Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara belajar gitar dari video di Youtube dengan mudah

Cara Belajar gitar dari video di Youtube dengan mudah


Cara belajar gitar dari video di Youtube dengan mudah ini adalah bagian tips belajar gitar dari internet yang saya akan sharingkan kepada teman-teman semua.

Bukan rahasia lagi kalau video youtube menjadi salah satu sumber yang digunakan untuk belajar dan menambah pengetahuan termasuk ilmu tentang gitar

Bila saya ditanya media pembelajaran seperti apa yang mudah untuk dipahami maka jawabannya adalah dengan menonton video.

Saya pikir kalian juga akan berpikir begitu kan?

Oleh karena itu, kali ini saya akan mensharingkan pengalaman belajar sekaligus bagaimana meningkatkan skill bergitar saya melalui video-video dari youtube ini.

Siapa yang tidak suka menonton?

Tapi tontonan yang seperti apa dulu ya?

belajar gitar, belajar gitar youtube, catatan, tips bermain gitar,
Belajar Gitar dari Youtube



Kita akan melihat kilas balik bagaimana sumber infomasi audio bergerak ini mengalami sebuah transformasi yang luar biasa.

"Umur bertambah, zaman juga berubah !" Begitulah  kira-kira yang saya rasakan. Mulai dari zaman kaset tape recorder sampai format digital.

Saya ingat beberapa tahun yang lalu ketika masih SMA (kira-kira tahun 2005), saya merasakan bagaimana rasanya susah ngulik lagu dari kaset tape recorder sampai tombolnya konslet gara-gara kebanyakan ditekan.

Ya di masa itu, kalau mau melihat video ya beli kaset VCD, itu pun kebanyakan bajakan.

Konon kaset yang asli mahal jadi pedagangnya malah takut ngejual, takut gak laku

Ini adalah salah satu alasan mengapa pembajakan itu tidak bisa mati di negeri ini. Bagaimana menurut kalian?

Ya karena bajakan maka kualitas dari gambar maupun keping VCD nya sendiri tidak bagus. Kemasannya sendiri dibuat dari plastik tips dan terkesan seadanya sehingga tidak sampai beberapa bulan sudah rusak.

Oh ya, pada waktu itu yang namanya video tutorial gitar tidak ada . Mungkin karena para pembajak juga tahu peminatnya langka. Tapi ini cuma dugaan saya yang tinggal di sebuah kota kecil di pedalaman Kalimantan lho bukan di kota-kota besar kayak di Jawa.

Namun kalau pun ada sekarang, kira-kira siapa yang mau beli ya? Kan sudah bisa streaming online atau download GRATIS dari youtube.




Fenomena youtube sebagai situs streaming video terbesar




Ilustrasi dari wikipedia

Siapa yang kini tidak tahu youtube? 

Balita saja sekarang konsumsinya video youtube.

Sedikit informasi bahwa Youtube kini menempati urutan kedua sebagai mesin pencari setelah google.

Kemunculan salah satu anak perusahaan milik google ini menjadikan orang beralih dari sedikit demi sedikit menggantikan posisi kaset dan VCD ke media streaming. Hal ini juga membawa perubahan sumber informasi dari yang berbasis kertas ke format digital, dari foto ke video.

Selain itu, bagi para kreator konten ini menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan sehingga produk yang ditawarkan menjadi beragam termasuk pula video-video belajar gitar dalam dengan ratusan pilihan channelnya.

Saya memanfaatkan betul media ini sebagai sumber belajar yang paling mudah di dapatkan  sekaligus paling mudah untuk dipahami.


Pengalaman tidak sengaja di Youtube


Ceritanya begini, pada suatu hari di masa ketika masih cucu cupunya, saya pergi bersama seorang teman ke warnet. Kejadiannya ketika saya masih berstatus mahasiswa baru di Jogja yang umur di bawah 17 tahun skip aja cerita ini.

Ngapain?

Saya juga tidak tahu mau ngapain, cuma di ajak aja sih.

Kebetulan saya satu biling dengan teman itu.

Kebetulan dulu di warnet biasanya ada banyak tu koleksi videonya, malah dulu banyak koleksi film b@k$*. (Mudah-mudahan sekarang di warnet sudah tidak ada koleksi-koleksi yang begini lagi.)

Kebetulan waktu itu ada ternyata menemukan salah satu video tutorialnya Joe Satriani.


Tiba-tiba teman di sebelah bilang, di sini lho kalau mau cari video. lalu dia nulis www.youtube.com. Kami tunggu cukup lama, maklum waktu itu warnet dimana-mana banyak leletnya daripada kencengnya.

Sekarang gak tahu masih lelet gak ya?

Wuih, ternyata di sana banyak videonya (ya iyalah situs video), tapi teman saya menulis lagi, "mie yabi" di kotak searchnya.

WHAT????

Singkat cerita, mulai dari situlah saya berkenalan dengan om yutup sampe akhir kayak sekarang ini.

Bagaimana meningkatkan skill bermain gitar dari menonton video di youtube?




