Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Wawancara dengan Gitaris Muda Berbakat Dedek Dermawan Siregar



Wawancara dengan Gitaris Muda Berbakat Dedek Dermawan Siregar


Halo semua, jumpa lagi di blog Slashky Gitaris, kali ini saya akan mensharingkan sebuah ulasan wawancara dengan salah satu gitaris berbakat asal kota Medan, Dedek Dermawan Siregar.
Berawal dari perkenalan di Facebook beberapa waktu lalu, akhirnya jadi sering chat dan tanya-tanya tentang gitar.
Akhirnya saya memutuskan untuk mewawancarai via email aja supaya jawabannya dan penjelasan bisa panjang dan lebih lengkap.
wawancara, gitaris hebat, gitaris metal, tips gitar, tips gitaris, Gitaris Indonesia, Dedek Siregar
Dedek Dermawan Siregar


Untungnya Dedek berbaik hati di tengah kesibukan di dunia offline nya masih mau berbagi cerita tentang perjalanannya bermain gitar dan rencana ke depannya.
Nah berikut cuplikan wawancara kami (untuk menghargai narasumber jawaban dari wawancara ini tidak saya ubah sedikitpun kecuali tanda bacanya saja)


Halo dek, boleh tahu ni cerita awalnya kok tertarik bermain gitar? 


Awalnya tertarik bermain gitar bermula saat saya duduk di kelas 1 SMA pada saat itu saya masih hobi bermain games dan sedang menggandrungi games guitar hero yang notabene bermain gitar di dalam game. 
Mulanya saya sama sekali tidak ada bakat bermain musik apalagi gitar tetapi setelah bermain game tersebut timbul keinginan saya bermain gitar, mula mula keteguhan saya untuk bermain gitar mendapat cibiran teman sekelas tetapi itu menjadi motivasi saya agar saya optimis mampu bermain gitar dengan mahir melampaui orang yang mencibir saya. 
Hari demi hari saya lalui dengan belajar bermain gitar mulai dari sharing melalui teman dekat saya tetapi sebagian besar motivasi semangat serta inspirasi saya bermain gitar adalah belajar melalui internet. 
Sekiranya pada tahun 2007 itu saya mulai belajar bermain gitar dengan belajar melalui Internet dan sharing melalui teman saya semuanya saya lakukan sendiri tanpa ada yang menuntun saya. 
Seiring berjalan waktu akhirnya kerja keras saya untuk mampu bermain gitar berbuah hasil dan sampai sekarang saya masih memaknai arti kerja keras, usaha, doa dan optimisme itu sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Siapa sih gitaris yang paling berpengaruh selama belajar gitar?


Influence gitaris saya sih awalnya merupakan Herman Li dari Dragonforce tetapi karena tidak sanggup dan minimnya lesson dari doi akhirnya saya putar haluan hahaha… 
Kemudian melalui riset internet yang cukup panjang saya menemukan gitaris inspirasi saya yaitu Paul Gilbert yang merupakan gitaris dari band Mr.Big yang popular dengan tembang To Be With You nya.
Mengapa saya menginspirasikan Mr Paul? 
Dikarenakan beliau orang yang inspiratif yang mampu memotivasi orang dengan kalimat andalannya 
“I’m spending much my time playing guitar better than meeting a human being”. 
Kalimat tersebut yang menjadi cambukan saya untuk terus belajar bermain gitar setiap saat selagi mampu ketimbang menyia-yiakan waktu melakukan hal yang tidak bermanfaat. 
Selain itu Paul Gilbert juga mengajarkan bahwa bermain gitar itu sangat menyenangkan terbukti dengan materi lesson nya yang sangat fleksibel kemudian pribadi serta attitudenya yang sangat ramah pernah saya meng email beliau perihal gitar beliau membalas email saya hahaha.. 
Selain itu Paul Gilbert juga produktif dalam membuat lagu selain beliau sudah sangat virtuoso dalam mengulik gitar beliau juga sangat pandai bernyanyi ( walaupun masih pas pasan hahaha) tetapi tetap saja Paul Gilbert merupakan gitaris idola nomor satu saya sampai saat ini !

