Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Tips Bagaimana Cara ngulik Melodi Gitar Sebuah Lagu

Tips Bagaimana Cara ngulik Melodi Gitar Sebuah Lagu

belajar melodi, ngulik lagu, tips, tips bermain gitar,

Halo teman-teman, jumpa lagi. Apa kabar? Kali ini admin slashkygitaris akan berbagi bagaimana cara ngulik melodi gitar dari sebuah lagu untuk teman-teman semua. Tetapi sebelum teman-teman masuk ke tahap ini silahkan ikuti langkah belajar gitar yang sudah tersedia di halaman awal blog ini supaya tidak terkesan melompat-lompat. Kalian bisa baca dulu tips dasar belajar melodi di sini.

Sebelumnya, apakah teman-teman sudah tahu apa itu ngulik? Saya sendiri setelah sampai di Jogja sini baru kenal dan tahu istilah ngulik ini. Saya mendeskripsikan Ngulik ini sebagai suatu cara yang ditempuh dengan cara menirukan sesuatu yang sudah ada kemudian coba dibawakan kembali sama dengan versi aslinya. Jadi ketika kita bicara ngulik melodi gitar dari lagu tertentu berarti kita mencoba mencari dan mencoba berlatih agar kita bisa membawakan melodi yang sama.

Bagaimana cara ngulik melodi gitar dari sebuah lagu versi admin? Berikut beberapa langkah yang bisa kalian coba.

#1 Harus yakin


Hampir semua kegiatan harusnya dimulai dengan suatu keyakinan. Mengapa? Ini penting untuk membangun mental kita agar lebih mantap dalam melakukannya (ngulik). Percayalah kalau kita tidak yakin hasilnya pun akan setengah-setengah
Katakan, "Aku yakin, aku pasti bisa !"

#2 Sesuaikan dengan Skill


Kebanyakan orang yang belajar otodidak belajar gitar dari ngulik sedangkan orang yang berada di sekolah musik mulai dari belajar teori terlebih dahulu. Mungkin 2 hal ini terlihat bertolak belakang tetapi sebenarnya intinya sama yaitu sesuai dengan kemampuan dan skill yang dimiliki pada saat itu. Ini akan memudahkan kita untuk mengulik melodi dari lagu tersebut karena kita tinggal menerapkan teknik yang sudah kita kuasai.

Tetapi muncul pertanyaan apakah tidak sebaiknya kita menantang diri kita dengan membawa lagu dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi agar skill dan kemampuan kita bertambah? Ya, betul sekali dengan menantang diri kita sendiri secara tidak langsung dapat mengembangkan permainan kita. Tetapi cara ini harus diimbangi dengan pola latihan yang benar? Bagaimana berlatih yang benar? Silahkan baca di sini.

#3 Sering mendengarkan lagu yang akan di kulik


Cara yang tidak kalah penting adalah sesering mungkin mendengar lagu yang ingin kita kulik. Bila perlu hafalkan melodinya di dalam kepala. Cara ini tidak hanya berguna untuk mengulik tetapi juga untuk melatih feel gitar kita. Lagi-lagi, mengapa? Hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan otak kita untuk mengingat apa yang indera kita tangkap, dalam hal ini kemampuan kita mendengar dan mengingat nada dalam otak kita. Masalahnya terletak pada bagaimana kita merealisasikan atau memainkan kembali apa yang telah kita ingat. Atau sering kali kita hafal nadanya tetapi masih tidak tahu memainkannya dimana. Nah, di sinilah feel kita dilatih. Jadi melatih feel berarti merealisasikan yang kita dengar ke dalam bentuk nada yang kita mainkan.
Nah begitu juga, ketika kita sering mendengar lagu bahkan mungkin hafal dengan urutannya kita sebenarnya tinggal merealisasikannya pada gitar kita

#4 Download Tabulature


Cara paling modern saat ini adalah dengan mendownload tabulature yang banyak sekali di internet. Tabulature ini sangat membantu kita dalam mengulik lagu dan bisa dibilang cara yang cukup populer saat ini. Mengapa? Karena semua orang bisa membaca tabulature dan tidak sesusah membaca partitur gitar dalam bentuk not balok. Kalian bisa menggunakan software Guitar Pro sebagai software yang mampu membaca tabulature. Silahkan download software nya di sini dan cara membaca tabulature pada guitar pro dapat di baca pada link ini.

Tetapi catatan penting yang harus kalian ingat adalah TIDAK SEMUA TABULATURE ITU BENAR. Oleh karena itu, kita harus coba memadukan dengan cara nomor 3.

Nah, itulah beberapa tips cara ngulik melodi gitar sebuah lagu menurut versi admin slashkygitaris. Sekian dulu tips kali, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai ketemu di postingan berikutnya.
Back To Top type='text/javascript'/>