Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

8 Cara Jitu untuk Mahir Gitar Lewat Blog


8 Cara Jitu untuk Mahir Gitar Lewat Blog




8 cara jitu untuk mahir bermain gitar lewat blog ini adalah bagian dari revolusi belajar gitar secara otodidak melalui internet.

Dengan kehadiran internet, kita tidak repot-repot lagi mencari sumber belajar karena ada ribuan bahkan jutaan informasi yang bisa diakses secara gratis sehingga tidak heran kalau internet di sebut-sebut sebagai gudang ilmu.

Sumber-sumber informasi tersebut dihadirkan dengan bermacam-macam cara, baik melalui video, tulisan/jurnal, file-file gambar yang berasal dari blog atau website.

Blog dan website ini sendiri sebenarnya punya arti dan fokus yang berbeda.

Blog merupakan platform yang biasanya dikelola oleh seseorang atau sekumpulan orang yang menghadirkan informasi sesuai dengan ciri khas atau tema yang mereka ambil.

Contohnya blog Slashky Gitaris ini berfokus pada tema gitar sehingga fokusnya pada dunia gitar dan pengelolanya hanya satu orang.

Sedangkan website biasanya diperuntukkan bagi perusahaan, lembaga atau orang-orang terkenal seperti artis, aktor, penyanyi, dll.

Contoh website artis Steve Vai, Marty Friedman, dsb.

Fokus kita kali ini adalah melihat bagaimana sih blog menjadi salah satu acuan kita dalam meningkatkan kemahiran kita bermain gitar serta seperti apa langkah-langkahnya untuk mempelajarinya?


Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada pembaca semua yang sudah datang ke sini.

Kalian sangat beruntung bisa sampai ke blog ini, karena di sini saya tidak hanya menulis dan membagikan informasi namun juga mengajak pembaca semua untuk aktif melalui interaksi melalui media sosial seperti facebook, twitter dan google plus.

Seperti biasa sebelum memberikan resep, saya ingin bercerita sedikit tentang blog ini.

Sebelum saya "terjerumus" langsung di dunia blog sebagai penulis, saya adalah seorang musafir yang belajar dari blog-blog gitar yang tersebar di dunia maya.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mencari referensi, menambah wawasan dan sekaligus menambah teman terutama berkomunikasi dengan sang admin.

Dari sinilah saya mulai sedikit demi sedikit membangun pengetahuan tentang gitar, termasuk belajar teorinya karena saya sendiri seorang otodidak.

Mengapa saya memilih blog?

Ini dikarenakan tidak jarang tulisan dalam sebuah postingan merupakan buah pemikiran sang empunya blog sendiri. Saya pribadi memang menyukai gaya tulisan berdasarkan pengalaman seperti ini, jadi terkesan nyata bukan sekedar tulisan saja. Mungkin ini juga yang memotivasi saya sehingga akhirnya mempengaruhi gaya penulisan artikel di blog ini.

Sampai satu ketika, saya menemukan dan membaca sebuah blog yang memang dikelola oleh seorang gitaris. Dalam benak saya berkata, "Ternyata gitaris juga bisa jadi blogger".

Lalu saya pun mulai ikut-ikutan buat-buat artikel.

Ini tentu saja sejalan dengan minat saya yang suka menulis, walaupun waktu itu tidak pernah terpikirkan bagaimana tulisan saya akan di baca orang.

Just for fun !


Lambat laun, saya mulai berpikir bagaimana caranya menularkan pengetahuan untuk teman-teman yang lain lewat blog.

Setelah belajar ke sana kemari akhirnya sampailah blog ini seperti yang kalian lihat saat ini.

Nah, proses belajar ini ngeblog ini pun berasal dari blog lain.

Untuk sementara karena saya bukan seorang blogger full time maka posting artikel di blog ini kadang-kadang tidak terjadwal dengan baik. Namun saya usahakan untuk selalu update tulisan minimal seminggu sekali. Sekarang artikel baru akan terbit setiap rabu.


Selain berbagi ilmu, blog ini merupakan salah satu cara saya untuk mendokumentasikan cerita perjalanan belajar gitar saya sendiri.

Karena sebelumnya saya pernah merasa terbantu belajar gitar dari blog lain maka sekarang waktunya saya akan membuka bagaimana  sih rahasia belajar gitar lewat blog yang saya lakoni bahkan sampai saat ini.


