Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

tips dasar belajar melodi bagi pemula


Tips dasar belajar melodi bagi pemula


Tips dasar belajar melodi untuk pemula ini adalah tahap lanjutan dari panduan gitar belajar gitar untuk pemula yang telah saya bahas sebelumnya. Belajar melodi seharusnya dilakukan setelah kalian menguasai dasar-dasar bermain gitar. Di sini saya akan membaginya dalam beberapa bagian, yaitu dasar melodi yang terdiri dari dasar fingering dan picking, senam jari, berlatih dengan metronome, belajar beberapa scale yang mudah dan latihan berimprovisasi

Selain itu pada artikel ini akan di bahas teknik-teknik dasar melodi yaitu bending, hammer on/pull off, tapping, dan vibrato. Juga bagaimana cara mengulik sebuah lagu dan belajar membaca tab gitar ! Juga beberapa teknik lanjutan lain seperti belajar arpeggio dan teknik sweeppicking dan tak ketinggalan video tutorialnya yang akan menambah kemudahan kalian untuk belajar.


Siapa yang tidak kenal dengan nama-nama seperti Slash (ex. Guns n Roses), Synyster Gates (Avenged Sevenfold), Paul Gilbert (ex.Mr.Big), John Petrucci (Dream Theater). Mereka adalah sedikit dari sekian banyak gitaris dengan ketenaran dan popularitas yang sudah dikenal di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi ciri khas mereka adalah solo-solo atau melodi gitarnya.

Nah, sebelum kita melihat lebih jauh tentang solo-solo gitar mereka, alangkah baiknya kita tahu dulu apa saja teknik-teknik dasar dalam bermain melodi. Pada tahap ini, saya bagi menjadi dua hal pokok yang perlu di ketahui dan dikuasai lebih dahulu. 

Fingering


Fingering atau sering juga di sebut dengan penjarian adalah hal pokok pertama yang harus dikuasai. Kenapa ini saya letakkan pertama? Alasannya adalah pada fingering inilah kita nantinya belajar memilih dan memilah nada mana saja yang ingin kita mainkan. 

Oleh karena itu, jika kita ingin bisa melodi gitar maka fingering ini merupakan salah satu yang penting dan yang wajib dipelajari sebagai dasar untuk melangkah ke tahap yang lebih tinggi. 

Percayalah, para gitaris papan atas dunia juga sampai saat ini pun masih melakukan fingering sebagai salah satu menu latihannya.


Picking


Picking merupakan pasangan dari fingering, terlebih ketika Anda memainkan musik yang menggunakan gitar elektrik. Teknik picking ini adalah teknik memetik dengan menggunakan Pick Gitar. 

Sebagai pasangan yang saling berkaitan maka kita harus menyamakan atau menyelaraskan antara keduanya. Umumnya fingering untuk jari kanan dan picking di tangan kiri (kecuali anda kidal).

Bagaimana cara melatih fingering dan Picking


Tentu ini adalah pertanyaan yang sering diajukan banyak orang di tahap ini, terlebih jika yang ingin menjadi gitaris super cepat. How do this? Bagaimana agar fingering dan picking berjalan dengan baik? 

Biasa yang paling sering kita jumpai di situs-situs yang berkaitan dengan gitar baik artikel maupun video adalah tab yang memberikan contoh fingering. Lalu bagaimana dengan melatih picking?

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa membantu Anda :

#1 Mulai dengan Warming Up


Selalu mulailah kegiatan Anda dengan warm up. Seperti olahraga pada umumnya, warm up membantu kita agar terhindar dari cedera. Selain itu, warm up membantu otot-otot agar tidak kaget dengan aktivitas yang mendadak.

Salah satu warm up yang paling sering digunakan oleh para gitaris adalah warm up menggunakan variasi dari chromatic scale.


Poin penting ketika melakukan warm up ini adalah gunakan picking dengan gaya up down dan usahakan fingering menggunakan empat jari sekaligus. Picking up down maksudnya adalah Anda melakukan picking ke arah bawah dan ke atas secara bergantiian. Percayalah saya tahu ketika pertama kali Anda melakukan picking cenderung akan memetik cuma ke arah bawah.


#2 Berlatih dengan Metronome untuk membangun speed fingering dan picking


Berlatih menggunakan Metronome adalah hal kecil tetapi sangat berguna apalagi ketika Anda ingin membangun kecepatan picking dan fingering Anda.  

Cara berlatih menggunakan metronome sebenarnya gampang-gampang susah. 

