Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Solusi Buat Kamu yang Malas Latihan Gitar

Solusi Buat Kamu yang Malas Latihan Gitar


tips bermain gitar, belajar gitar, bosan, motivasi belajar gitar, motivasi gitar, berlatih gitar,
Ilustrasi Sumber

Halo teman-teman QSlash, jumpa lagi di blog Slashky Gitaris, blog yang khusus buat kalian yang senang dengan dunia gitar. Beberapa waktu lalu, salah seorang teman bertanya di FP Motivasi Gitar, bagaimana sih solusi agar rajin latihan? Terima kasih untuk pertanyaannya yang menjadi inspirasi buat saya untuk menulis artikel kali ini. Lalu kira-kira mengapa kita kadang-kadang malas berlatih? dan apa solusinya? Tapi sebelum menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya kalau kita mencari tahu dulu, kira-kira apa saja yang menjadi sebab mengapa seseorang itu malas berlatih gitar. Berikut beberapa alasan umum yang sering kita hadapi :

Alasan orang malas latihan gitar


  • Tidak pandai bermain gitar

"Ah, malas ah latihan, aku kan nggak pandai". Ini mungkin alasan paling logis buat orang yang niatnya cuma "angin-anginan". Ya jelas tidak akan bisa kalau tidak latihan, gitaris sekelas John Petrucci saja tetap latihan walaupun beliau adalah salah satu dewa gitar. 

  • Sibuk

"Wah, saya sibuk, tidak ada waktu buat latihan !" Kalau yang ini biasanya karena antara hobi dan pekerjaan bertentangan sehingga kadang-kadang tidak ada waktu untuk berlatih bahkan bermain gitar. Kalian bisa membaca ulasan ini pada  postingan sebelumnya tentang Solusi bermain gitar bagi orang yang sibuk.

  • Tidak ada yang mengajari

"Pengen sih mas, tapi nggak ada yang ngajari !" Kalau ini pasti belum pernah baca cerita tentang saya sebelumnya tentang bagaimana admin belajar gitar secara otodidak. Asal tahu caranya, pasti bisa kok.

  • Tidak kunjung bisa atau berkembang

"Saya sudah sekian bulan belajar mas, udah ikut les privat bahkan kursus juga tapi kok gak bisa-bisa ya?" Pertanyaan yang patut kita koreksi bersama adalah Apakah semua ini dapat membuat kita berkembang? Baca postingan apakah les privat menjamin kalian mahir bermain gitar? dan juga apakah kalian perlu masuk sekolah musik untuk mengembangkan kemampuan kalian?

  • Tidak bisa melodi

Susah mas, belajar melodi gak bisa-bisa ! Wah, yang ini mungkin berharap bisa melodi dalam satu malam. Hehehe... Belajar melodi perlu proses yang panjang, tapi kalian bisa memulai dari teknik-teknik dan tips-tips dasar belajar melodi

Mungkin masih banyak alasan-alasan lain mengapa orang terbentur rasa malas berlatih dan beberapa akhirnya berhenti bermain gitar. Tidak semua alasan bisa ditulis di sini tapi saya rasa beberapa poin di atas cukup mewakili pernyataan dari kebanyakan dari kita.

Nah, setelah kita melihat beberapa alasan di atas, saya akan mencoba memberikan solusi-solusi agar kita bisa sedikit lebih rajin berlatih dengan gitar kesayangan kita. 
(Katanya kesayangan kok jarang dibelai. ^_^)



Solusi Bagi yang Malas Berlatih Gitar

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan rasa "ingin" kalian untuk berlatih gitar.

  • Motivasi diri

Cara memotivasi diri untuk berlatih gitar itu ada banyak cara. Cara yang sering saya lakukan adalah bertanya pada diri sendiri untuk menggali keinginan dalam hati. Seberapa jauh hasrat atau keinginan kita. Misalnya "Mengapa sih saya berlatih gitar?" Mengapa saya harus latihan? Atau dapat juga berupa afirmasi misalnya "Saya bisa kok punya album gitar sendiri !" atau "Saya bisa kok sehebat dia !" Keinginan-keinginan ini tentu saja harus dibarengi dengan tindakan yang konkrit dan salah satu cara paling mudah untuk mewujudkannya adalah dengan cara berlatih ! Tidak ada cara lain.

