Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Bagaimana Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Bagaimana Belajar Gitar untuk Pemula


Gitar adalah instrumen sejuta umat. Kalian bisa menemui orang bermain gitar mulai dari anak sekolahan, anak kuliah, orang kantoran, remaja sampai pengamen sekalipun menjadikan gitar sebagai instrumen pilihan. Gitar juga bisa digunakan untuk memainkan aliran musik apa saja, mulai dari pop, rock, dangdut, metal, musik klasik, folk, dan lain-lain. Pada dasarnya memainkan gitar lebih mudah dibandingkan instrumen lain dan harganya pun jauh lebih terjangkau. Oleh karena ini, sekarang penting rasa bagi sebagian orang untuk belajar gitar. Belajar gitar bisa dengan mengikuti kursus, masuk sekolah musik, mendatang guru untuk les privat bahkan bisa juga dengan cara otodidak. Nah, kali ini, saya akan membahas bagaimana belajar memainkan gitar untuk anda yang baru belajar atau pemula. Saya akan mengenalkan dasar-dasarnya agar memudahkan kalian belajar gitar. Check this out !

1. Dasar- dasar bermain gitar


Dasar-dasar bermain gitar ini saya kelompokkan menjadi beberapa bagian meliputi pengenalan gitar, posisi memegang gitar, cara menyetem  gitar, cara memetik gitar menggunakan lima jari dan  cara memegang pick.

Mengenal bagian gitar


Gitar sebagai instrumen musik tentu saja memiliki beberapa bagian yang berfungsi sebagai penunjang untuk menghasilkan suara. Mengenal bagian gitar ini sangat membantu kalian untuk mengetahui kira-kira gitar apa yang ingin kalian pakai nantinya, apakah gitar akustik atau elektrik, fretboard dengan fret 22 atau 24, jenis kayu yang akan menghasilkan ouput yang berbeda, jenis pick up, dll


  • Perhatikan bahwa senar itu dihubungkan antara head (kepala) dan bridge di bagian bawah. Pada head, kalian akan mendapati tuning peg yang membantu kalian untuk menyetem senar agar tidak sumbang.
  • Pada fretboard, kalian bisa melihat kolom-kolom fret. Biasanya pada kolom fret terdapat inlay yang bisa dijadikan patokan nomor kolom fret.
  • Gitar akustik dan gitar eletrik dibedakan dari konstruksinya. Bila gitar akustik memiliki sound hole, sedangkan gitar elektrik karena menggunakan bodi yang solid maka menggunakan pick up sebagai penangkap suara.

belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Gitar akustik vs Gitar elektrik

Selengkapnya tentang pengenalan gitar dapat kalian membaca artikel "Macam-macam gitar"


Posisi memegang gitar 


Kebanyakan orang ketika belajar gitar, tidak memperhatikan bagaimana posisi mereka memegang gitar. Padahal posisi ini sebenarnya juga akan mempengaruhi kebiasaan kalian. Misalnya ketika kalian belajar menggenjreng (strumming) kalian seharusnya memetiknya di diantara sound hole dan brigde. Posisi strumming juga mempengaruhi output suara yang dihasillkan. Baca juga "Tips Belajar dari Steve Vai

Cara menyetem gitar (Tune the Guitar)


Kalian tentu tidak akan belajar gitar dengan benar dari sebuah instrumen yang sumbang. Belajar menyetem merupakan elemen yang penting dalam belajar gitar. Tuning yang kurang pas akan mempengaruhi nada dari kunci atau melodi. Oleh karena itu, kalian perlu menyetel senar gitar dulu sebelum memainkan gitar. Sekarang ada banyak cara menyetem gitar, mulai dari menggunakan aplikasi tuner g string android, menyamakan suara dengan software, menyamakan suara dengan instrumen lain, atau kalian bisa mencoba berlatih menyetem dengan menyamakan bunyi senar pada gitar itu. Cara ini lebih efesien untuk kalian karena akan membantu kalian melatih pendengaran.

Cara belajar menyetem gitar dengan menyamakan suara adalah sebagai berikut !

  • Tekan pada kolom fret ke 5 senar kedua lalu putarlah tuning peg pada headstock untuk disamakan nadanya dengan senar pertama yang dibiarkan open string
  • Tekan pada kolom fret ke 4 senar ketiga lalu putarlah tuning peg pada headstock untuk disamakan nadanya dengan senar kedua yang dibiarkan open string
  • Tekan pada kolom fret ke 5 senar keempat lalu putarlah tuning peg pada headstock untuk disamakan nadanya dengan senar ketiga
  • Tekan pada kolom fret ke 5 senar kelima lalu putarlah tuning peg pada headstock untuk disamakan nadanya dengan senar keempat
  • Untuk senar keenam, putarlah tuning peg pada headstock untuk disamakan dengan senar pertama.

Dalam gitar, dikenal istilah tuning standar. Untuk menghafal bunyi nada pada senar dengan tuning standar, kalian bisa menggunakan jembatan keledai "Eddie Ate Dynamite Good Bye Eddie " ( E A D G B E ). 