Gampangnya karena kita tinggal mengikuti ketukannya, kesulitannya terletak pada kesesuaian antara ketukan dan nada yang kita mainkan. 

Metronome membantu Anda untuk menjaga tempo agar tetap konstan.

Sudah menjadi rahasia umum bagi para dewa gitar bahwa berlatih harus dimulai dari tempo yang lambat terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk memulai dengan sesuatu yang cepat tetapi berantakan.


#3 Belajar variasi dari scale


Scale atau sering disebut skala adalah aturan terhadap jarak tertentu dari sebuah tangga nada.

Berlatih scale ini akan membantu jari-jari Anda mengenali banyak variasi-variasi fingering baru.

Untuk pemula mungkin Anda bisa belajar tentang major modes. Major modes ini tak lain dan tak bukan sebenarnya adalah tangga do re mi fa sol la si do atau ada yang menyebutnya solmisasi.

Selain major modes, kalian juga bisa mencoba beberapa scale yang mudah dan sering di pakai dalam memainkan melodi.

Ada beragam macam scale misalnya Blues Scale dan Japanese Scale.

Berikut beberapa artikel yang berhubungan dengan belajar scale yang bisa kalian kunjungi.



#4 Berlatih improvisasi


Poin terakhir ini mungkin sedikit berat bagi yang baru belajar melodi bahkan bagi yang sudah bisa sekalipun. Berlatih berimprovisasi ini akan memberikan pengalaman baru untuk menggabungkan ragam fingering dan picking yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Improvisasi juga memberi tempat agar kita bisa menjadi lebih kreatif dalam membentuk dan menciptakan nada-nada dan variasi teknik baru.

Cara yang paling ampuh untuk berlatih improvisasi ini adalah dengan menggunakan backing track. Backing track ini juga lah yang kerap digunakan acuan para gitaris dalam mengikuti kompetisi gitar online.


Sebelum mengakhiri pembahasan fingering dan picking ini ada baiknya kalian juga melihat beberapa artikel menarik berikut




Teknik-teknik dasar melodi untuk pemula


Bila sebelumnya kita sudah membahas tentang fingering dan picking, berikutnya kita akan membahas teknik dasar yang harus dikuasai Anda ketika pertama kali ingin belajar melodi. Setidaknya ada 4 teknik yang harus dikuasai terlebih dahulu.


1. Bending


Bending atau ada yang menyebutnya streaching note (steve vai) adalah teknik dimana kita menarik atau mendorong nada pada fret tertentu agar menjadi sama pada not di depannya. 

Bingung?

Jadi, misalnya kita berada di fret ke-10 dan pada kesempatan yang sama kita ingin agar nada yang terdengar berada di fret ke-12. Maka kita harus mendorong sejauh mungkin agar nada di fret ke-10 tadi sama dengan nada di fret ke-12.

Contoh lesson untuk bending 




 





2. Hammer on/Pull off

Hammer on adalah salah satu dasar teknik yang harus Anda ketahui. 

Bila sebelumnya Anda tahu bahwa dengan fingering dan picking, tiap nada harus di petik, maka pada hammer on cukup memetik nada pertama selanjutnya ketuk nada di depannya tanpa dipetik lagi. 

Sedangkan Pull off adalah kebalikan dari Hammer On, jadi bila hammer on ke arah depan maka Pull off ke arah belakang. 

Berikut contoh video untuk teknik Hammer on dan Pull of


 


3. Tapping


Ide untuk tapping adalah menyentuh atau mentap senar pada gitar. 

Tapping ini merupakan kolaborasi antara Hammer on dan Pull of dengan satu jari di tangan yang lain. 

Berikut contoh tapping

 





4. Vibrato

Vibrato sering disamakan dengan sebuah getaran tertentu. Belajar teknik vibrato cukup dengan menggerakkan jari kanan Anda ketika menekan fret tertentu sehingga membentuk sebuah getaran.


Berikut video lesson untuk vibrato







Sebenarnya masih banyak teknik-teknik yang harus dipelajari tetapi untuk langkah awal cukup keempat teknik di atas agar Anda tidak langsung bingung dan kaget.


Perhatikan baik-baik bahwa usahakan setiap melatih teknik gitar usahakan kalian berlatih menggunakan metronome.

Mengulik sebuah lagu


Kemampuan seseorang dalam bermain melodi dapat diukur dengan melihat kemahirannya dalam memainkan sebuah solo gitar. Entah itu solo gitar dari lagu-lagu band terkenal atau bisa juga solo dari gitaris terkenal.

