Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara Mengingat Improvisasi Gitar yang Panjang

Cara Mengingat Improvisasi Gitar yang Panjang


Ini adalah salah satu pertanyaan seorang teman di FP Motivasi Gitar, bagaimana cara mengingat improvisasi gitar yang panjang? Saya mengasumsikan bahwa teman ini sering berlatih improvisasi gitar menggunakan backingtrack dan sering menciptakan lick-lick baru tapi mudah juga melupakannya karena durasi backingtrack untuk improvisasinya terkadang terlalu panjang sehingga susah untuk diingat. Kebetulan admin juga sering berlatih dengan backing track yang keren sehingga topik ini sangat menarik untuk admin sharingkan di sini. Ada tiga langkah mudah untuk mengingat improvisasi yang kita buat. Berikut langkah-langkahnya :

Rekaman !

Kita tidak pernah tahu bahwa inspirasi bisa datang kapan saja dan dimana saja, oleh karena itu kita harus selalu menyiapkan diri untuk segala kemungkinan kalau-kalau inspirasi datang pada saat itu. Sekarang tiap handphone telah dilengkapi oleh fitur perekam baik berupa suara maupun video sehingga kalian bisa menggunakan ini untuk merekam permainan kita dan siapa tahu momen tersebut adalah momen penuh inspirasi. Konon ketika SLASH menciptakan intro Sweet Child O Mine itu secara tidak sengaja waktu ia dan AXL sedang ngejam bareng. Sebenarnya tujuan merekam ini adalah agar kita bisa mencari/mengulang kembali lick-lick yang mungkin saja keren atau sekedar sebagai bahan referensi kita agar bisa mengetahui perkembangan permainan kita atau hanya sekedar untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin saja kita buat. Jadi selalu siapkan hp di dekat kita, mungkin ada baiknya kalau kita mencoba sekali putaran backing track atau sekedar bermain ngalor ngidul lalu jika kita menemukan sesuatu yang menarik ada baiknya kita rekam saja, tidak masalah kalau kualitas rekamannya tidak terlalu bagus karena tujuan kita adalah mendokumentasikan momen pada saat itu.

Mengingat Scale dan Teknik  yang digunakan

Jika kalian sudah merekam kegiatan tadi, sering kali kita lupa kemana arah atau jalur melodi kita. Cara paling mudah adalah mengingat scale dan teknik apa yang kita gunakan. Bisa jadi misalnya pentatonic scale dikombinasikan dengan teknik bending-bending yang tinggi. Dengan mengingat rumus-rumus yang kita gunakan, dapat membantu kita dengan mudah mengingat kembali solo yang kita telah kita ciptakan pada saat kita melakukan improvisasi. Saya juga biasanya melakukan eksperimen sendiri, misalnya pada bagian ini saya ingin menggunakan scale dan teknik apa, sehingga saya sudah menyiapkan terlebih dahulu lick yang akan saya mainkan. Cara ini sering sekali digunakan oleh kebanyakan musisi jazz yang sering sekali menggunakan improvisasi sebagai senjata andalan mereka. Kalau kalian cermati baik-baik, sering kali para gitaris jazz akan menggunakan scale yang berbeda dalam setiap perpindahan chordnya.

Menulis partitur gitar

Konon musisi hebat sering membuat lagu dengan menuliskan partitur gitarnya, entah itu menggunakan cara manual dengan cara menuliskannya pada kertas score atau menggunakan software komputer. Saya pribadi lebih senang menuliskan ide-ide musik saya di Guitar Pro. Ini terbukti ampuh untuk lagu-lagu yang susah dan sangat berguna ketika sudah lama tidak dimainkan tab-tab gitar ini membantu saya mengingat kembali lick-lick yang pernah saya buat. Kalian tidak harus tahu membaca not balok jika ingin membuat  lick-lick kalian dalam guitar pro karena saya sendiri tidak terlalu paham dengan teori-teori bermusik tapi tetap bisa menciptakan sesuatu yang menarik di guitar pro.


Kesimpulan:

Setidaknya ada tiga cara yang sering admin gunakan untuk mengingat improvisasi gitar yang panjang, yaitu dengan cara merekam permainan admin, mengingat scale dan teknik yang digunakan serta menuliskannya pada software komputer seperti guitar pro. Ketiga cara ini cukup ampuh karena jika admin lupa, admin bisa mengingat kembali dengan cara-cara seperti ini. Jika teman-teman punya cara yang lain bisa mensharingkannya di kolom komentar. Salam Slashky Gitaris.
Back To Top type='text/javascript'/>