Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Ini dia lagu pertama kali belajar gitar



Ini dia lagu pertama kali belajar gitar



belajar gitar, belajar gitar pemula, belajar kunci gitar,
Ilustrasi

Masih ingat lagu apa yang pertama kali kalian pelajari saat belajar gitar? Masih ingat bangganya bisa bernyanyi sambil bermain gitar dengan lagu itu? Entah mengapa, hal yang pertama kali dilakukan itu selalu meninggalkan kesan yang susah dilupakan. Entah itu pacar pertama, gitar pertama, motor pertama, hari pertama masuk sekolah, pokoknya yang berlabel "pertama." Begitu juga dengan saya, ketika pertama kali belajar memainkan gitar dan mengiringi lagu untuk pertama kalinya. Masih terbayang rasanya berusaha memainkan lagu, bersusah payah memindahkan kunci yang satu ke kunci yang lain dan harus berlama-lama melantunkan syairnya karena lupa kord gitarnya, rasa perih di jari, gregetnya ingin cepat bisa dan setumpuk impian lain. Saya rasa kita teman-teman juga masih ingat dan punya pengalaman yang sama. Iya kan? Belajar lagu pertama memang memberikan suka dan duka bisa mengasyikkan sekaligus menjengkelkan. Oleh karena itu, untuk mengenang kembali masa-masa silam yang penuh perjuangan, maka kali ini saya akan cerita sedikit lagu apa yang pertama kali saya pelajari


Belajar Memainkan Kunci Gitar


Tidak terasa sudah hampir 12 tahun berlalu, sejak pertama kali saya belajar gitar. Kala itu, menyentuh gitar adalah hal yang luar biasa. Bagaimana tidak, saya tidak punya gitar dan di keluarga saya pun tidak ada yang bisa bermain musik atau bermain gitar. Kalau pun ada cuma gitar mainan dari plastik yang tentu saja tidak bisa digunakan untuk belajar.

Kebetulan saat itu, tetangga saya ada yang punya gitar. Saya memang sering main-main ke rumah mereka. Awalnya tidak ada niat untuk belajar gitar terlebih karena memang bodi gitar itu besar ukurannya bagi badan saya sehingga saya ya hanya sekedar lihat-lihat saja. Ketika timbul niat ingin belajar, tidak ada yang mengajari. Dalam artian tidak ada yang membimbing saya untuk memainkan kunci ini, kunci itu, lagu ini apa kordnya, saya hanya coba curi-curi pandang saja kalau mereka bermain gitar sambil coba mengingat bagaimana tadi mereka menekan kunci-kuncinya. Nah, nanti kalau orangnya sudah capek main gitar baru saya coba pencet-pencet senar untuk belajar beberapa bentuk kord dasar. Cuma modal ingat sama ikut-ikutan saja. 


Belajar Memainkan sebuah lagu


Setelah belajar kord, pastilah ingin mencoba bagaimana ya cara memainkan sebuah lagu. Lalu saya mulai lagi curi-curi pandang untuk melihat kira-kira lagu apa yang mudah dimainkan untuk saya pelajari. Lagu yang paling mudah untuk belajar gitar menurut saya waktu itu adalah Telat 3 Bulan miliknya band Jamrud. Lagu ini jauh sebelum boomingnya lagu Peterpan "Mimpi yang Sempurna" yang menjadi lagu sejuta umat. Mengapa lagu Jamrud ini yang menurut saya paling mudah? Alasannya sederhana sekali yaitu karena kuncinya cuma E Mayor, A Mayor dan A minor. Cuma dengan kunci itu saja saya sudah merasa hebat karena bisa memainkan sebuah lagu. Maklumlah masih anak-anak jadi bisa satu lagu lalu mulai sedikit sombong. Hehehe....


Berikut lirik lagu dan kunci gitar "Telat 3 Bulan" versi saya ketika pertama kali belajar gitar.

Intro : E A E A
E                                         A E
Malam jumat ketemu
E                                          A E
Di apotik pak mahmud
E                                          A E
Kau tersenyum tersipu
E                                      A E
Aku pura-pura malu
                   
 E                A               Am
Dan kita mulai...
 Am                                  E A
Saling Tanya jawab

E                                      A E
Malam sabtu kujemput
E                                          A E
Rok minimu menyambut
E                               A E
Kuajak kau ke laut
E                                             A E
Lihat pemandangan bagus

 E                 A    Am
Namanya laut
 Am                                         E A E
Angin pasti kuuenceng (wuuuzzz)
 E                  A       Am
Rokmu berayun...
 Am                 E Esus2 E Esus2 E
Naik turun

Reff:
E                              A                           E
Hei... Salahkah aku yang jadi mau
 E                             A 
Karena melihat isi dalam rokmu
E                                               A                     E
Hei... Kenapa kau pun mau saat kurayu
E                                    A
Dan kita langsung berguling bergerak bebas diatas pasir
E                                                   A E
Beberapa bulan 'gak ketemu
E                                          A E
Kau tampak jadi gendut
E                               A E
Lagi memilih susu
E                                       A E
Di apotik pak mahmud

E                    A  Am
Kutanya kabar...
  Am                               E
Kau malah menangis
 E              A 
Sambil berbisik...

"Aku telat 3 bulan"


Ini dia videonya !

Belajar Membaca Diagram Chord


Lalu lagu pertama kali yang saya ketahui dari membaca diagram kunci adalah lagu Dewa "Pangeran Cinta." Waktu itu, saya kebetulan ke kota untuk daftar masuk SMA. Karena penasaran saya singgah di toko buku untuk membeli buku. Secara tidak sengaja saya melihat ada jual buku kunci gitar. Sebenarnya saya sama sekali tidak mengerti bagaimana cara membaca diagram chord. Pokoknya saya beli saja bukunya karena yang saya lihat di situ ada kuncinya. Kala itu, saya sudah bisa kunci-kunci open string dan kunci gantung tahu posisinya tapi gak tahu apa namanya. 

Setelah sampai di rumah saya dengan antusias mencoba memainkan beberapa lagu. Ternyata asyik juga bisa bermain gitar dari buku lagu yang sudah ada kuncinya tanpa perlu tebak-tebak sendiri.


Belajar Melodi pertama


Sedangkan melodi yang saya pelajari pertama kali adalah intro lagu Peterpan "Mimpi yang Sempurna" itupun tidak terlalu mirip karena memang cuma mengandalkan pendengaran saja. Saya yakin banyak teman-teman yang belajar melodi secara otodidak setuju kalau melodi ini yang paling mudah dipelajari.


Belajar Melodi pertama dengan membaca tabulature


Sweet Child O Mine adalah lagu yang pelajari dengan membaca tabulature. Sebenarnya saya sudah tahu melodi ini sebelumnya, cuma saya ingin tahu saja bagaimana cara membacanya di pada tabulature
belajar gitar, belajar gitar pemula, belajar kunci gitar,
Tabulature Sweet Child O Mine


Nah itu tadi lagu pertama yang saya mainkan ketika pertama kali belajar gitar. Sangat mudah bukan? Apa lagu pertama yang kalian mainkan di gitar?

Salam Sergius Leski

Sumber ilustrasi di sini
Sumber lirik di sini


Back To Top type='text/javascript'/>