Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara Mudah Bermain Chord tegak atau Kunci Gantung

Cara mudah bermain chord tegak atau Kunci Gantung


Bermain Chord tegak atau Kunci Gantung ini adalah lanjutan dari belajar gitar dasar yang wajib kalian ketahui dan kuasai. Beberapa kunci seperti C minor, G minor, F minor, B mayor dan B minor atau kunci-kunci kres/mol harus dimainkan dengan kunci gantung atau kunci tegak ini. Ketika pertama kali berlatih gitar bagian ini merupakan tantangan yang cukup susah karena sering kali chord yang kita inginkan tidak berbunyi? Betul ?

Dalam belajar gitar, rasanya tidak mungkin lepas dari namanya kunci tegak atau ada juga yang mengatakan kunci gantung, kunci palang, baree chord atau power chord.

Saya juga mengalami masalah yang sama ketika pertama kali belajar chord gitar seperti ini. Jadi jangan menyerah untuk terus belajar karena pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu rahasianya.


Sebelum masuk ke tahap ini, kalian seharusnya sudah mengetahui tentang chord-chord sederhananya terlebih dahulu. 

Bila belum bacalah artikel Panduan chord dasar bagi pemula.

Okey, sebenarnya memainkan chord tegak ini tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan. 

Saya menggunakan pendekatan dengan menggunakan tabulature pada guitar pro, jadi kalau Anda belum tahu cara membaca tabulature pada guitar pro silahkan baca artikel tentang cara membaca tab guitar pro yang sudah saya ulas beberapa waktu lalu.

Mari kita mulai, ikuti langkah-langkah berikut ini

  • Mulailah dengan memainkan nada-nada pada senar 5 dan 6. Ingat hanya satu senar saja. Bila Anda masih bingung dengan nada dari setiap fret perhatikan gambar dibawah ini.

belajar chord gitar, belajar chord tegak, belajar gitar, belajar gitar pemula,


  • Setelah Anda tahu nada setiap fret, sekarang waktu membentuk chord tegaknya. Salah satunya chord F5, F#5, G5, G#5, dst. Chord ini hanya membutuhkan 2 jari untuk membentuk chordnya dan membentuk chord tegak. Umumnya menggunakan jari telunjuk di posisi atas dan jari manis atau jari kelingking di posisi bawah. Untuk chord ini nada paling atas menjadi identitas atau nama chordnya, Perhatikan gambar di bawah ini menunjukkan chord F5.

belajar chord gitar, belajar chord tegak, belajar gitar, belajar gitar pemula,

  • Sampai di sini sebenarnya kita udah mulai bisa bermain dengan leluasa untuk memainkan chord tegak tetapi kita masih melanjutkan latihan kita. Kali ini dengan menggunakan 3 jari. Sama seperti yang langkah kedua, jari telunjuk pada senar posisi atas diikuti jari manis di posisi kedua dan jari kelingking di posisi ketiga. Langkah ini merupakan pengembangan dari langkah sebelumnya. Untuk memahami perhatikan gambar berikut.


belajar chord gitar, belajar chord tegak, belajar gitar, belajar gitar pemula,




Nah, bagaimana teman-teman mudah bukan? Mungkin selama ini kita tidak melewatkan langkah pertama dan kedua sehingga suara yang keluar seperti yang diharapkan.

Penting untuk diingat adalah posisikan jari Anda dengan tepat terlebih  dulu sebab kalaupun power Anda dalam menekan chord sudah sedemikian rupa tetap saja tidak akan berbunyi sebagaimana mestinya. 

Sebaliknya bila posisinya yang tepat, dengan power yang kecil pun bisa. Itulah alasan kenapa kita memulai dengan langkah satu bermain senar 5 dan 6 terlebih dahulu. 


Posisi kunci tegak yang dipengaruhi kord open string 


Cara mudah memainkan kunci gantung/kunci tegak dapat juga dilatih dari posisi kunci open string.

Sebenarnya ada 4 kord pada kunci open string yang menentukan atau yang menjadi cikal bakal posisi kunci gantung ini, yaitu kord A mayor, A minor, E mayor dan E minor.

Selama ini kita sedikit keliru untuk memainkan keempat kunci ini dari awal.

Seperti apa posisi yang tepat? 

Silahkan lihat keempat videonya berikut ini.


Kunci A mayor






Kunci A minor 








Kunci E mayor dan Kunci E minor






Jika kalian sudah memahami dimana letak kekeliruannya selama ini, silahkan lanjutkan dengan melihat video belajar kunci gantungnya di bawah ini !



Sekian dulu untuk kali ini, semoga postingan ini bermanfaat. Sampai jumpa di postingan berikutnya ya.

Baca juga postingan yang menarik lainnya

Cara mudah belajar gitar beserta langkah-langkah belajarnya

Salam Slashkiss!!!

Back To Top type='text/javascript'/>