Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Tips Belajar Gitar bagi Pemula dari Steve Vai

Tips Belajar Gitar bagi Pemula dari Steve Vai

belajar gitar, belajar gitar pemula, Steve Vai, tips bermain gitar,

Beberapa waktu lalu, saya tidak sengaja membuka video-video lesson di hardisk dan menemukan sebuah video panjang yang berdurasi kurang lebih 1 jam. Video itu merupakan video lesson dari maestro gitar dunia, Steve Vai. Menurutku ini video yang sangat bagus dan sangat membantu sekali.

Video tersebut membahas banyak hal tapi untuk kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips belajar gitar bagi pemula karena bagaimana pun ini adalah dasar bagi kita untuk melangkah ke level berikutnya.

Okey, tanpa berlama-lama berikut langkah-langkah belajar gitar bagi pemula sesuai dengan arahan sang maestro.


I can


Sebuah kata yang sederhana tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa. Kata-kata seperti ini dikenal dengan istilah afirmasi. Afirmasi ini secara tidak langsung akan memberi sugesti pada diri kita untuk BISA. Steve mengatakan bahwa " you'll be suprise, how many people can get the best that one step." So, tell youself, I CAN.

Tuning


Tuning adalah hal pertama dan merupakan bagian yang sangat penting dalam bermusik khususnya gitar. Mengapa? Karena jika tidak maka selamanya kita tidak akan mendapatkan suara yang sempurna dan bila tuning dari gitar kita tidak benar menyebabkan suara yang dihasilkan sangat buruk.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu kita mendapatkan tuning yang sempurna, salah satunya dengan cara menyetem/tuning gitar dengan menggunakan gitar pro yang pernah saya tulis sebelumnya.

Chord


Nah, setelah tuning kita benar tentu saja selanjutnya berlatih kunci/chord gitar. Chord inilah yang nantinya menjadi salah satu bagian yang penting dalam sebuah lagu. Anda dapat melihat foto, tab sekaligus nama chord tersebut dalam tulisan saya 

2. Chord Tegak (Kunci Gantung/Palang)

Menurut Steve, poin penting dalam berlatih chord ini adalah bermain dengan sebuah nada-nada yang sempurna. Jadi ketika kita memainkan chord, dengarkan dengan hati-hati setiap nadanya pastikan juga bahwa jari-jari kita telah pada posisi yang benar untuk menghasilkan sebuah chord yang sempurna.

Tips : Ketika bermain chord jangan memainkan chord dengan menekan terlalu keras melainkan lakukan serileks mungkin. Ini akan membuat kita bisa mengontrol permainan kita.

Posisi Pick


Pada bagian ini, khusus untuk gitar elektrik (tidak menutup kemungkinan juga digunakan pada gitar akustik) posisi pick juga menghasilkan tone yang berbeda.

Posisi pick ini dapat kita kategorikan posisi pick memegang pick dan posisi pick pada gitar saat kita bermain.

Posisi memegang pick

Untuk posisi pick saat dipegang biasanya dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsinya yaitu memegang untuk strumming dan picking. Dua hal ini pernah saya singgung pada postingan cara memegang pick untuk bermain speed

Dibawah ini beberapa contoh memegang pick.
belajar gitar, belajar gitar pemula, Steve Vai, tips bermain gitar,

Posisi pick pada gitar

Ketika kita memetik senar tiap posisi pick kita akan menghasilkan tone yang berbeda pula. Misalnya posisi kita memetik di neck dengan posisi di atas bridge pick up menghasilkan suara yang berbeda.

Di bawah ini beberapa contoh posisi pick pada gitar.
belajar gitar, belajar gitar pemula, Steve Vai, tips bermain gitar,


Posisi Tangan Kiri 


Posisi tangan ini juga tidak kalah pentingnya karena selain memberikan kenyamanan juga memudahkan kita untuk memainkan berbagai teknik melodi pada gitar.

Lalu bagaimana posisi yang benar menurut Steve? Perhatikan Gambar di bawah ini !
belajar gitar, belajar gitar pemula, Steve Vai, tips bermain gitar,


Mendengarkan


Belajar mendengarkan adalah hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mendengarkan di sini maksudnya bukan hanya mendengarkan hal-hal dari luar tapi juga dari dalam diri sendiri kemudian mengekspresikannya.


Nah, untuk tips yang lebih lengkap silahkan lihat videonya berikut ini. (Durasi 01:05:22, ukuran file 211 MB, bahasa inggris)


Sekian dulu postingan tips belajar gitar kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa dipostingan-postingan yang berikutnya !

Back To Top type='text/javascript'/>