Nah, berikut 8 cara yang saya gunakan selama ini ketika berkelana dari blog satu ke blog lain.



#1 Cari info tentang belajar gitar dari Google




Pertama, karena kita tidak tahu blog gitar apa yang baik dan cocok untuk kita.

Oleh karena itu, kita dapat meminta petunjuk mbah google untuk mencari kira-kira dimana ya kita bisa belajar gitar. Contohnya, kalian bisa mengetik "Belajar Gitar" di kolom pencarian google.

Maka di sana akan muncul blog-blog yang membahas tema yang berkaitan dengan belajar gitar.

Salah satu kelebihan mbah google adalah bagaimana ia bisa menempatkan blog yang menurutnya bagus berada di halaman depan pencarian.

Jadi, tak perlu diragukan lagi bahwa blog yang tampil di halaman pertama itu punya reputasi dan track record yang baik.



#2 Membaca Artikel tulisan di blog



Setelah menemukan artikel yang kiranya menarik berdasarkan judulnya di mesin pencari, yang saya lakukan tentu saja membuka dan membaca apa yang tertulis di sana.

Sebagian bisa memuaskan rasa penasaran saya sebagian lagi tidak, sehingga saya bisa beranjak ke blog yang lain.

Tapi biasanya saya tidak cukup puas dengan membaca satu artikel saja dalam satu blog. Sehingga biasanya saya secara sporadis membuka banyak tab di browser secara bersamaan.

Tapi jika di salah satu blog saya menemukan jawaban yang pas dan bagus, maka saya akan mengobrak-abrik blog itu seperti poin ketiga berikut ini.



#3 Lihat link-link yang terkait dalam postingan



Biasanya seorang blogger tidak akan membahas satu masalah dalam satu postingan artikel.

Sehingga terkadang blogger akan memberikan link ke artikel yang lain untuk membahas materi tersebut secara mendalam.

Kalau kalian perhatikan tulisan di blog ini, sering sekali ada kalimat yang berwarna biru.

Bila kalian mengklik tulisan tersebut akan terbuka artikel lain terkait dengan tulisan yang sedang di baca.

Jadi pastikan kalian tidak melewatkan poin yang ini, karena biasanya ini berhubungan dengan pembahasan saat itu.

Contoh Link terkait berwarna biru yang saya maksud.


belajar gitar, blogger, ngeblog, rahasia gitar, mahir gitar, pandai gitar, belajar gitar dari internet,
Contoh Link terkait berwarna biru




#4 Lihat Populer Post



Idealnya kita paling tidak melihat dua atau tiga artikel dalam sebuah blog untuk menilai apakah blog tersebut kualitasnya bagus atau tidak.

Cara paling mudah adalah melihat daftar populer postingannya. 

Cari tahu apa artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung dan biasanya berisi topik yang menarik.

Seperti contoh populer post dari blog ini.




belajar gitar, blogger, ngeblog, rahasia gitar, mahir gitar, pandai gitar, belajar gitar dari internet,
Lihat populer post




#5 Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar



Jika kita tertarik dengan informasi yang telah di baca, setidaknya luangkan waktu sejenak untuk meninggalkan sesuatu di kolom komentar untuk mengungkapkan rasa terima kasih karena sang penulis sudah memberikan informasi kepada kalian.

Komentar kalian sangat besar maknanya bagi yang empunya blog, karena biasanya mereka akan senang karena merasa dihargai dan yang paling penting adalah sasaran dari tulisan mereka bisa berguna bagi orang lain.

Jika kalian tidak ingin atau malu untuk menunjukkan identitas kalian, bisa menggunakan komentar dengan nama anonymous.

Jadi, tunjukkan respek atau ketertarikan kalian, terlebih jika kalian punya pertanyaan tentang materi yang sedang dibahas.

Selain itu, kalian juga bisa membaca komentar sebelumnya dan lihat apakah pertanyaan yang ingin kalian sampaikan sudah pernah di tanyakan atau belum.


Saya sendiri sering sekali mendapatkan ilmu baru dengan membaca komentar-komentar dari sebuah blog, karena biasanya komentar lebih seru dari isi artikel itu sendiri.