Skill Dedek kan bisa dibilang mumpuni ni, ada pola latihan tertentu gak? Apa ada jadwal khusus dalam latihan? Mungkin kayak daily routine gitu.


Sebenarnya pola latihan saya dengan dulu sudah berubah sih sekarang lebih fleksibel hahaha tetapi kalau dulu metode latihan saya cukup keras sebelum pergi ke sekolah saya selalu bangun jam setengah 5 pagi setelah mandi dan melakukan sholat subuh saya selalu warming up di gitar dengan memainkan pattern pattern lick yang bervariasi selama 1 jam mulai dari alternate picking, string skipping ataupun tapping . 
tetapi biasanya dalam waktu 1 jam itu agar lebih efisien saya bermain beberapa lagu solo dari gitaris tetapi agar kecepatan jari serta kelenturan jari tetap fleksibel. 
Kemudian di sekolah teman saya selalu membawa gitar jadi di sekolah saya juga melakukan warming up maupun selepas sekolah. 
Kemudian setelah saya sampai rumah saya kembali latihan bermain gitar mengulangi pattern yang sama yang dipelajari satu harian tersebut. Mungkin total saya dalam bermain gitar dulu dalam sehari sekitar 7jam dan itu berlangsung setiap hari. 
Mungkin strategi yang tepat untuk memaksimalkan permainan gitar elektrik pertama sewaktu belajar adalah dengan senam jari tetapi lebih difokuskan pada kekuatan tangan kanan kita untuk itu saya sendiri selalu mengulang tehnik alternate picking karena kita juga bisa mengekspolarsi banyak hal terutama cara memegang pick yang benar. 
Dan sekarang saya sendiri masih mengulangi pelajaran lama saya hahaha... 
Oh ya.. dulu saya tidak bisa sama sekali tehnik sweep picking tetapi sekarang saya cukup menyukainya .. Mungkin jika ada kesempatan lagi akan saya terangkan tips dan trik main sweep picking hehe...

Ceritain dikit pengalaman pertama kali manggungnya


Pertama kali manggung itu sewaktu SMA dan itu terbilang gagal hahaha dikarenakan sewaktu manggung gitar saya sama sekali tidak keluar soundnya mungkin karena factor grogi berat ya… 
Itu merupakan pengalaman tak terlupakan pastinya hahaha, oh iya sejak itu saya belajar ternyata bermain gitar saja tidak cukup kita juga harus mempelajari yang lain misalnya setting panggung, sound , routing mixer , serta pentingnya kordinasi dengan soundman, untuk lebih menunjang performa kita ketika sedang live . 
erkadang bermain gitar dirumah sangat berbeda dengan di panggung untuk itu baiknya sebelum kita manggung kita melakukan riset atau tinjau situasi agar matang ketika manggung , yah seperti teori sun tzu “kenali lawan dan medan perangmu niscaya engkau memenangkan pertarungan secara mutlak”

Sekarang pakai gitar sama efek apa aja ni dek?


Saat ini kebetulan gitar saya sudah dijual rata rata hahaha tetapi saya sedang menggunakan Schecter Omen 6 diamond series dan menggunakan Efek Zoom G5 . 
Mungkin banyak yang bertanya mengapa efek digital ? kan jelek ? hahaha 
Sebenarnya sih begini tergantung kita pandai memakainya atau tidak .. mungkin dilain kesempatan saya bisa jelasin penggunaan efek digital yang baik dan benar agar bisa sesuai dengan keinginan karakter suara kita hehe

Kok tertarik memainkan lagu-lagu metal?