Banyak dari kita mungkin terobsesi untuk bisa memainkan solo dari lagu tertentu. Oleh karena itu kita berusaha untuk mencari nada-nada dari melodi tersebut.


Usaha dan proses belajar untuk mencari nada melodi sebuah lagu inilah yang sering disebut dengan istilah “ngulik”.

Ngulik gitar atau proses mencari melodi gitar ini ada berbagai cara. Cara lama yang digunakan para gitaris jaman dulu adalah dengan memutar rekaman lagu tersebut berulang-ulang sampai nada melodinya ketemu. 


Sebagian lagi mencari partitur gitarnya tapi mungkin cara ini tidak begitu populer di kalangan gitaris otodidak karena membaca partitur sendiri memerlukan keahlian tersendiri.

Beruntunglah kita yang hidup di zaman sekarang karena kita bisa mengulik sebuah lagu dengan mudah.

Salah satu cara mudahnya adalah adalah dengan membaca tablature atau tab gitar.

Tablature atau tab adalah salah satu bentuk notasi musik yang akan membantu kita membaca nada seperti kita membaca not angka atau not balok pada buku pelajaran musik di sekolah.

Ada dua cara membaca tab yaitu dengan cara manual dan menggunakan guitar pro.

Jika menggunakan cara manual berarti kalian harus mengetahui lambang dan simbol-simbol yang ada di sana.  


Berikut ini contoh tab lagu Guns N' Roses "Sweet Child O' mine

belajar gitar, belajar melodi, tips bermain gitar,
Contoh Tab


Untuk membaca tab di atas. Kunjungi artikel Cara mudah membaca tab gitar 

Jika kalian memiliki perangkat komputer atau laptop di rumah kalian bisa menginstall software guitar pro.

Pada guitar pro ini, kita diberi kemudahan untuk membaca tab karena cara kerjanya mirip dengan memainkan sebuah lagu mp3. Jadi kita memainkan lagu tersebut.



Tidak hanya tab gitar saja pada software ini, satu file lagu juga bisa berisi tab dari instrument lain misalnya keyboard, bass, drum, dan beberapa instrument lain.


Berikut gambar tab lagu "Sweet Child O' Mine" dalam software guitar pro
  
belajar gitar, belajar melodi, tips bermain gitar, belajar guitar pro, guitar pro,
Tab guitar pro

 
Software ini sangat mudah digunakan. Kita hanya tinggal melihat dan mengikuti dimana senar mana yang harus di petik dan fret mana yang harus ditekan. Baca cara mudah membaca tab pada guitar pro.

Karena software ini gampang untuk digunakan, maka saya merekomendasi software ini untuk membantu kalian mengulik lagu.

Silahkan download software guitar pro.

Software ini sendiri belum bisa langsung di gunakan untuk mengulik karena kalian butuh file lagu untuk diputar di sana.

Walaupun saya katakan di atas software ini dapat memainkan lagu layaknya mp3 player, tapi file yang diputar di sini bukan dalam format mp3.

Sedangkan untuk mendownload file tab nya bisa kalian cari www.ultimateguitar.com.

Terkadang yang jadi masalah dari mengulik menggunakan tab ini adalah ketidaksesuaian antara tab dan lagu aslinya. Oleh karena itu, kalian harus mendengarkan lagu aslinya juga.

Selain itu, tidak semua lagu tersedia dalam versi guitar pro dan kebanyakan adalah lagu luar.

Belajar dari video lesson gitar


Sebelum mengakhiri postingan ini saya ingin merekomendasikan kumpulan video tutorial gitar yang diajarkan langsung oleh para dewa gitar seperti Paul Gilbert, Steve Vai, John Petrucci, Vinnie Moore, dll.

Video-video ini berisi pelajaran gitar umum. Selain itu kalian bisa melihat dan mempelajari teknik-teknik andalan mereka

Baca 11 Video Belajar melodi yang Wajib kalian tonton

Beberapa artikel belajar melodi lainnya yang bisa kalian kunjungi



Silahkan kalian juga bisa melihat beberapa teknik-teknik belajar melodi bagi pemula yang dibuat sendiri oleh admin di channel youtube di bawah ini. 

Jangan lupa untuk mendukung terus blog dan channel youtube admin untuk mensubcribenya agar kalian bisa mendapatkan video-video terbaru tentang belajar gitar.




Back To Top type='text/javascript'/>