Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

5 Hal yang Harus Kalian Pikirkan Sebelum Mulai Belajar Gitar




5 Hal yang Harus Kalian Pikirkan Sebelum Mulai Belajar Gitar

Saya sering menjumpai teman,sahabat, kenalan bahkan siswa-siswa, baik cewek ataupun cowok mengajukan pertanyaan seperti, bagaimana sih belajar gitar?  atau ajarin donk cara bermain gitar! Bermain gitar memang terlihat gampang tetapi benarkah demikian? Saya rasa jawabannya kembali pada pribadi masing-masing, mau belajar sampai mahir dengan menerima segala konsekuensinya atau cuma sekedar belajar seperti anget-anget tahi ayam, sekarang semangat besok menghilang. Belajar gitar bisa dikatakan gampang-gampang susah tergantung dari siapa yang mempelajarinya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini admin akan sharing melihat bagaimana dan apa yang harus kalian lakukan ketika ingin belajar gitar. Sebelum melangkah lebih jauh, kalian bisa membaca melihat bagaimana urutan belajar gitar bagi pemula. Tapi sebelum itu, kalian harus memikirkan dan mempertimbangkan beberapa hal yang penting yang akan saya jabarkan kali ini. Berikut beberapa hal yang perlu kalian pikirkan sebelum belajar gitar.

belajar gitar, belajar gitar pemula, tips bermain gitar,
Ilustrasi "Berpikir"



#1 Belajar gitar perlu waktu ( tidak bisa menggunakan sistem SKS)


Bila saya sebelumnya menuliskan belajar gitar dengan cepat atau beberapa artikel di blog lain yang menjanjikan kalian akan menguasai permainan gitar dalam waktu yang relatif singkat, itu SALAH. Mengapa? Karena belajar itu membutuhkan waktu, cepat tidaknya kembali ke orang yang akan menjalaninya. Bagaimana ia bisa memanfaatkan waktunya untuk belajar gitar. Jangan berharap bisa cepat menjadi master gitar kalau kalian hanya berlatih 5 menit sehari atau menggunakan sistem SKS ( Sistem Kebut Semalam). Yang terjadi malah sebaliknya, mungkin aja kalian bisa mencederai jemari kalian, bosan dan akhirnya menyerah untuk belajar gitar.


TIdak ada keberhasilan tanpa usaha dan kerja keras.



#2 Cari tips gitar yang sesuai


Di blog ini, banyak sekali tips-tips bermain gitar yang bisa kalian gunakan. Tapi yang perlu dicatat adalah tidak semua tips itu cocok dengan kalian. Ini mungkin cocok buat saya tapi tidak untuk kalian. Kalian bisa menggunakan idenya lalu mencoba mengubahnya sedikit. Ada jutaan tips belajar gitar tapi tidak semua bisa cocok. Sama seperti ketika kalian masuk ke toko baju, biarpun di sana ada ratusan merek dan model baju yang bisa kalian ambilpaling hanya beberapa karena selain masalah harga juga tergantung selera dan minat masing-masing.
Ambil yang mudah lalu terapkan !




#3 Harus bisa mengembangkan gaya permainan sendiri


Kalau kalian sudah menemukan yang menurut kalian paling baik dan cocok yang selanjutnya kalian lakukan adalah mencoba untuk menerapkannya. Saya tidak menganjurkan kalian untuk mengikuti semua instruksinya karena itu berarti saya sudah membatasi daya kreativitas yang kalian miliki. Saya yakin kalian bisa mengembangkannya sendiri. Ingat prinsip orang Jepang ATM ( Ambil Tiru Modifikasi). Bukan tidak mungkin malah kalian adalah penerusnya. Begitulah cara belajar yang sesungguhnya. 
Ingat setiap gitaris papan atas punya gaya permainan sendiri.


#4 Tidak ada kesuksesan tanpa usaha


Seperti yang sudah di singgng pada poin pertama, kesuksesan tidak datang dengan tiba-tiba. Tapi bukan berarti juga dengan usaha yang pantang menyerah kalian akan berhasil. Tidak semua teman kalian yang mahir bermain gitar jadi artis terkenal atau punya album solo sendiri. Oleh karena itu, biarpun kalian sukses dalam mempelajari gitar, itu semua tidak menjamin kalian sukses. Tapi kesuksesan selalu di ukur dari usaha yang kita lakukan. Jadi teringat kata mendiang Steve Job, "Jika saya gagal setidaknya saya sudah berusaha !" Jadi pikirkan bagaimana usaha kalian dalam bermain gitar maka kesuksesan akan mengekor di belakang kalian. 
Jadi siap-siap untuk meluangkan banyak waktu berlatih gitar !



#5 Belajar dari mana saja


Belajarlah dari banyak sumber, dari video online seperti youtube, dari jejaring sosial seperti facebook, twitter, ikut jamming, buku lagu, dari blog-blog gitar dan media pendukung yang lain. Pertanyaannya apa kalian sudah mencari sumber belajar yang baru yang membuat kalian lebih tertarik untuk belajar gitar. Tidak cukup belajar dari satu sumber, karena semakin banyak belajar akan semakin terasah skill gitar kalian.
Manfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitar kalian !

Nah, itu tadi 5 Hal yang harus kalian Pikirkan sebelum mulai belajar gitar.
sumber ilustrasi 
Back To Top type='text/javascript'/>