Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Mengapa saya tidak sehebat dia bermain gitar?

Mengapa saya tidak sehebat dia bermain gitar?

Mengapa ya saya kok tidak sehebat dia main gitarnya? Teman saya baru berapa minggu belajar gitar tapi sudah mahir bermain gitar, sedangkan saya sudah berapa bulan belajar gitar masih belum bisa-bisa? Pernahkah teman-teman merasakan hal seperti ini ketika pertama kali belajar gitar? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini adalah pertanyaan umum yang sering dilontarkan bagi teman-teman yang baru belajar gitar entah itu belajar gitar akustik maupun belajar elektrik. Menurut pengalaman saya selama beberapa tahun bermain gitar, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hebat tidaknya seseorang bermain gitar dalam waktu yang singkat.

Berikut beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut.


Faktor Keluarga dan Lingkungan

Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan memiliki peranan yang penting terlebih jika di dalam lingkungan keluarga tersebut ada banyak orang yang bisa bermain musik. Tidak heran kita bisa melihat bahwa jika orang tuanya musisi, kebanyakan akan diikuti atau diturunkan pada anak-anaknya. Banyak keluarga mendukung penuh keinginan anaknya di bidang musik sehingga tidak jarang sampai mendatangkan guru privat ke rumah. Tentu saja faktor ini akan menjadi nilai tambah mengapa banyak orang yang berkembang lebih cepat daripada yang tidak mengikuti les. 
Bagaimana kalau keluarga tidak ada garis keturunan musisi atau tidak mendukung keinginan kita dengan mendatangkan guru les?

Kita bisa belajar dari lingkungan pergaulan. Di lingkungan bermain (tempat tinggal) atau di lingkungan sekolah adalah tempat yang bisa kita manfaatkan. Di lingkungan bermain atau sekolah ini, pasti selalu ada orang yang bisa bermain gitar, kita bisa nimbrung atau minta diajari tentang dasar-dasar bermain gitar bagi pemula. Setelah kita memahami dasar-dasarnya, maka kita dapat dengan mudah mengembangkan permainan kita sendiri.


Ngulik banyak lagu (browsing internet)


Bermain gitar identik dengan membawakan lagu, entah itu berupa musik instrumental semata atau pun mengiringi sebuah lagu yang memilliki lirik. Di awal-awal tahap belajar, kita dituntut untuk banyak menguasai lagu. Tujuannya adalah untuk melatih jemari kita agar tidak kaku dan menambah perbendaharaan kord gitar, memahami progresi dan melatih cara mengocoknya. Pengalaman saya dulu, saya biasanya membeli buku lagu yang berisi kunci gitarnya. Namun, tidak semua lagu dalam buku itu familiar untuk saya. Oleh karena itu, saya kadang meminjam buku lagu punya teman dan hanya memilih lagu-lagu yang saya tahu lalu mencatatnya di buku catatan. Di jaman sekarang mungkin buku lagu seperti ini tidak lagi berperan penting karena sekarang kalian bisa dengan mudah mengakses internet dan mencari kunci-kunci lagu dengan mudah. Bahkan kalian juga bisa mendapatkan tabulature melodi dengan mudah. Modalnya siapkan handphone dan koneksi internet. 

Perbanyak jam latihan

Durasi latihan sangat mempengaruhi perkembangan cepat tidaknya seseorang bermain gitar. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk pertama kalinya bermain gitar, jari kita terasa  sakit yang luar biasa. Semua orang yang belajar bermain gitar pasti akan mengalami hal ini. Jangan biarkan itu menghentikan kita untuk berlatih karena lama kelamaan, jari kita akan menyesuaikan diri dan menjadi kapalan. 
Orang yang berlatih 2 jam sehari dengan orang yang berlatih 4 jam sehari tentu akan memiliki hasil yang berbeda. Latihan di sini sebenarnya bukanlah tentang latihan yang rumit. Kalian mempelajari lagu baru atau chord baru juga merupakan bagian dari latihan. Jadi jangan bayangkan belajar seperti di kelas atau mungkin di les privat. Cukup dengan bermain gitar setiap hari, tanpa kalian sadari ini akan membantu kalian mengembangkan skill bermain gitar.

Berlatih sama-sama

Kita mungkin senang untuk belajar sendiri di dalam rumah tapi ada baiknya juga untuk bermain gitar bersama teman-teman. Hal ini tidak hanya akan membantu kita untuk bersosialisasi tapi juga untuk menambah pengetahuan sekaligus berbagi pengalaman. Mungkin ini terlihat sepele tapi berdampak besar. Di awal-awal belajar gitar dulu, saya sering sekali bertanya pada teman-teman untuk mencari tahu lebih jauh tentang gitar atau sekedar mengamati diam-diam bagaimana mereka bermain gitar.

Nah, itu tadi alasan mengapa saya atau kalian berbeda dari orang lain yang telah hebat bermain gitarnya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Salam Gitaris !
Back To Top type='text/javascript'/>