Sebenarnya dulu saya sangat tidak tertarik memainkan lagu metal dan ga ada niat main metal. Tetapi semua berawal dari perkenalan saya dengan vokalis saya Robert di sebuah toko kaset music namanya Pajak USU tahun 2010. 
Nah disana saya dikenalkan oleh penjual kaset yang merupakan teman bermain band saya dengan Robert yang saat itu mencari gitaris untuk bermain di bandnya. Awalnya saya terkejut ternyata dia berkecimpung di musik metal tetapi setelah jamming bersama dan diberikan pengetahuan serta jenis jenis band metal saya jadi merasa tertantang dan tertarik untuk memainkannya. 
Dan seketika saya jatuh cinta dengan music metal ketika mengetahui ternyata musik metal tidak hanya asal bermain tapi penuh perkiraan, makna, skill,dan pemahaman yang khusus untuk memainkannya. 
Sejak saya bermain dengan Robert vokalis saya di Band Radang yaitu band bergenre Deathmetal akhirnya kami membuat album dan kemudian diriliskan oleh sebuah label dijawa . 
Membuat Album musik merupakan salah satu impian saya walaupun independen tetapi saya bisa merasakan betapa indahnya ketika kita mempunyai karya sendiri secara fisik .
Musik Metal benar-benar merubah cara pandang saya dalam melihat musik . tetapi tentu saya tidak mendikte genre musik dengan hanya menyukai musik metal saya juga menyukai segala genre musik tak terkecuali dangdut hahaha.. agar membuktikan kita merupakan gitaris yang mempunyai nilai teguh dalam menciptakan sebuah karya.

Apa rencana ke depannya Dek? Band atau mungkin solo album?


Hmm... rencana kedepan sih berhubung band saya sedang vakum. Saya sedang menggarap album solo gitar saya mungkin mini album ya ( EP ) dan temanya lebih mengarah ke progressive modern metal seperti angel Vivaldi, Polyphia, Intervals, dan lain lain.
Walaupun prosesnya masih agak lama tetapi preview EP saya bisa di cek di soundcloud saya dengan nama Dedek Siregar dengan lagu Astral Momentum hahaha walaupun Cuma preview saja..
Oh iyaa saya sedang membuat band modern instrumental juga sooo let’s see the good news soon enough !





Ada filosofi khusus gak dalam bermain gitar Dek?


Filosofi khususnya mungkin gaa ada sih.. tetapi selalu dalam hati saya berpegang teguh seperti ini “ dalam kondisi apapun mau itu bahagia hancur tetapi gitar itu selalu menemani kita dan gitar adalah tempat curahan hati yang paling tepat untuk melampiaskan segala emosional kita yang tak tersampaikan” mungkin itu ajaaa sihh agak lebay yaa hahaha.

Kasi tips donk buat teman-teman yang sedang belajar gitar?


Halooo buat teman teman yang mau belajar gitar ini 5 tips dari aku , 
+ selalu buat panutan dalam bermain gitar misalnya mempunyai gitaris inspirasi agar menjadi cambukan buat bermain gitar jika sedang jenuh latihan 
+ coba lihat video music yang berbau music gitar instrumental niscaya darah semangatmu muncul kembali ( seperti saya melihat video musik Guthrie govan hahaha ) 
+ berkumpul dengan teman teman yang menyukai gitar juga agar kita selalu update berita tentang gitar ataupun tips and trik terbaru 
+ membuat latihan rutin dan kalau bisa selalu update lick gitar terbaru jika belum mood coba buat lagu sendiri bertema instrumental gitar niscaya kita semakin terpacu belajar gitar 
+ yang terakhir seringlah membaca artikel tentang gitar contohnya seperti artikel di blog ini dooong hahahaha 
Okedeeeh berikut semua nyaaa terimakasiihh


Nah, itu tadi wawancara saya dengan Dedek Dermawan Siregar, dimana kita bisa melihat bahwa kehebatan itu tidak bisa didapat dengan cara yang instan.
Jika kalian ingin mengetahui karya Dedek yang lain, silahkan mampir FB Radang dan Soundloud.


Semoga artikel wawancara seperti ini dapat menginspirasi kita semua untuk terus bermain gitar.
Sampai ketemu di postingan saya yang lain.
Salam Slashkiss!!!
Back To Top type='text/javascript'/>