Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Belajar Petikan Gitar Terlengkap untuk Pemula dengan Lagu yang Mudah Dilengkapi Video

Belajar Petikan Gitar Terlengkap untuk Pemula dengan Lagu yang Mudah Dilengkapi Video



Belajar Petikan Gitar adalah salah satu bagian dari belajar gitar dasar yang harus kalian kuasai. Banyak dari kalian mungkin sudah menguasai kunci-kunci dasar gitar dan mungkin beberapa ada juga yang sudah belajar menggenjreng gitar. Apa itu sudah cukup? Saya yakin timbul pertanyaan dalam benak kalian bagaimana cara memetik gitar? Kali ini saya akan membahas tentang belajar petikan gitar pada gitar baik itu pada gitar akustik maupun gitar elektrik atau gitar listrik dari lagu yang mudah

Jangan khawatir jika kalian tidak bisa memetik gitar setelah membaca artikel ini, karena di akhir tulisan ini kalian bisa melihat video belajar petikan lagu yang mudah. Tapi sebelum kita masuk ke pelajaran intinya terlebih dahulu kita cari tahu, mengapa sih kita harus belajar petikan dari artikel ini?


  • Kemudahan lagu

Seperti judul artikel di atas, kemudahan lagu adalah hal pokok yang harus kita perhatikan. Tidak mungkin kita mulai belajar dari lagu-lagu yang susah. Saya khawatir bukannya semangat malah mungkin banting-banting gitar. Kali ini untuk membantu kita belajar, saya mengambil contoh lagu yang mudah yaitu Secondhand Serenade - Your Call. Silahkan googling dulu ya kalau belum tahu lagunya.

  • Progresi Chord Mudah

Salah satu kriteria lagu yang mudah dalam bermain gitar adalah progresinya kunci gitarnya yang mudah. Pada lagu ini kalian akan melihat hanya menggunakan 3 kord (intro dan bridge) dan 4 kord (chorus). Tentu ini saja mudah untuk diingat.

Salah satu kriteria lagu yang mudah dalam bermain gitar adalah progresinya kunci gitarnya yang mudah! ~ Sergius Leski

  • Pola perulangan Mudah

Tahu tidak? Ternyata dengan progresi chord yang mudah kadang tersembunyi pola perulangan yang mudah juga lho. Pola perulangan tiap chord inilah yang sebenarnya harus kita cari. Bila sudah menguasai hal ini dijamin pasti bisa dech. Pada lagu kita kali ini, kita hanya belajar memetik tiga senar saja kok !

Nah, setelah kalian mengetahui alasan mengapa saya memilih lagu yang mudah untuk belajar petikan, maka saatnya kita masuk ke tahap inti pelajaran kita kali ini.


Jenis petikan gitar


Pada artikel ini saya membagi jenis petikan berdasarkan ada tidaknya alat yang digunakan. Karena kita tidak hanya bermain gitar akustik saja melainkan gitar elektrik juga sehingga saya membedakannya menjadi :


  • Petikan menggunakan pick

 Jenis petikan ini menggunakan  pick sebagai alat bantu memetik senar gitarnya.
belajar gitar, belajar gitar akustik, belajar gitar pemula, belajar gitar elektrik, melatih petikan, chord lagu, lagu mudah, tips bermain gitar, video guitar,
Petikan menggunakan pick

  • Petikan menggunakan jari


Jenis petikan ini menggunakan jari "telanjang" alias hanya menggunakan jari saja. Kebanyakan di internet beredar cara petikan menggunakan ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Berhubung pada lagu ini kita hanya menggunakan tiga senar jadi tidak masalah menurut saya, dan saya tidak terlalu mempermasalahkan hal teknis seperti ini karena setiap orang punya style masing-masing. 


Saya memetik menggunakan lima jari, maklum dulu juga pertama kali belajar, dianjurkan seperti itu.


belajar gitar, belajar gitar akustik, belajar gitar pemula, belajar gitar elektrik, melatih petikan, chord lagu, lagu mudah, tips bermain gitar, video guitar,
Petikan menggunakan jari



Kedua jenis petikan ini penggunaannya terserah alias bebas menggunakan jenis petikan yang mana tergantung kenyamanan teman-teman. Kalau senang pakai pick ya dilanjutkan jika tidak ya bisa mencoba menggunakan jari bugil aja. ^_^

Setelah kita tahu jenis petikan apa yang kita gunakan, saatnya kita membaca tabulature (TAB). Dari TAB inilah kita melihat mudah tidaknya sebuah lagu. Bagaimana mas kalau saya belum tahu baca TAB? Mampir dulu donk ke tulisan saya tentang bagaimana cara membaca TAB gitar. Nah, berikut adalah penampakan TAB  dari lagu "Secondhand Serenade - Your Call"


