Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Belajar Gitar Dasar yang Mudah dan Paling Lengkap Bagi Pemula


Belajar Gitar Dasar yang Mudah dan Paling Lengkap untuk Pemula


Belajar gitar dasar yang mudah, lengkap, dan tentunya gratis itulah keinginan kita ketika mencari informasi di internet. Slogan ini juga akhirnya saya terapkan dalam blog Slashky Gitaris ini ketika pertama kali didirikan tahun 2012 silam. Blog ini saya khususkan untuk membahas dunia gitar dan sampai saat ini memiliki lebih dari 200 artikel semua materinya gratis. Materinya juga saya sesuaikan sehingga cocok bagi teman-teman yang belajar gitar secara otodidak baik gitar elektrik maupun gitar akustik bahkan bagi sebagian menganggap dirinya tidak memiliki bakat bermain gitar sekalipun.

Sebelum kita mulai, alangkah baiknya kalau kita terlebih dahulu memahami bahwa bermain gitar bisa langsung hebat dalam satu malam. Namun bukan berarti tidak dibisa dipelajari.  

Saya menantang teman-teman setelah membaca ini paling tidak dalam sebulan bisa memainkan 20 sampai 30 lagu yang mudah. Kalau tertarik, silahkan lanjutkan membaca!

Oke, modal pertama kita adalah sebuah gitar punya sendiri atau pinjaman. Kalian bisa membaca artikel tips membeli gitar bekas jika memang berminat memiliki gitar sendiri. 


#1 Mengenal bagian-bagian gitar



Sekarang kita akan mulai bagian pertama yaitu mengenal bagian-bagian gitar ! Ini agar memudahkan kita untuk membeli peralatan jika pada suatu saat gitar kita rusak !

Dari jenisnya kita bagi dua, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Bagian-bagian gitar akustik
belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, bagian-bagian gitar
http://www.guitar-skill-builder.com/images/Parts-of-an-electric-guitar-lg.jpg

Bagian-bagian gitar elektrik


belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, bagian-bagian gitar
http://gitar.co/wp-content/uploads/2016/07/Acoustic-Guitar-Parts.jpg



#2 Menyetem gitar


Sebelum kita memainkan gitar kita harus tahu dulu apakah gitar kita sudah stem atau belum supaya gitar yang kita mainkan tidak sumbang. 

Ada beberapa cara untuk menyetem gitar.

Cara menyetem/tuning tradisional adalah mencocokkan senar-senar pada gitar. 

Perhatikan gambar cara menyetem gitar di bawah ini !
belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, menyetem gitar

Berikut video menyetem gitar





Cara menyetem gitar modern

Jika bisa membeli tuner gitar, harganya beragam mulai dari 50 ribuan dengan variasi merek atau kalau kalian ingin cara yang lebih mudah lagi, tinggal download aplikasi android seperti "Tuner - Strings free" atau aplikasi tuner gitar lainnya yang banyak tersedia gratis di playstore. 

Kalian bisa bebas menggunakan cara yang mana, tapi bagi kalian yang ke depannya ingin meningkatkan feeling bermain gitar maka saya sarankan menyetem gitar menggunakan cara tradisional karena dengan cara ini akan melatih kepekaan telinga kita.



#3 Kunci-kunci Dasar Gitar


Jika tujuan kita ingin membawakan sebuah lagu, maka kita harus mengenal kunci atau kord gitar. Berikut gambar-gambar kunci-kunci gitar yang wajib kalian ketahui.

Gambar Kunci-Kunci gitar mayor

belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, kunci A mayor, kunci B mayor, kunci C mayor, kunci gitar, kord gitar, chord gitar, chord C, chord A,Chord B
belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, kunci F mayor, Kunci G mayor, Kunci E mayor, kunci D mayor, kunci gitar, kord gitar, chord gitar, chord D, chord E, chord F, chord G,


Gambar Kunci-Kunci gitar minor

belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, kunci A minor, kunci B minor, kunci Cminor, kunci gitar, kord gitar, chord gitar, chord Cm, chord Am, Chord Bm
belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, kunci D minor, kunci E minor, Kunci F minor, kunci G minorkunci gitar, kord gitar, chord gitar,chord Dm, chord Em, chord Fm, chord Gm,




Video lengkap belajar kunci gitar mayor dan minor





Kord B mayor, B minor, F minor, G minor merupakan kelompok kunci gantung/ kord tegak. 