Ada beberapa artikel dalam blog ini yang dapat membantu kalian tetap semangat bermain gitar, diantaranya :
  1. Tips dan motivasi bermain gitar untuk pemula
  2. 5 Tips Ampuh Motivasi Gitar
  3. Kumpulan kata-kata motivasi gitar (Part 1)
  4. Kumpulan kata-kata motivasi gitar (Part 2)

  • Atur jadwal

Untuk yang punya sejuta kesibukan tentu saja sangat susah membagi waktu. Salah satu solusi yang ampuh untuk mengatasi hal ini adalah mengatur jadwal. Tidak perlu membuat dalam hitungan jam cukup 15-30 menit setiap hari.

  • Ubah pola belajar

Salah satu hal yang sering terjadi adalah banyak gitaris pemula yang mengulik lagu yang terkadang di luar kemampuannya dalam artian terlalu susah untuknya sehingga cenderung mematahkan semangat berlatih dan belajar. Sekarang saatnya mengubah pola belajar, jika selama ini kalian belajr dari mengulik lagu-lagu sekarang coba ganti dengan hanya belajar teknik-tekniknya saja atau belajar chord-chord yang belum pernah kalian coba, misalnya chord-chord jazz. Bila perlu langsung buatkan aransemen versi baru kalian sendiri. Ini merupakan bagian favorit saya, belajar teknik baru baru kemudian langsung membuat aransemen dengan memasukkan teknik itu. Jadi kesannya belajar teknik itu tidak sia-sia.

  • Morning practice

Jika jadwal padat dan bisa menghabiskan waktu seharian untuk bekerja, kalian bisa mencoba bangun lebih awal di pagi hari lalu meluangkan waktu beberapa menit untuk berlatih. Cukup dengan latihan fingering dan picking saja. Baru nanti di akhir pekan atau hari libur ketika banyak waktu luang, kalian bisa menambah jam berlatih. Biasanya latihan di pagi hari juga memberikan manfaat yang luar biasa, diantara untuk meningkatkan mood kita hari itu.

  • Bandingkan dengan kawan yang sukses

Jika kalian masih saja bingung tidak tahu harus bagaimana, sekarang lihatlah si A yang kemarin habis manggung dari kota X, atau si B yang sekarang sudah punya album gitar sendiri atau teman-teman kalian yang sudah berhasil sukses kira-kira bagaimana ya rasanya? Apakah kalian iri lalu mencari-cari kelemahan mereka? Atau kalian malah bersemangat ingin sama seperti mereka atau malah lebih hebat dari mereka? Bandingkan diri kalian dengan mereka dan temukan jawabannya. Bahkan jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka karena sebagian besar akan sangat senang membantu kalian. Silahkan baca juga artikel bagaimana tips sukses bermain gitar dari Steve Vai.

  • Menambah Referensi

Rasanya aneh kalau di zaman ini masih menganggap bahwa guru adalah satu-satunya sumber belajar. Admin sendiri 100%  otodidak belajar gitar. Internet memberikan kebebasan untuk mengakses informasi baik lewat video (youtube) atau blog-blog gitar seperti Slashky Gitaris. Jangan terpaku hanya pada satu sumber belajar saja. Bila ada waktu luang, rajin-rajinlah berselancar di internet mencari dan menggali informasi. Untuk sebuah channel youtube yang berfokus pada satu topik gitar kalian bisa menemukan banyak informasi dan biasanya akan mengarah pada informasi yang lain. Sehingga dengan sendirinya referensi kita bertambah. Begitu juga dengan blog, kalian akan menemukan banyak link-link yang saling berkaitan sehingga kalian tidak kehabisan materi untuk belajar dan berlatih. Sekarang pertanyaannya adalah apakah kalian siap untuk belajar mencari apa yang kalian butuhkan sebagai penunjang belajar kalian. 

