Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Tips dan Motivasi belajar gitar bagi pemula

Tips dan Motivasi belajar gitar bagi pemula

motivasi, motivasi belajar gitar, tips,

Apa itu Motivasi ?


Pengertian motivasi menurut Wikipedia adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Motivasi dalam pengertian kontemporer dapat juga diartikan sebagai alasan seseorang untuk mencapai tujuannya. Jadi bila kita artikan motivasi belajar gitar yaitu alasan untuk mencapai tujuan untuk bisa bermain gitar.

Setiap orang pasti punya motivasi untuk bermain gitar. Saya sendiri di awal belajar gitar memiliki sebuah motivasi yaitu mengalahkan teman saya untuk bermain gitar. Motivasi itu terus tumbuh dan berkembang dalam diri saya. Motivasi itulah yang kemudian membawa saya untuk berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan.

Mengapa motivasi itu penting?


motivasi, motivasi belajar gitar, tips, Seseorang perlu sebuah dorongan yang kuat dalam dirinya agar bisa mencapai tujuannya. Motivasi itu bisa datang karena faktor dari luar yang mempengaruhi pikiran kita. Saya tidak akan mengulas panjang lebar tentang teori motivasi di  sini. Saya hanya ingin mensharingkan pengalaman pribadi bagaimana motivasi itu di bangun demi mencapai tujuan bermain gitar.

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa motivasi awal saya bermain gitar adalah untuk mengalahkan teman saya dan membuktikan diri bahwa saya juga bisa. Untuk mewujudkan itu saya berlatih dan berusaha keras, lagi dan lagi. Setiap hari dan melupakan rasa sakit pada jemari dan berjanji dalam hati untuk berhasil.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk bisa bermain gitar, salah satunya tips cara cepat mahir bermain gitar tetapi yang terpenting adalah bagaimana motivasi kita dibangun supaya kita tidak mudah menyerah. Teori gitar itu pada dasarnya dari dulu sampai sekarang tentu tidak banyak berubah. Baca juga mengikuti jejak sang maestro gitar dunia Para dewa-dewa gitar pun menggunakan teori musik yang sama. Lalu apa yang membedakan kita?

Motivasi adalah salah satunya jawabannya. Itulah kenapa motivasi awal itu penting bagi pemula bahkan seorang musisi profesional untuk tetap bergelut di dalamnya. Lalu bagaimana kita membangkitkan motivasi kita?

Tips motivasi belajar gitar


Berikut tips untuk membangkitkan motivasi Anda bermain gitar.

Cari sesuatu yang mengguncang perasaan anda

Sering kali kita merasa emosi kita sedang berkobar-kobar karena melihat atau mendengar sesuatu. Tentu saja ini sarana bagi kita untuk menyalurkan emosi kita secara benar. Biasanya hal-hal yang sering saya alami adalah ketika melihat video atau membaca profil gitaris. Hal tersebut sering membuat perasaan saya terbakar untuk berlatih lebih keras.

Jadi ketika ada sesuatu yang menguncang perasaan anda gunakanlah untuk bermain gitar. Ini tentu saja akan membantu untuk menyalurkan emosi Anda dan tentunya sangat berguna untuk membangkitkan motivasi Anda.

Punya saingan

motivasi, motivasi belajar gitar, tips, Saingan di sini berkonotasi positif, jadi tidak akan berujung pada pukul-pukulan atau jotos-jotosan. Banyak orang-orang sebaya Anda yang juga sedang mencoba belajar gitar. Ajaklah mereka bersaingan untuk membuat anda semakin bersemangat. Biasanya semangat jiwa muda kita sangat senang untuk bersaingan dengan teman-teman sebaya. Misalnya saja bersaingan untuk mempelajari sebuah lagu.

Semangat bersaing ini akan membangkitkan motivasi Anda untuk menjadi lebih baik lagi. Saat Anda  bersaingan teman sebaya atau dengan orang-orang yang mungkin lebih hebat dari Anda maka kapasitas Anda menjadi sangat diperhitungkan. 

Cara ini sama sekali tidak akan menimbulkan perselisihan tetapi sebaliknya akan sangat menyenangkan. Kenapa? Karena bila Anda bersaingan dengan orang-orang hebat dan berarti Anda juga termasuk yang hebat. Tapi perlu di ingat, jangan pernah menjadi tinggi hati dalam persaingan biarpun kenyataannya Anda lebih unggul.

Target

Penting bagi kita untuk memasang target tertentu agar usaha kita benar-benar maksimal. Misalnya saja minggu ini saya ingin bisa mempelajari lagu dari band A. Jadi secara tidak langsung memaksa kita mencapai target itu. Mungkin dalam mencapai target kita juga merasa bosan tapi karena sudah ada target yang harus dikejar maka otomatis kita diharapkan tetap fokus. Baca juga 11 tips agar tidak bosan bermain gitar. Cara ketiga ini ada baiknya digabungkan dengan tips nomor 2. 


Berjanji pada diri sendiri


motivasi, motivasi belajar gitar, tips, Ada argumen yang mengatakan bahwa mengucapkan janji itu gampang tetapi menepatinya yang susah. Kenapa kita harus berjanji pada diri sendiri? Tidak jarang kita menghadapi masa sulit dimana harus dihadapkan pada pilihan-pilihan tertentu. Misalnya saya sendiri harus kuliah di jurusan matematika padahal saya ingin sekali fokus dengan gitar. Tentu saja pilihan yang seperti ini menempatkan kita pada kondisi yang tidak mengenakkan. Berkat janji yang telah dibuat sebelumnya kita akan selalu berpegangan pada janji itu.

Tentu saja masih banyak cara-cara yang lain dalam membangkitkan motivasi untuk bermain gitar, tetapi 4 poin  di atas adalah pengalaman yang selama ini saya rasakan. Jadi mungkin ada juga punya cara lain untuk membangkitkan motivasi anda bermain gitar. Okey sampai di sini dulu sharing saya tentang tips dan motivasi belajar gitar bagi pemula



Terima kasih telah meluangkan waktu anda membaca. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Kalau Anda mempunyai pertanyaan atau kritik serta saran. Silahkan untuk meninggalkan komentar atau like fans pages Slashky Gitaris di facebook agar kita bisa berbagi bersama. 
Back To Top type='text/javascript'/>