Saya sekarang sudah menonaktifkan komentar tersebut di blog ini karena ternyata banyak sekali yang akhirnya hanya ingin promo iklan. Jadi saya mengundang teman-teman untuk aktif di FP Motivasi Gitar di facebook atau gabung di komunitas Belajar Gitar Otodidak di G+.



#6 Berlangganan Artikel di Blog Tersebut



Sudah tidak zamannya lagi kalau berlangganan berita itu cuma lewat surat kabar.

Kini, lewat blog pun kita bisa berlangganan via email.

Hebatnya kalian bisa berlangganan secara gratis.

Apa yang kalian dapatkan?

Tentu saja artikel terbaru dari blog itu atau artikel menarik yang sudah dulu terbit tapi belum kalian baca.

Lalu apa syaratnya?

Kalian cukup memasukkan alamat email kalian ke kotak yang di sediakan. Saya yakin pasti rata-rata kalian yang menggunakan smartphone pasti memiliki alamat email.


Apakah aman kalau kita memberikan alamat email kita? 

Kalau teman-teman merasa curiga silahkan membuat akun email baru khusus untuk berlangganan di blog-blog tertentu.



#7 Hubungi admin lewat media sosial atau email



Jika kalian mau, kalian juga bisa menghubungi admin lewat media sosial atau email seperti yang telah saya singgung sebelumnya di poin #5.

Hampir dipastikan blogger punya akun media sosial dan email. Kalian bisa membangun hubungan yang lebih akrab.

Jadi jika pertanyaan kalian mungkin tidak ingin di tampilkan di blog karena mungkin ingin berdiskusi, silahkan hubungi admin dengan email atau media sosial.

Kalian juga bisa melihat fitur Contact Us pada blog.



#8 Bookmark tulisan pada blog tersebut (Update Terbaru)



Saya punya puluhan daftar bookmark blog dalam browser saya. Sebagian besar berisi halaman artikel yang menarik sehingga bila suatu saat saya lupa saya kan kembali ke situ dengan mudah.

Tips : Bookmark artikel/blog yang kalian anggap bagus untuk memudahkan kalian kembali ke sana terlebih jika artikel yang disajikan panjang sehingga ada kemungkinan akan di baca lagi.

Ada cara baru yang bisa kalian gunakan yaitu, menyimpan artikel tersebut sehingga bisa di baca secara offline atau tanpa koneksi internet. 

Silahkan kalian download aplikasi Pocket di smartphone kalian, lalu copi url artikel tersebut.

Tadda !!!

Artikel ini bisa di buka dimana saja dan kapan saja.



#9 Berkunjung kembali



Rahasia terakhir yang ingin saya bagikan adalah sering-seringlah berkunjung ke blog yang sudah kalian kunjungi.

Tidak ada larangan untuk kembali ke sana, bahkan mungkin untuk menemukan balasan dari komentar kalian atau sekedar untuk mengecek apakah ada artikel menarik yang lain.

Jangan sungkan untuk membuka artikel dari tanggal yang paling lama, atau bahkan membuka semua artikel dalam blog itu terlebih jika blog itu cuma membahas satu tema karena pada dasarnya saling berkaitan.

Bila perlu baca artikelnya dari awal sampai akhir. 

Biar greget !


Nah, sebenarnya belajar lewat website juga langkah sama hanya saja terkadang lebih banyak promo produk. Itulah salah satunya saya lebih senang belajar menggunakan blog.

Namun tidak jarang kita bisa mendapatkan TAB gitar gratis.

Kelebihan website memang terletak pada penyajian konten yang profesional karena biasanya melibatkan pekerja yang juga pro dan tentu saja biaya yang lumayan besar. 

Namun terkadang di satu sisi memiliki kekurangan karena interaksi antara sang pemiliki dan para pengunjung jarang. 

Ini masuk akal karena biasanya dengan reputasi yang besar terkadang akan susah harus membalas atau menanggapi komentar pengunjung satu-satu.

Saya pribadi biasanya menggunakan website ini untuk belajar, misalnya dari www.ultimate.com untuk mendownload TAB gitar, web yang menyediakan backingtrack gratis atau website berita besar seperti Rolling Stone, Guitar World, dll.

Sebenarnya, ini semua bertujuan untuk menambah dan mengembangkan skill kita untuk menjadi semakin mahir dalam bermain gitar.


Baca juga :





Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai ketemu di tulisan saya yang lain.


Salam Slashkiss!!!
Back To Top type='text/javascript'/>