Gambar Tabulature "Intro" Secondhand Serenade - Your Call


belajar gitar, belajar gitar akustik, belajar gitar pemula, belajar gitar elektrik, melatih petikan, chord lagu, lagu mudah, tips bermain gitar, video guitar,
Intro Your Call - Secondhand Serenade

Pada bagian Intro ini kita hanya melihat tiga kunci gitar yaitu Csus2, Dadd11 dan Em dan itu diulang-diulang. Selain bagian intro sebenarnya petikan ini juga berlaku untuk bagian verse (pas masuk vokal dan lirik). Atau untuk lebih jelasnya lirik lagu yang menggunakan bagian ini adalah :

Versi 1:
Csus2                  Dadd11    Em
Waiting for your call, I'm sick, call I'm angry 
                Csus2                        Dadd11  
call I'm desperate for your voice 
            Em                                        Csus2   
Listening to the song we used to sing 
             Dadd11                    Em 
In the car, do you remember 
                               Csus2
Butterfly, Early Summer 
        Dadd11             Em                            Csus2        Dadd11   Em
It's playing on repeat, Just like when we would meet
                                Csus2      Dadd11   Em
Like when we would meet 

Chorus : 

Versi 2: (setelah chorus)
Csus2            Dadd11           Em
Stripped and polished, I am new, I am fresh 
         Csus2           Dadd11             Em
I am feeling so ambitious, you and me, flesh to flesh 
                     Csus2                      Dadd11   
Cause every breath that you will take 
                       Em
when you are sitting next to me 
                 Csus2         Dadd11           Em
will bring life into my deepest hopes, What's your fantasy? 
                  Csus2    Dadd11        Em
(What's your, 
Csus2      Dadd11   Em         
what's your, what's your...)



Gambar Tabulature "Chorus" Secondhand Serenade - Your Call

belajar gitar, belajar gitar akustik, belajar gitar pemula, belajar gitar elektrik, melatih petikan, chord lagu, lagu mudah, tips bermain gitar, video guitar,
Chorus Your Call - Secondhand Serenade
Pada bagian "Chorus" cara petikannya tidak jauh berbeda hanya saja ada penambahan kunci G major pada bait pertama lirik chorusnya. Dengan 2x perulangan petikan pada setiap chordnya.

Lirik pada bagian ini adalah :

Chorus
                    G   Dadd11                 Em - Csus2
Cause I was born to tell you I love you
                G   Dadd11                 Em Csus2 
and I am torn to do what I have to, to make you mine 
                                       Csus2 
Stay with me tonight 


Gambar Tabulature "Brigde" Secondhand Serenade - Your Call

belajar gitar, belajar gitar akustik, belajar gitar pemula, belajar gitar elektrik, melatih petikan, chord lagu, lagu mudah, tips bermain gitar, video guitar,
Bridge Your Call - Secondhand Serenade
Bagian "Bridge" ini bukanlah bagian akhir dari lagu, pada bagian ini kita kembali menggunakan pola kunci yang sama seperti intro tapi bedanya kita memainkan dengan urutan Em, Dadd11, Csus2, Dadd11. Pada bagian bridge ini ada perulangan 4x pada liriknya.
Berikut liriknya :


Bridge:
        Em Dadd11 Csus2        Dadd11          
And I'm tired of being all alone, 
                 Em        Dadd11                 Csus2
and this solitary moment makes me want to 
                       Dadd11
come back home (x4) 

Jika kita amati baik-baik TAB di atas, maka kita sebenarnya dapat menyimpulkan bahwa pola petikan yang digunakan pada lagu ini sama. Dapatkah teman-teman melihatnya?


"Ah mas, saya bingung dengan penjelasan di atas ! Adakah cara belajar petikan yang mudah?" Welah, langsung aja BROgan cek video "Belajar petikan gitar dari lagu yang mudah" berikut ini  biar langsung praktek.






Kesimpulannya BROgan:



Jika kalian ingin menguasai dasar-dasar bermain gitar, maka kalian secara tidak langsung harus belajar petikan. Salah satu cara untuk mempelajari cara memetik gitar ini adalah dengan belajar dari lagu yang mudah. Lagu ini dapat kalian terapkan pada gitar akustik atau gitar elektrik. Pada artikel ini saya mengambil lagu Your Call yang dipopulerkan oleh Secondhand Serenade sebagai contoh petikan yang mudah. Alasannya karena lagu ini mudah dari segi progresi kord maupun dari pola perulangannya. Jika teman-teman merasa kurang paham dengan penjelasan yang membingungkan ini saya juga memberikan video belajar petikan ini agar lebih memudahkan kalian semua untuk belajar.

Nah, sampai di sini dulu postingan saya tentang bagaimana belajar petikan gitar untuk pemula dengan lagu yang mudah. Jika kalian punya lagu yang mudah lain untuk belajar gitar, silahkan kita diskusikan di kolom komentar atau di facebook.

Salam Slashky Gitaris (Slash Your Guitar)
Back To Top type='text/javascript'/>