Kalian bisa melihat video di bawah ini untuk belajar menyetem gitar dengan cara menyamakan bunyi senarnya.



Selain tuning standar di atas, ada banyak tuning gitar kalian bisa membaca lengkap tentang Macam-macam tuning gitar.

Cara memetik gitar menggunakan lima jari


Memetik senar adalah bagian dari bermain gitar. Yang paling umum ketika kalian belajar gitar adalah belajar memetik gitar menggunakan jemari. Bagaimana menempatkan jemari kalian? Ada beberapa cara, bisa menggunakan tiga jari, empat jari bahkan lima jari. Tapi lebih senang berlatih menggunakan lima jemari sekaligus. Berikut caranya :

  • Letakkan jari kelingking di senar pertama
  • Letakkan jari manis di senar kedua
  • Letakkan jari tengah di senar ketiga
  • Letakkan jari telunjuk di senar keempat
  • Sementara jari jempol untuk senar kelima dan keenam.
belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Memetik senar dengan 5 jari

Kalian bisa melihat video bagaimana memetik senar dengan lima jari di bawah ini.



Cara memegang pick


Selain menggunakan jari, kalian bisa menggunakan alat bantu untuk memetik gitar, yaitu PickPick adalah alat alat yang lazim digunakan untuk memetik gitar. Pick ini biasanya terbuat dari bahan plastik keras yang bentuknya kecil membentuk segitiga (banyak variasi bentuk pick). Pada dasarnya cara memegang pick adalah menahan dan mengapit pick menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Cara memegang pick gitar


Setelah dasar-dasar ini kalian kuasai, saatnya melangkah ke bagian berikutnya.

2. Belajar kunci dasar


Belajar kunci dasar adalah hal yang mutlak untuk dilakukan dan dipelajari karena merupakan elemen penting dalam belajar gitar. Seorang yang jago melodi sekalipun pasti pernah belajar kord gitar. Oleh karena itu, kalian sebisa mungkin harus menguasai kord dasar ini. Di sini saya akan membagi empat bagian dimana belajar posisi kunci dasar open string, berlatih kunci open string tersebut dengan benar, bagaimana strumming atau menggenjreng, dan terakhir adalah belajar memainkan kunci gantung atau barre chord.

Belajar posisi kunci dasar open string


Pada dasarnya ini adalah bagian yang mudah dalam belajar kunci gitar. Kunci-kunci open string adalah kunci yang sangat mudah untuk dipelajari.


belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Kunci A mayor termasuk kunci Open String



Belajar kunci A mayor, A minor, E mayor dan E minor



Saya merekomendasikan posisi kunci A mayor, A minor, E mayor dan E minor ini untuk kalian pelajari agar lebih memudahkan kalian untuk memainkan kunci gantung.

Berikut ini adalah beberapa video belajar kunci gitar open string.


A mayor
A minor



E mayor dan E minor


Selengkapnya bisa kalian baca "Kumpulan video belajar kunci gitar."

Berlatih memainkan kord


Ketika pertama kali kita memilih dan belajar kord, posisi jari kita tidak serta merta berada pada posisi yang tepat. Oleh karena itu kita harus berlatih menempatkan jari kita agar suara dari kord itu terdengar utuh dan jelas. Latihan dengan memetik perlahan tiap kunci yang kalian pelajari. Pelajari kunci-kunci gitar yang mudah seperti kunci A mayor, A minor, E Mayor, E minor, G mayor, C mayor, D mayor, D minor dan beberapa kunci dasar yang lain.

Belajar Strumming 


Strumming atau dalam istilah sehari-hari menggenjreng atau mengocok gitar adalah hal yang tidak bisa di sepelekan. Sering ada teman yang bertanya, bagaimana sih cara mengocok gitar untuk lagu dari band atau penyanyi tertentu. Saya sudah membahas secara lengkap bagaimana cara belajar strumming gitar pada postingan terdahulu, silahkan baca "Belajar Strumming Gitar "

Belajar kunci gantung ( Barre Chords )


Belajar kunci gantung merupakan tantangan terakhir dari tahap belajar kunci dasar. Belajar kunci gantung ini sebenarnya tidak sulit jika kita tahu caranya. Saya menemukan ada 3 cara untuk melatih kunci gantung.

  1. Pelajari dengan seksama cara memainkan kunci E Mayor dan E minor yang pernah saya rekomendasikan untuk Anda. Kunci ini akan membantu kalian untuk belajar kunci gantung dengan root di senar ke 6. 
  2. Pelajari cara memainkan kunci A mayor dan A minor yang pernah saya bahas dan saya rekomendasikan karena ini akan membantu kalian untuk belajar kunci gantung dengan root di senar ke 5.
  3. Dapat juga kalian mempelajari posisinya dari kunci tertentu di senar 5 maupun 6, kalian dapat membaca "Cara Mudah Memainkan Kunci Gantung"
belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Kunci C minor dengan kunci Gantung

Ketika bagian ini sudah selesai kalian kuasai, pastikan kalian melihat beberapa masalah yang sering kali menantang kalian untuk maju atau mundur belajar gitar untuk pertama kalinya.