Berikut video cara memainkan kunci gantung





atau kalian bisa membaca artikelnya belajar kunci tegak jika tidak punya koneksi internet yang stabil atau tidak punya paket internet.


Pelajari juga bentuk kord yang lain misalnya

Kord kres dan mol (misalnya F#,G# atau Bb, Ab)

Slash kord

Dominant 7 (kord dasar jazz)


atau gunakan teori chord untuk mencari jenis kord-kord yang lain

#4 Belajar lagu-lagu yang mudah


Setelah tahu dan mengenal beberapa kunci gitar, saatnya kita mencoba memainkan lagu-lagu yang mudah. Saya lebih cenderung menyarankan lagu anak-anak karena tidak hanya mudah tapi progresi dan jumlah kuncinya sedikit, bahkan ada yang hanya terdiri dari dua chord saja, misalnya lagu "Lihat Kebunku".

belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, kunci lagu lihat kebunku

Coba juga lagu mudah yang lain pada artikel berikut ini !


Saya yakin banyak teman-teman pasti masih kesulitan memindahkan kunci yang satu ke kunci yang lain dengan cepat. Misalnya kunci C ke F, atau A ke D.

Tapi tenang, saya sudah menuliskan trik posisi jari agar memudahkan kita memindahkan kord-kord gitar tersebut.

Contoh 10 lagu yang mudah untuk dipelajari





#5 Belajar Petikan Gitar dan Genjrengan


Memainkan sebuah lagu dengan gitar itu bisa dipetik atau digenjreng (strumming).
Kebanyakan mengalami kesulitan dalam memetik gitar karena harus memilih senar mana yang akan dipetik. 

Nah, coba mainkan tiap kunci di atas tadi dengan cara dipetik terlebih dahulu bukan digenjreng. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah jari-jari kita sudah berada pada posisi yang tepat. 

Jika diterapkan dalam lagu usahakan untuk belajar dari lagu yang memiliki petikan yang mudah pula

Jika kalian memainkan dengan menggunakan pick gitar cobalah mengatur posisi yang enak di jari kalian.

Baca juga belajar genjreng gitar



#6 Belajar Perpindahan/ Progresi Chord



Progresi chord atau aturan perpindahan kunci dalam lagu atau bisa juga digunakan untuk mencari nada dasar dari sebuah lagu atau jika kita mengetahui nada dasar sebuah lagu maka kita bisa menebak perpindahan kordnya kemana aja.


Perhatikan gambar di bawah ini !

belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, progresi chord, rumus kunci gitar
Biasanya begini kunci yang di awali dengan kunci C mayor biasanya akan diikuti dengan kunci F atau G, atau lebih lengkapnya

C mayor - D minor - E minor - F mayor - G mayor - A minor - B diminished

seperti contoh lagu "Lihat kebunku".

C - G

atau misalnya lagu Ungu "Demi Waktu" dengan perpindahan kuncinya

C - Am - F - G

Nah, jika kita ingin memainkan lagu ini dengan nada dasar D, maka dengan melihat gambar di atas kita akan tahu bahwa progresinya menjadi

D - Bm - G - A

Sekarang latihan mengubah nada dasar dengan chord yang lain untuk melatih pemahaman tentang progresi chord ini.




#7 Belajar senam jari



Sebenarnya senam jari ini bisa dipelajari di awal sebelum kalian belajar kunci gitar karena ini akan membantu melentur jemari kalian. Tapi karena kebanyakan dari kita lebih senang belajar kunci gitar terlebih dahulu supaya bisa memainkan beberapa lagu.
Jika kalian ingin serius belajar gitar berarti kalian harus mulai dari sini termasuk kalau ikut les privat, kalian akan diajari dari tahap ini. Logikanya begini, jika jemari kita sudah luwes maka jangankan memainkan kord, melodi pun bisa kita kuasai dengan mudah.

