Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Mari Cari tahu Macam-macam gitar

Macam-macam gitar yang perlu diketahui


Macam-macam gitar yang perlu diketahui. Selamat datang teman-teman, salam genjreng. Kali ini blog SlashkyGitaris akan mengajak teman-teman untuk mengetahui macam-macam jenis gitar. 

Teman-teman mungkin pernah melihat gitaris papan atas sering menggunakan gitar yang terkadang cukup aneh juga, misalnya ada gitar yang menggunakan senar nilon (senar pancing?), gitar eletrik berbagai tipe dan tak jarang juga ada gitar yang punya banyak senar. 

Nah, beberapa contoh gitar di atas tentu saja membuat kita bertanya sebenarnya ada berapa banyak sih model gitar di dunia ini? Nah, pertanyaan ini dapat teman-teman jawab setelah membaca postingan kali ini.

Secara umum, gitar di bagi jadi dua kelompok besar yaitu kelompok besar yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Cara mengelompokkan gitar dengan jenis ini sangat mudah karena teman-teman hanya tinggal melihat apakah gitar tersebut bisa disambungkan dengan  sound system atau tidak.

1. Gitar Akustik


Gitar akustik sebenarnya dapat di bagi lagi menjadi 2 berdasarkan jenis senarnya yaitu menggunakan senar nilon dan menggunakan senar kawat/string. Tetapi secara umum bagian-bagian gitarnya sama hanya mungkin bedanya ada di headstocknya yang di desain sesuai model tertentu. 
gitar, Gitaris, gibson, ibanez


Lalu mengapa dibedakan jenis senarnya?
Umumnya gitar akustik dengan senar nilon sering digunakan oleh para gitaris classical (kebanyakan membawa lagu klasik seperti Mozart, Beethoven, Vivaldi, dll) seperti Andreas Segovia, sedangkan gitar akustik string kebanyakan digunakan oleh para gitaris fingerstyle seperti Sungha Jung, Andy McKee, dll.

Desain gitar akustik juga ada beberapa macam dan tidak terpaku pada 6 senar saja, contohnya gitar dengan 12 senar (biasanya untuk musik country).
Ada juga contoh gitar yang sedikit beda seperti di bawah ini.
gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Gitar Unik Andy McKee

Adapun merek gitar akustik yang sering dicari adalah yamaha sehingga boleh dibilang gitar merek yamaha ini dikatakan gitar sejuta umat, khususnya yang akustik ya. Contoh merek yamaha yang sering diminati adalah Yamaha APX500. Bila teman-teman tertarik, silahkan mencari referensinya di website Yamaha di sini
Gitar akustik yang bisa dihubungkan dengan sound system biasa dikenal dengan istilah gitar semi elektrik.

2. Gitar Elektrik


Perbedaan mendasar antara gitar elektrik dan gitar akustik adalah bodi gitarnya yang mempengaruhi sound yang dihasilkan. Maksudnya, gitar elektrik sangat tergantung sound dari perangkat pendukung lain. Kalau akustik kita tidak memerlukan sound system untuk membunyikannya, maka gitar elektrik sangat tergantung dengan sound system seperti ampli agar suaranya terdengar jelas. Konstruksi gitar elektrik biasanya terbuat dari kayu solid yang kemudian dipasang pickup untuk menangkap suara. Berikut ini perbedaan mendasar dari gitar elektrik dan gitar akustik.
gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Bagian-bagian dari gitar akustik dan gitar elektrik

Sumber gambar : disini

Gitar dengan signature tertentu


Gitar elektrik biasanya didominasi oleh merek-merek terkenal seperti terkenal Gibson, Ibanez, Fender, ESP, LTD, dll. Gitar elektrik juga erat kaitannya dengan format band, tetapi banyak juga yang solo gitar seperti Steve vai, Joe Satriani, dll. Nah, karena biasanya gitaris band itu identik dengan gitar elektrik maka beberapa produsen gitar membuatkan mereka model sendiri, seperti Paul Gilbert dengan Ibanez PGM, Steve Vai dengan Ibanez JEM. 

