Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

cara melatih tempo gitar menggunakan mobile metronome

cara melatih tempo gitar menggunakan mobile metronome


Salam gitaris ! Apa kabar semua? Akhirnya admin bisa menulis blog lagi setelah kesibukan dan akses internet yang terbatas sehingga blog ini untuk beberapa bulan terbengkalai. Ketika admin menulis sebuah status di fanspage Motivasi Gitar " Jangan lupa setiap latihan selalu gunakan metronome ya !" Ada beberapa teman lalu mulai melontarkan beberapa pertanyaan seperti apa itu metronome, apa kegunaannya, apa manfaatnya berlatih menggunakan metronome dan beberapa pertanyaan lain yang tentu saja masih berkaitan erat dengan proses belajar gitar. Metronome adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh bila ingin serius belajar gitar. 

Apa itu metronome?


Metronome itu adalah sebuah alat atau media yang digunakan para musisi untuk membentuk tempo permainan mereka. Sederhananya metronome berguna untuk melatih tempo permainan kita. Dalam metronome ini hanya berisi ketukan, jadi isinya hanya suara “klik-klik”. Kecepatan suara klik-klik inilah yang nantinya kita sesuaikan dengan permainan kita pada saat kita latihan.

Mengapa kita harus belajar gitar dengan metronome? Apa manfaat kita belatih menggunakan metronome?


Banyak sekali kegunaan berlatih dengan menggunakan metronome, berikut beberapa manfaatnya
1. Menjaga konsistensi permainan, agar tempo permainan tidak amburadul atau acak-acakan.
2. Belajar untuk fokus karena kita bermain sambil mendengarkan suara “klik-klik’ dari metronome.
3. Bisa menentukan cepat lambatnya suatu lagu. Kalau kita sudah terbiasa kita bisa mengira-ira dimana kita harus mengatur permainan kita.
4.    Bisa berlatih mengatur jumlah nada per ketukan.
5. Alasan yang lain bisa kalian baca pada posting "Kenapa berlatih gitar perlu metronome" baca di sini  dan "Metronome membantu menjaga irama kehidupan" baca di sini (klik link berwarna biru)

Karena metronome adalah salah satu syarat untuk kita belajar gitar, maka kita setidaknya  harus punya. Lalu masalahnya bagaimana kita mendapatkannya? Tentu kita harus mencarinya di toko musik yang besar dan lengkap.

Berapa harga Metronome?


Tergantung, admin tidak bisa mematok harga karena admin bukan penjual. Tapi dulu sewaktu admin masih di Yogyakarta, harga 1 buat metronome digital itu menyentuh angka Rp 400.000,00 untuk yang digital dan Rp 300.000an untuk yang versi biasa. Cukup mahal memang dan admin kira perbedaan harganya tidak jauh berbeda ditiap daerah. Pasti ada di antara teman-teman yang berpikiran untuk apa menghabiskan uang ratusan ribu hanya untuk sebuah alat yang Cuma mengeluarkan suara “klik-klik” aja.

Metronome alternatif


Karena metronome yang berbentuk fisik lumayan mahal, admin mencoba memberi alternatif lain yaitu dengan menggunakan aplikasi “Mobile Metronome” yang bisa teman-teman download di Google Play Store. Syaratnya cukup mudah, yaitu teman-teman harus memiliki handphone android (kalau iphone atau blackberry admin belum pernah).

Fitur apa saja yang ada dalam aplikasi “Mobile Metronome”?


1.    Tempo. Kita bisa mengatur kecepatan tempo. Sentuh tanda “+” untuk menambah tempo dan “-“ untuk mengurangi tempo.
2.    Time Signature. Fungsinya untuk mengatur birama. Birama awalnya 4/4.
3.    Beat Subdivision. Fungsinya untuk mengatur latihan kita dengan beat dengan jumlah not tertentu.
4.    Sound Pack. Fungsinya untuk mengatur suara yang keluar dari metronome. Ada 4 pilihan suara.
5.    First Beat Accent. Fungsinya bila kita ingin menandai putaran setiap birama.
6.    Beat Count. Fungsinya untuk menghitung beat/ketukannya.

Untuk lebh jelas silahkan lihat gambar berikut
berlatih gitar, menggunakan metronome, metronome, belajar gitar, tips bermain gitar,
cara melatih tempo gitar menggunakan mobile metronome


Cara menggunakan mobile metronome



Cara pengunaannya cukup mudah, teman-teman hanya tinggal memilih/menyentuh Beat Count. Lalu silahkan berlatih menggunakan metronome. Jika tertarik dengan aplikasi ini teman-teman bisa mendownlodnya pada di sini

Cara berlatih menggunakan metronome


Cara berlatih menggunakan metronome pernah admin bahas di postingan sebelumnya, jika kalian belum baca silahkan baca di sini (klik kata berwarna biru).


Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lain dan membagikan kepada teman yang lain. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Salam Sergius Leski
Back To Top type='text/javascript'/>