Contoh senam jari yang sederhana
belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, senam jari, kromatik 

atau belajar doremi (solmisasi) dengan C=do


belajar gitar, belajar gitar pemula, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar kunci gitar, kunci gitar, chord gitar, belajar gitar dasar, senam jari, solmisasi

Kalian bingung dengan TAB di atas, silahkan baca cara membaca TAB gitar untuk pemula.



#8 Membuat lagu sendiri



Jika kalian sudah menguasai 7 poin di atas, saatnya kalian mencoba menciptakan karya kalian sendiri. Kalian tidak harus bisa melodi untuk dapat menciptakan sebuah lagu. Ada beberapa faktor di antaranya suasana hati, ketekunan serta keberanian untuk berekspresi. 

Jangan malu kalau karya kalian jelek, tapi banggalah dengan apa yang telah kalian hasilkan. Bila perlu, dari situ belajar kira-kira di bagian mana yang harus diperbaiki, orang yang biasanya menilai karya orang lain dengan pandangan negatif juga bukan orang yang patut kalian jadikan panutan. 

Ingat lagu anak-anak tadi sebagian hanya terdiri dari tiga kord saja, jadi gunakan pengetahuan yang ada untuk mulai berkarya. 

Ingat "Pengetahuan itu perlu tapi eksplorasi jauh lebih penting !"



#9 Tips-tips bermain gitar tambahan




Mengatasi rasa sakit menekan kunci

Seorang teman di FP Motivasi Gitar pernah bertanya apakah jari memang terasa sakit jika pertama kali bermain gitar? Jawabannya iya. Jari akan terasa sakit dua atau tiga hari, tapi jika tetap rutin berlatih dalam satu minggu rasa sakit tersebut akan hilang.

Atau sekarang ada alat yang bisa kalian beli untuk melapisi jemari kalian, tapi berarti kalian harus mengeluarkan modal.

Mengatasi demam panggung

Jika pertama kali tampil di depan orang-orang sering kali kita merasa jantung berdebar-debar, keringat dingin, senyum terasa pahit dan akhirnya kehilangan konsentrasi alias ngeblank di atas panggung. Ini yang dinamakan demam panggung. Ada cara agar kita terhindar dari demam panggung. 

Silahkan baca, cara ampuh untuk menghindari grogi dan blank di atas panggung.
Menyamakan vokal dan gitar


Banyak juga teman-teman yang harus berjuang mencocokkan suaranya sendiri dengan kord gitarnya. Intinya suara gitarnya ke timur suara vokalnya ke barat, gak masuk. Untuk mengatasi masalah ini, saya sudah membahas secara detail pada artikel dengan judul mencocokkan suara gitar dan vokal.

Menebak kunci gitar dari sebuah lagu


Jika kalian ingin mencari atau menebak sendiri kunci dari sebuah lagu maka kalian harus memahami yang namanya progresi seperti yang telah saya jelaskan pada poin nomor 6 tadi.

Mengatasi kejenuhan bermain gitar

Tidak di pungkiri bahwa kadang kita merasa jenuh dan lelah, terlebih jika ternyata kita beranggapan bahwa tidak mengalami perubahan. Kejenuhan ini akan berujung pada rasa malas dan akhirnya akan berhenti. Oleh karena itu, saya sudah menyiapkan beberapa artikel menarik yaitu :



Jangan lupa juga untuk selalu memotivasi diri sendiri untuk terus belajar, berikut kumpulan kata motivasi yang bisa membantu kalian belajar gitar !



Itu tadi serangkaian cara-cara belajar gitar dasar yang mudah untuk diterapkan bagi teman-teman yang baru belajar gitar.

Saya percaya dalam waktu sebulan kalian pasti sudah mulai bisa memainkan paling tidak 50 lagu dengan perhitungan kalian sudah menguasai 20 lagu anak-anak yang mudah tadi di tambah 10 lagu yang kalian cari sendiri. 

Ayo sekarang coba tantang diri kalian sendiri, bisa gak?

Jika teman-teman sudah menguasai mayoritas materi pada tulisan ini, silahkan baca artikel tahap selanjutnya yaitu belajar melodi.


Okey teman-teman sekian dulu postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Salam Jreng !

Sergius Leski (author Slashky Gitaris & admin FP Motivasi Gitar)

Back To Top type='text/javascript'/>