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Ibanez PGM 301 Paul Gilbert Signature

sumber gambar: di sini

Bridge gitar


Dalam gitar elektrik dikenal dengan istilah bridge atau pengait dawai/senar gitar. Ada beberapa jenis bridge gitar, di antaranya fixed bridge, down tremolo bridge, up down tremolo bridge. 
gitar, Gitaris, gibson, ibanez
fixed bridge
sumber gambar : di sini

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
down tremolo bridge

sumber gambar : di sini
gitar, Gitaris, gibson, ibanez
up down tremolo bridge

sumber gambar : di sini

Karakter sound dari Pickup


Karaktek sound yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh desain bodi dan pick up. Jadi teman-teman mulai sekarang jangan berpikir semua gitar elektrik itu sama, dari jenis pick up aktif dan pick pasif saja teman-teman dibawa pada karakter sound yang berbeda. Merek pick up juga sangat berbeda misalnya EMG yang biasanya digunakan oleh gitaris metal sedangkan seymour duncan untuk karakter yang lebih lembut, tapi dari kedua merek pick up ini pun ada seri dengan karakter suara yang berbeda.

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
EMG 81
Sumber gambar : di sini

Jumlah senar


Selain pick up, dewasa ini sepertinya trend menggunakan senar yang lebih dari 6 sudah banyak, misalnya menggunakan senar 7 atau 8 bahkan beberapa dengan senar yang lebih. Bahkan beberapa gitaris dibuatkan model gitar dengan senar 7 nya, misalnya Jeff Loomis JL-7 FR (gitar impian admin ni)

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Jeff Loomis JL-7 FR



Model-model gitar yang lain


Ada juga gitar hollow yang merupakan gitar dengan body berongga. Biasanya dipakai oleh gitaris jazz atau blues. 

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Gitar model hollow

sumber gambar : di sini

tetapi tidak menutup kemungkinan ada gitar dengan double neck seperti gambar berikut ini
gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Double Neck Guitar


atau bahkan dengan empat neck seperti gitar Michael Angelo Batio
gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Michael Angelo Batio dengan 4 neck gitar

sumber gambar : di sini

Ada juga gitar yang di desain tanpa fret atau yang sering dikenal dengan gitar fretless

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Gitar Fretless atau gitar tanpa fret

sumber gambar : di sini

Merek atau brand gitar


Tentang merek, banyak sekali nama brand untuk gitar elektrik ini mulai dari internasional sampai merek lokal pun ada. Misalnya untuk merek luar seperti Gibson, Ibanez, PRS, Fender, Dean, Cort, Fernandes, Schecter dll. Dari merek-merek itu juga dapat terbagi lagi menjadi beberapa jenis gitar lagi misalnya, Ibanez JEM, Ibanez PGM, Ibanez Premium atau seperti Gibson Les Paul, Gibson SG, dll. Untuk merek lokal juga banyak, misalnya Rick Harnes, Stephallen Gitar, Radix, dll.

gitar, Gitaris, gibson, ibanez
Gibson Les Paul

Senar gitar


Merek senar gitar juga banyak mulai dari D'Addario, Ernie Ball, Fender, Elixir, dll. Ukuran senar juga sangat bervariasi, sehingga sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jang menggunakan senar ukuran 0.9 untuk ngeblues, dijamin pasti cepat putus senar kalau sering di bending, kecuali kalau kamu hobby maen speed bolehlah menggunakan senar yang ukurannya agak tipis.

Nah, itu tadi beberapa jenis gitar. Ternyata banyak ya macamnya, jadi sekarang jangan lagi bingun dengan macam dan jenis gitar. Semoga bermanfaat !

Jangan lupa baca tips membeli gitar
Back To Top type='text/javascript'/>