SEARCH VIDEO GITAR DI YOUTUBE



Cari lah video di om yutub tapi jangan cari "mie Yabi" bro, karena doi gak main gitar.

Mulai dari nama-nama gitaris papan atas.

Misalnya Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert, John Petrucci, pokoknya gitaris papan atas atau gitaris favorit kalian.

Untuk belajar silahkan tambahkan kata kunci lesson, lick, tutorial, riff, atau nama teknik-tekniknya seperti arpeggio, alternate picking, legato, dll.

Contoh Paul Gilbert guitar lesson, John Petrucci alternate picking lesson atau Joe Satriani Legato.
                               
Penambahan keyword ini disesuaikan dengan apa yang ingin kalian pelajari.
Tapi rata-rata video ini disampaikan dalam bahasa Inggris. Nah kalian juga bisa mencari video lain dengan kata kunci dalam bahasa Indonesia juga.



TIPS PENTING KETIKA MENONTON



Biarpun kebanyakan tutorial berbahasa Inggris namun rata-rata steman gitarnya tetap sama. Jadi perhatikan saja jarinya dan dengarkan suara gitarnya.

Jangan juga terlalu ribet harus bawa-bawa kamus segala.

Saya juga sedikit banyak belajar bahasa inggris juga dari dari sini malah kayak setali dua uang bro, belajar gitar sekaligus belajar bahasa Inggris.

Namun, hal yang sangat penting adalah usahakan untuk tetap tenang sambil memperhatikan video tersebut sampai habis terlebih dahulu.

Maksudnya jangan terburu-buru ikut mempraktekkannya sambil memainkan gitar karena banyak dari kita sudah buru-buru untuk mempraktekkannya.

Ini keliru bro malah semakin lama proses belajarnya kecuali kalau sudah menonton video tersebut untuk kesekian kalinya.

Alasan logisnya, kita tidak mungkin menyerap sesuatu dan pada saat yang bersamaan harus mengeluarkannya. Jadi informasi dari video tersebut kita serap dulu baru kemudian kita praktekkan.

Jadi jangan makan sambil buang air atau masuk kiri langsung keluar di kanan.




LIHAT CHANNEL/PROFIL AKUN YANG MENGUNGGAH



Kalau video tutorialnya bagus dan cocok, jangan lupa untuk melihat kumpulan vidoenya yang lain di channel tersebut.
Biasanya video dengan views yang banyak biasanya juga punya video yang banyak dalam koleksinya.

Lalu check daftar putar videonya, biasanya udah digolongkan ke dalam kategori tertentu.

Enak kan, sobat tinggal periksa kamarnya ! Lho ?!!

Maksud saya kamar videonya bro !

Selain itu, lihat juga gitaris siapa aja yang ia ikuti. Kita harus kepo juga, kunjungi juga siapa tahu menarik.

Selain itu, biasanya ada juga yang menyediakan link menuju websitenya dia atau membagikan TAB gitarnya secara gratis. Kan lumayan tabulaturenya bisa kita pelajari di rumah.

Jadi kadang-kadang menonton saja sebenarnya tidaklah cukup, kita harus bisa menangkap peluang untuk mendapatkan ilmu yang lebih ya salah satunya lewat TAB atau partitur tadi bahkan mungkin bila tertarik bisa membeli produk (kalau doi jualan) atau ikut kelas online (private lesson).

BERLANGGANAN DI CHANNEL TERSEBUT



Kalau zaman dulu langganan koran saja susah, sekarang apa-apa bisa langganan dan enaknya gratis. Kalau zaman dulu, sudah langganan bayar kadang-kadang telat juga.

Dengan berlangganan atau mensubcribe channel ini, sobat bakalan tahu kau doi update video, jadi gak perlu ribet cari-cari lagi.

Tapi syaratnya apa ya?

Teman-teman harus punya akun dulu, buat saja email di gmail maka otomatis akan mendapat akun youtube bahkan sebenarnya dapat digunakan untuk login di produk google yang lain seperti blogger, google drive, google plus, dll.



Setelah itu, tinggal login ke akun kalian klik berlangganan dech.

ssstttt...

Oh ya, kalian juga bisa berlangganan di channel youtube saya.

Nah itu tadi sharing pengalaman bagaimana saya belajar gitar melalui youtube yang tentunya sangat mudah bukan !


Baca juga seri tips belajar gitar yang lain






Jika teman-teman ingin berdiskusi atau bertanya atau bahkan sharing dengan saya tentang dunia gitar, silahkan like FP Motivasi Gitar atau gabung di komunitas Belajar GitarOtodidak di Google Plus.


Jika teman-teman tidak ingin ketinggalan update terbaru dari blog Slashky Gitaris ini, silahkan masukan email kalian di kolom berlangganan. 

Saya akan mengirimkan artikel-artikel menarik lainnya melalui email teman-teman.

Sampai ketemu pada postingan saya yang lain.



Salam Slashkiss!!!

Back To Top type='text/javascript'/>