Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Kayu atau Pick up, Mana yang lebih penting?

Kayu atau Pick up, Mana yang lebih penting? 

pick up, body gitar, zianturi, luthier

Kemarin sore, kebetulan mau perbaiki switch gitar yang kebetulan rusak malah jadi cerita bahkan dapat ilmu sedikit. Kebetulan ketemu sekaligus bicara langsung dengan Pak Hadi, pemilik  sekaligus pembuat gitar (Luthier) di Zianturi Guitar.

Untuk kawasan Yogyakarta mungkin sudah banyak yang tahu bahkan sudah sering mampir di tempat beliau. Selain bisa untuk menawarkan jasa pembuatan gitar, di sini juga bisa mereparasi gitar. Pak Hadi sendiri termasuk orang yang cukup bersahabat dan asyik untuk diajak ngobrol bahkan disela-selanya perbincangan di selingi dengan bercanda.  

Saya sendiri sudah beberapa kali datang untuk memperbaiki gitar sekaligus tanya-tanya tentang masalah gitar atau biasanya beliau yang memberi semacam penjelasan singkat.

Kemarin saya tidak datang sendirian. Saya ditemani seorang teman, jadi ada banyak perbincangan yang terjadi, termasuk diantaranya masalah kayu dan pick up gitar. Berikut kira-kira ringkasan percakapan yang kami lakukan.

Kepuasan Konsumen


Kepuasan konsumen adalah hal yang paling diutamakan oleh beliau karena selain akan membuat konsumen royal terhadap produk juga tidak 'merepotkan' sang pembuat di kemudian hari. Merepotkan di sini maksudnya adalah konsumen tidak sering melakukan komplen atau servis dan servis lagi.

Oleh karena itu, menurut beliau kualitas kayu menjadi salah satu faktor sangat diperhatikan karena suara yang nantinya keluar tergantung dari kualitas kayu yang digunakan.


Kayu yang Bagus


Terkait dengan kayu yang bagus untuk body gitar, Pak Hadi mengatakan bahwa gitar dengan body dari kayu Mahoni atau kayu Adler. Saya sempat bertanya bagaimana body dengan body kayu Agathis? Beliau cuma ketawa dan ketika saya mengungkapkan bahwa body dengan kayu tersebut kualitasnya jelek beliau mengiyakan hal tersebut.

Saya pernah membaca di salah satu forum diskusi bahwa gitar dengan body menggunakan jenis kayu ini tidak akan menghasilkan suara yang baik walaupun sudah di ganti dengan pick up bermerek.


Ukuran Kayu


Sebenarnya pertanyaan saya adalah berapa umur kayu yang layak untuk dibuatkan gitar? Ini berdasarkan cerita seorang teman saya di facebook mengatakan bahwa gitarnya terbuat dari jenis kayu muda.

Pak Hadi menjelaskan bahwa kayu yang dianggap baik untuk membuat sebuah gitar adalah kayu yang berdiameter 80cm atau lebih. Kenyataannya menurut beliau di Indonesia banyak juga kayu yang berdiameter 50cm sudah di tebang.

Di Zianturi sendiri untuk membuat sebuah gitar menggunakan kayu dengan diameter 90cm bahkan lebih.



Pick Up yang Bagus


Dalam gitar elektrik, pick up merupakan salah satu yang spearpart gitar yang penting. Di pasaran pilihan pick ini sendiri ada banyak macam dari berbagai merek dan jenisnya. Lalu pick up apakah yang bagus?

Pertanyaan ini sebenarnya sangat susah untuk dijawab karena pada dasarnya pick up juga di dasarkan pada keperluaan sang gitaris sendiri. Jadi dalam hal ini Pak Hadi menyatakan tidak condong pada merek pick up tertentu karena bila pada dasarnya ada di kayunya sendiri bahkan beliau berani jamin bahwa dengan pick up model biasa pun dapat menghasilkan suara yang bagus.

Namun, pick up biasa cenderung memiliki beberapa kelemahan seperti daya tahan yang jauh di bawah bila dibandingkan dengan pick up yang mahal dan itu memang diakui oleh beliau. 

Kayu vs Pick Up


Sebenarnya kedua hal ini sangat berkaitan erat karena bila salah satu bagian ini kurang maka tidak akan menghasilkan suara yang kita harapkan. Pak Hadi mengatakan dalam memilih pick up jangan terlalu maniak terhadap brand atau merek tertentu tetapi lebih melihat dari kualitas kayu. Sebab sebagus apapun pick up yang akan kita gunakan bila kayunya ternyata jelek tidak akan memberi kualitas suara yang baik pula.

Nah, kira-kira itulah obrolan tentang kayu untuk body gitar yang ternyata memegang peranan penting. 

Oh ya untuk teman-teman yang ada di Yogyakarta bisa mengunjungi Zianturi  untuk reparasi atau costum gitar atau sekedar main-main bisa datang ke alamatnya di Jl. Tasura 8, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. 
Denahnya: (ambil jalur lambat) Cassa Grande ke selatan 50m, ada gapura Sanata Dharma langsung belok kanan (ke utara), kurang lebih 50m setelah masuk dari gapura ada warung angkringan (jalan kanan), kiri ada Miva. net 

Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Back To Top type='text/javascript'/>