan cari tahu jawabannya karena jika kita ingin gitar kesayangan kita berumur panjang maka perlu ada cara untuk menjaga posisi saat menyimpan gitar agar tidak mudah rusak. Nah, mengapa kita perlu menyimpan gitar dengan posisi yang benar adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya gitar terinjak atau neck gitar yang melengkung. Penyebabnya bisa jadi karena hal-hal sepele seperti meyandarkan gitar begitu saja di dinding. Hal ini mengakibatkan neck gitar menjadi tumpuan bagi  beban gitar yang lumayan berat sehingga  atau stang gitar mudah sekali menjadi bengkok atau melengkung. Nah, seperti apa posisi penyimpanan yang benar agar bentuk gitar tetap awet setelah digunakan? Berikut beberapa cara yang bisa teman-teman gunakan !

Memposisikan Gitar Tidur

Menidurkan gitar layaknya manusia setelah bekerja adalah hal yang mudah dilakukan dan salah satu bentuk apresiasi kita terhadap gitar. Tapi perlu diperhatikan bahwa menidurkan gitar di sini bukan berarti gitar ditidurkan di sembarang tempat. Carilah tempat dengan permukaan yang datar atau rata dan aman sehingga kemungkinan terinjaknya kecil. Saya biasa menidurkan gitar saya di kasur. Tentu saja itu saya lakukan ketika tidak tidur di sana, kalau saya akan tidur saya akan memindahkannya ke tempat lain misalnya ke atas meja. Tapi tetap mempertimbangkan posisi meja jangan sampai gitar malah jatuh ke bawah. 
Di awal-awal punya gitar dulu saya bahkan tidur dengan gitar di tempat tidur. Gitar itu persis di sebelah saya, karena ketika saya bangun, gitar adalah sesuatu yang pertama saya mainkan.

Menggantung gitar di dinding

Jika gitar akustik masih bisa untuk di gantung karena beratnya tidak seberapa berat. Cukup membuat gantungan di leher gitar dan di gantungkan pada paku. Penting untuk diperhatikan adalah ketahanan paku dan tali yang digunakan agar gitar tidak terjatuh dari gantungannya. Oleh karena itu, pastikan jika digantungkan pada paku di dinding dan paku sudah cukup kuat untuk menahan beban gitar serta gunakanlah tali nilon yang agak besar untuk menghindari tali gantungan putus, selain itu perhatikan sambungan antar tali apakah sudah cukup kuat. Ini akan menjaga neck tetap lurus. Sebenarnya ada juga di jual di pasaran gantungan khusus gitar yang di tempel di dinding. Ini juga perlu ketelitian dalam memasangnya karena harus menggunakan baut yang kuat agar bisa menempel dengan baik di dinding agar dapat menahan gitar dengan sempurna.

Menggunakan stand gitar

Cara aman adalah membeli stand gitar, tapi ini berarti teman-teman harus merogoh kocek untuk mendapatkannya tapi keamanan gitarnya lebih terjamin. Pastikan membeli stand gitar yang ada penahannya karena pengalaman saya sendiri membeli stand gitar tanpa penahanannya, gitar masih ada kemungkinan terjatuh kalau tersenggol. Sebaiknya posisi penyimpanannya juga tidak diletakkan pada tepat yang sering digunakan lalu lintas keluar masuk sehingga kemungkinan tersenggol itu dapat dihindari.

Mengendurkan senar 

Ini adalah salah satu tips yang saya dapat ketika masih berada di tahap awal-awal belajar gitar dulu. Tujuan dari mengendurkan gitar ini adalah menjaga neck tetap lurus karena bisa jadi tegangan dari senar gitar dapat mempengaruhi neck gitar. Oleh karena itu, tiap selesai digunakan senar di kendurkan terutama ketika di malam hari sebelum tidur. Tapi belakangan ketika saya berkunjung ke salah satu Luthier di Yogyakarta, beliau mengatakan bahwa tidak perlu melakukan hal itu karena dapat saja merusak tune gitar. Jadi pada tips yang keempat ini kembali kepada diri kita masing-masing.

Ekstra tips:

Pastikan kalian untuk selalu membersihkan senar gitar dengan kain lap agar menghindari karat. Saya biasa menggunakan minyak kayu putih sebagai cairan pembersih  senar agar awet dan pemakaiannya tahan lama.

Kesimpulan :

Untuk tetap menjaga  gitar agar tetap awet kita harus memperhatikan cara penyimpanan gitar dengan benar setelah digunakan. Di sini saya menawarkan 4 alternatif cara penyimpanan dengan memposisikan gitar setelah dipakai, yaitu dengan cara dibaringkan pada tempat yang datar, digantung pada dinding, disimpan pada stand gitar dan dapat juga mengendurkan senar gitar setelah digunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkan senar ketika sudah digunakan untuk menjaga senar dari karatan. Nah itulah beberapa tips untuk menyimpan gitar dengan benar setelah digunakan. Kalau kalian punya tips yang lain silahkan sharingkan pada kolom komentar.


Back To Top type='text/javascript'/>