Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara Praktis Menyetem (Tuning) gitar dengan Guitar Pro

Cara Praktis Menyetem (Tuning) gitar dengan Guitar Pro 

Halo semua, pertama kali ketika kita ingin bermain gitar pasti kita terlebih dahulu memastikan bahwa tuning/steman dari gitar yang akan kita mainkan tidak terdengar sumbang. Belajar menyetem gitar ini bisa di bilang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menyetem gitar dengan guitar pro.

Kali ini kita akan menggunakan bantuan software guitar pro, jadi yang belum punya software ini silahkan download guitar pro terlebih dahulu. Pada dasarnya, kita hanya mencocokkan suara yang ada di guitar pro dengan gitar kita


Bagaimana caranya? 

Ikuti langkahnya berikut.

Properties of the Track


Pertama-tama, kita akan menggunakan menu Properties of track pada guitar pro. Untuk masuk ke menu ini kita cukup menekan fungsi F6 pada keyboard. Maka akan tampak menu seperti pada gambar di bawah ini.

belajar gitar, belajar menyetem gitar, guitar pro 5.2,

Untuk menyetem menggunakan steman/tuning standar maka kita akan melihat urutan di atas. Urutannya adalah EADGBE, biasanya secara menu ini secara otomatis sudah menggunakan tuning standar.


Lalu bagaimana kita menyetem gitar kita?


Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa kita cuma mendengarkan kemudian menyamakan suara dari guitar pro dengan suara gitar kita.


Pertanyaannya suara yang mana yang perlu disamakan ?


Perhatikan nomor 2 pada gambar di atas ! Itu adalah icon dimana kita bisa mendengarkan masing-masing nada dari tiap senar. Khusus yang dilingkari dengan nomor 2 di atas adalah nada E senar 1. Klik icon tersebut, kemudian samakan dengan senar 1 pada gitar kita. Ingat, harus benar-benar sama !
Untuk senar yang lain, perhatikan bagian yang dikotak dengan warna hijau. Klik setiap icon di sana dan sesuaikan dengan senar pada gitar kita. Sekali lagi tugas kita adalah menyamakan nada pada gitar kita.
Tips : Putar bagian Tuning Machines pada gitar kita secara perlahan-lahan.


Tuning Drop D


Nah, bagi yang suka metal-metal mungkin akrab dengan tuning yang satu ini. Tuning drop D adalah modifikasi dari tuning standar dimana nada E pada senar 6 diturunkan 1 nada menjadi D sehingga urutannya menjadi DADGBE. 

Caranya bisa dengan memilih pada Library Tunings lalu pilih Guitar Dropped D Tuning seperti yang ditunjukkan dengan nomor 1 pada gambar di bawah.

Bila sebelumnya kita menggunakan tuning standar maka kita dapat menggunakan cara lain yang lebih simpel yaitu dengan mengklik icon panah bawah seperti yang ditunjukkan dengan nomor 2 pada gambar di bawah ini sampai nada tersebut menjadi D.


belajar gitar, belajar menyetem gitar, guitar pro 5.2,

Tips : Kita juga bisa langsung menyamakan nada  D pada senar 4.


Tuning Hendrix



Sebenarnya ini tuning diturunkan setengah dari tuning normal. Slash dan Yngwie juga menggunakan tuning ini. 



Caranya dengan memilih Guitar Tune down 1/2 step pada menu Library Tunings atau bila sebelumnya kita menggunakan tuning standar langsung mengklik tanda panah seperti yang ditunjukkan dengan nomor 2 sehingga otomatis seluruh nada menjadi turun 1/2.


belajar gitar, belajar menyetem gitar, guitar pro 5.2,


Tuning yang lain



Sebenarnya dalam guitar pro masih banyak sekali tuning-tuning yang lain yang bisa kita gunakan. Caranya dengan mengklik tanda panah pada samping  menu Library tuning seperti yang ditunjukkan dengan kotak berwarna merah pada gambar di bawah !

belajar gitar, belajar menyetem gitar, guitar pro 5.2,


Nah, cukup mudah bukan untuk belajar menyetem gitar dengan software guitar pro. Tidak hanya mudah tapi kita juga banyak pilihan untuk menggunakan tuning yang mana.

Okey, sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat.



UPDATE 16 DESEMBER 2013
BACA JUGA KUMPULAN TUNING GITAR DI SINI



UPDATE 19 APRIL 2014
BACA NEW !!! CARA PALING MUDAH MENYETEM (TUNING) DI SINI
Back To Top type='text/javascript'/>