Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

7 Cara berlatih lick/solo gitar


7 Cara berlatih lick/solo gitar


Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang bertanya di halaman Motivasi gitar, bagaimana sih cara mengulik solo gitar? 

Ada juga juga bertanya tentang bagaimana sih membuat solo gitar?

Sebenarnya dua pertanyaan ini secara garis besar mempunyai satu jawaban yang sama walaupun jika ditelusuri secara mendalam mungkin pertanyaan kedua lebih membutuhkan jawaban yang lebih spesifik.

Tapi mengingat akar dari jawabannya sama yaitu berkaitan dengan lick dan solo maka saya mengambil jalan tengah saja.

Moga-moga gak salah jalan ni. Hehehe…

Untuk menguatkan artikel saya kali ini, saya mensharingkan sebuah video yang menurut saya bagus karena dalam video tersebut sudah dijelaskan urutannya dan memang saya mengambil penjelasan dari sana tapi tetap saja memasukkan pandangan dan pengalaman saya sendiri.

Dari tiap poin yang di jelaskan, saya mencoba mengembangkannya sendiri menurut pandangan dan pengalaman saya. Jadi biar gak keliatan ngasal.

Nah, kalau yang bahasa Inggris tips dari si Pembuat video maka yang bahasa Indonesianya dari saya.

Kalau penjelasannya harus saya buat bahasa Inggris nanti bukan hanya pembaca yang pusing, saya yang buat ikut pusing. ^_^


#1 I listen to it carefully and try to transcribe it using program to slow down the track

Langkah pertama yang kita lakukan adalah mendengarkan lagu atau solo gitar yang ingin kita gunakan untuk berlatih. Dengan menggunakan media player seperti GOM Player kita bisa memperlambat tempo dari lagu tersebut sehingga bisa kita ikuti perlahan. Dapat juga kita mendownload tab guitar pro (kalau ada) dengan tetap mendengarkan versi aslinya karena tidak selamanya tab di internet itu benar. Intinya pada tahap ini kita menggunakan pendengaran kita untuk menangkap tiap nada dari lagu tersebut.

#2 I divide the solo in different sections and practice then separately (increase the speed gradually)

Bagilah solo tersebut menjadi beberapa bagian. Ingat  untuk selalu memulai dari solo yang lambat dan menggunakan metronome sebagai alat untuk membantu kecepatan dan akurasi permainan solo kita.

#3 I practice the entire solo until you feel confident with all the part of it. ( I prefer the clean channel when I study)

Berlatihlah tanpa menggunakan efek gitar. Pada tahap ini saya setuju dengan tips dari video di atas. Alasannya bila kita berlatih tanpa menggunakan efek gitar kita bisa mendengarkan tiap nada dari gitar kita. Pada tahap ini kita mendengarkan permainan kita sendiri.

#4 Study the solo constanly for a long period until you can play it perfectly

Seringkali kita, termasuk saya sendiri merasa ingin buru-buru bermain solo walaupun masih belum bisa bermain dengan nada sempurna (belum bersih, tempo masih amburadul). Di sini kita dituntut untuk bisa berSABAR dalam berlatih gitar. Tapi bosan juga kalau harus mengulang itu-itu saja kan? Nah, saya teringat tips dari John Petrucci. Doi pernah berkata untuk melatih speed kita bisa mempercepat dan memperlambat metronome. maksudnya gimana? Kita bisa memulai dengan tempo sedang misalnya 100bpm. Jika sudah nyaman bisa dinaikan ke 110bpm lalu kita turunkan ke 95bpm. Variasi seperti ini bisa membantu kita untuk tidak merasa bosan sekaligus melatih akurasi tempo kita.

#5 I also work on it without effects, only my guitar and my fingers

Saya teringat ketika pertama kali membeli gitar elektrik. Saya hanya membeli gitar tanpa menggunakan ampli jadi suaranya hanya cukup didengar oleh kuping saya sendiri. Mungkin ini juga yang secara tidak langsung mengasah kepekaan telinga dan feeling saya dalam bermain gitar. Biarkan jemari yang bermain dan telinga yang menilai. ^_^

#6 I analize the solo an I try to put similar ideas into my own vocabulary

Menganalisis solo juga merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting. Kalau melihat contoh di atas kita bisa melihat bagaimana doi menganalisis solonya dengan urutan sebagai berikut D major triads, Bb Aug triad, Bb maj 7 arpeggio, Bb arpeggio triads, melodic phrase, G9 arpeggio, D sus4 arpeggio, Gm7 arpeggio form, and Dm7 arpeggio. Secara tidak langsung ini juga membantu menambah pengetahuan dan perbendaharan kita. Jika kalian masih baru dalam hal ini, boleh mencari video tutorial dari solo yang ingin kalian cari karena biasanya akan ditunjukkan per bagian solo menggunakan teknik atau scale apa. Lalu modifikasi atau gunakan sendiri untuk solo kalian, misalnya jika solo A bermain di Amaj 7 arpeggio, coba kalian bermain di C maj7 arpeggio atau Dmaj7 arpeggio, dst.

#7 Record and listen to understand if my playing is solid or if I need to practice more

Yang terakhir jangan lupa, rekam solo yang sudah kalian perlajari tadi untuk menilai permainan sendiri sebelum dinilai oleh orang lain. Ini juga bisa jadi tolak ukur apakah kita perlu memperbaiki atau berlatih kembali pada bagian-bagian tertentu.

Jika kalian masih penasaran dengan penjelasan di atas bisa langsung melihat video selengkapnya di bawah ini.




Nah teman-teman sekian dulu ya artikel saya kali ini semoga bermanfaat. Jika pertanyaan atau masukan untuk tulisan ini atau tulisan berikutnya silahkan berkomentar di bawah atau kunjungi fans page Motivasi Gitar.

Salam Slashky Gitaris
Back To Top type='text/javascript'/>