3. Masalah dan tantangan


Kuasai rasa sakit dan atasi kekakuan


Bukan rahasia lagi bahwa ketika pertama kali belajar gitar, kalian akan berhadapan dengan rasa sakit pada jari. Ini wajar karena jari kalian belum terbiasa dengan tipis dan kerasnya senar gitar. Pengalaman saya dulu beberapa hari pertama itu sakitnya luar biasa sampai ada niat untuk berhenti karena untuk menekan senar lagi pun rasanya tidak sanggup. Tapi karena dipaksakan, beberapa hari kemudian muncul kapalan yang menandakan jari sudah mulai terbiasa. Setelah sakitnya hilang, kendala selanjutnya adalah jari masih kaku untuk memindahkan posisi kunci satu ke kunci yang lain. Ini juga wajar, caranya tidak lain dan tidak bukan adalah sering berlatih. Semakin sering kalian berlatih maka semakin lancarlah kalian untuk memindahkan kuncinya. Baca "Tips cara memindahkan kunci dengan cepat"

Belajar memainkan lagu-lagu yang mudah


Sudah tahu letak kunci gitar, sudah tahu strumming dan jemari telah terbiasa dengan senar maka langkah selanjutnya adalah memainkan lagu-lagu sederhana. Percayalah ketika pertama kali bermain gitar kamu tidak akan bisa memainkan lagu Dragonforce. Kalian bisa memulainya dari lagu anak-anak, Gelang Sepatu Gelang dan lagu-lagu pop yang mudah. Saya sendiri pun tidak langsung memainkan lagu rock ketika pertama kali belajar gitar. Saya bahkan belajar lagu dengan kunci yang mudah sekali. Baca "Lagu pertama waktu belajar gitar"


Belajar membaca tabulature


Salah satu cara agar kalian bisa memainkan lagu favorit adalah belajar membaca tabulature atau tabulasi gitar. Membaca tabulasi merupakan salah satu keterampilan dasar dalam bermain gitar. Membaca tabulasi gitar tidak serumit yang dibayangkan sebab pada dasarnya kalian hanya melihat garis dan angka, dimana garis itu mewakili senar dan angka mewakili kolom fret. Untuk lebih memudahkan kalian belajar membaca tabulasi, silahkan baca "Belajar membaca tabulasi gitar." Sekarang kalian bisa belajar membaca tabulasi menggunakan software guitar  pro.

belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Tabulasi Sweet Child O Mine


Berlatih menggunakan metronome


Belajar menggunakan metronome adalah hal yang wajib ketika ingin belajar musik. Metronome menjaga irama musik tetap konsisten, sekalipun dipercepat atau diperlambat. Kalau kalian pernah melihat bagaimana orang recording, kalian akan langsung melihat bahwa menggunakan metronome adalah hal yang mutlak. Tapi pertanyaannya, bagaimana saya mendapatkan metronome? Bagaimana saya melatihnya? Metronome sekarang mudah kalian jumpai karena sudah bisa dikembangkan menjadi aplikasi pada smartphone dan bisa di download secara gratis. Salah satunya "Mobile Metronome" untuk android. Silahkan baca "Cara berlatih menggunakan Metronome menggunakan Mobile Metronome"

belajar cepat gitar, belajar gitar, belajar gitar akustik, chord dasar, chord major, chord minor, otodidak gitar, rahasia gitar, teknik belajar gitar, teknik gitar, tips bermain gitar,
Tampilan Mobile Metronome


Belajar dari sumber-sumber lain


Belajar tidak cukup dari satu sumber belajar saya, banyak sumber-sumber yang bisa kalian manfaatkan, misalnya

  1. Les privat. Kalau kalian serius, kalian bisa mengambil les privat dengan mendatangkan guru ke rumah.
  2. Sekolah musik. Jika kalian memang ingin mendalami lebih jauh, silahkan masuk ke sekolah musik yang sudah memiliki reputasi bagus.
  3. Belajar lewat internet. Belajar lewat internet adalah salah satu cara mudah untuk belajar gitar. Kalian bisa belajar dari video di youtube, bisa belajar dari media sosial, bisa dari blog bahkan dari website resmi gitaris idola kalian.
  4. Buku-buku gitar. Kalian juga bisa membeli di buku-buku referensi untuk menambah wawasan.
  5. Ngejam. Kalian bisa kumpul dengan sesama teman yang memiliki hobi serupa dan sling bertukar pikiran bahkan mungkin juga ilmu. Ngejam adalah salah satu hal efektif yang bisa kalian coba. Beberapa video di youtube memperlihatkan bagaimana ngejam lintas negara.

Nah, itu tadi "Bagaimana Belajar Gitar untuk Pemula", semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa mensharingkan kepada teman-teman yang lain.


Penting !!!! Dibutuhkan waktu lebih dari 2 minggu untuk menyelesaikan materi ini, harap hargai penulis dengan tidak mengcopy paste tulisan ini. Jika ingin menampilkan dalam blog Anda, silahkan tulis kembali dengan bahasa sendiri. Blogger sejati bukan sekedar tukang copy paste. 



Back To Top type='text/javascript'/>