  • Tidak berpikiran negatif

Pikiran negatif secara tidak langsung akan mengarah pada rasa pesimis atau rasa ketidakmampuan. Sebenarnya ini bukan masalah kamu punya bakat atau tidak dalam bermain gitar tetapi lebih kepada bagaimana cara belajar gitar atau pendekatan seperti apa yang kalian lakukan. Berpikiran negatif pada dasarnya tidak akan mengubah apapun bahkan cenderung menghasilkan hal yang negatif juga. Misalnya, "Saya TIDAK ... (bisa, pandai, mahir, dll)" adalah contoh pikiran negatif yang sering kali muncul. Sekarang coba ubah menjadi " Saya akan MENCOBA..." dengan ini kalian akan mulai berusaha. Kalian akan terkejut melihat bagaimana kata-kata ini dapat mengubah kalian.

  • Pasang Target

Tidak perlu memasang target yang luar biasa tinggi, cukup misalnya dengan menguasai satu teknik tertentu dalam kurun waktu tertentu. Misalnya mau menguasai teknik sweeppicking dalam waktu seminggu juga tidak masalah yang penting kita harus punya target supaya latihan kita pun lebih terarah.

  • Rekam hasil latihan

Cara untuk mengetahui seberapa jauh kita berkembang dan mengukur hasil latihan, kita bisa merekam hasil latihan kita. Tidak perlu jauh-jauh ke studio, cukup menggunakan ponsel entah itu video atau perekam suara untuk mengabadikan momen latihan. Kalian akan bisa melihat bagaimana kalian bermain dan kalian bisa memposisikan diri sebagai penonton sehingga kira-kira bagian mana yang harus ditingkatkan. Ini juga berguna untuk melatih kepercayaan diri agar tidak gugup ketika harus manggung atau perform di atas panggung. Buat juga perbandingan setelah sekian bulan, temukan perbedaannya. Kalau berlatih dengan sungguh-sungguh, pasti kalian bisa melihat bedanya.

  • Jangan berlebihan

Berlatih gitar bukan berarti memporsir latihan sepanjang hari tanpa henti. Berlatih yang berlebihan bukan merupakan ide yang baik. Mesin dan komputer pun perlu istirahat apalagi kita manusia. Jari-jari kalian juga perlu istirahat dan ini tentu saja salah satu cara untuk mengantisipasi agar kalian tidak kelelahan dan bosan untuk berlatih keesokan harinya. Baca juga postingan saya Mengapa dalam berlatih gitar kita perlu istirahat? 

  • Basuh wajah

Ini mungkin lanjutan dari poin sebelumnya. Jika kalian jenuh silahkan pergi ke kamar mandi dan berkacalah di sana. Lihat wajah kalian, sudah terlihat ganteng belum. hahaha... becanda ! Basuhlah wajah agar ketegangan bisa sedikit hilang dan beristirahatlah bila perlu sambil mengumpulkan tenaga.


Kesimpulan

Banyak alasan mengapa orang malas berlatih gitar. Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk kalian yang tidak tidak pandai bermain gitar, kalian bisa mencoba menggali kembali motivasi kalian dalam berlatih gitar. Lihatlah beberapa teman yang sudah pandai jangan malu untuk bertanya kepada mereka. Jika terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari cobalah untuk mengubah pola belajar dengan mengatur jadwal latihan misalnya mencoba berlatih di pagi hari. Keberhasilan tidak tergantung dari satu sumber saja, jadi perbaharui pengetahuan kalian dengan menambah referensi-referensi baru sekaligus menambah semangat berlatih sehingga kalian bisa memasang target tertentu. Tapi ingat berlatih juga jangan sampai berlebihan karena pada dasarnya kita perlu suasana yang nyaman dan hindari banyak tekanan. Have fun bro. Kemudian rekamlah hasil latihan sebagai bahan untuk penilaian terhadap hasil latihan. 

Nah, sampai di sini dulu postingan saya kali ini tentang Solusi agar kalian tidak malas latihan. Jika kalian punya tips yang lain atau ide yang lain tentang bagaimana kalian memerangi rasa malas kalian, silahkan sharing di kolom komentar.

Salam Sergius Leski

Back To Top type='text/javascript'/>