Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara melenturkan jemari saat bermain gitar

Cara melenturkan jemari saat bermain gitar


Ini adalah salah satu pertanyaan yang diajukan oleh pembaca blog slashkygitaris beberapa waktu lalu. Bagaimana sih cara melenturkan jemari saat bermain gitar? 

Dalam kasus ini, si pembaca baru memasuki tahap belajar chord. 

Walaupun demikian, saya akan mencoba membahasnya lebih luas. 

Kalian masih ingat ketika pertama kali memainkan gitar? Saat itu, untuk memindahkan jemari dari satu chord ke chord yang lain rasa susah sekali. Belum lagi belajar strummingnya. Rasanya ingin menyerah saja dan ternyata belajar gitar susah ya? Bagi yang belum menyerah bagaimana rasanya sekarang? Masih kesusahan atau malah sebaliknya? Silahkan jawab sendiri ya.

Kembali ke masalah awal. Hmm,,, melenturkan jari adalah sebuah masalah baru ketika kita ingin mencoba tahap berikutnya, apalagi ketika kita sudah mulai tahu beberapa chord open string dan mungkin beberapa bentuk power chord (kunci gantung). Rasanya ingin bisa main lagu-lagu dengan irama yang lebih cepat dan salah satu syaratnya adalah jemari kita harus lincah. Lincah identik dengan lentur alias mudah digerakan ke sana kemari. 

Lalu bagaimana caranya? Oleh karena itu, kali ini saya mencoba mensharekan cara bagaimana sih biar jemari lentur sehingga bisa lincah menari-nari di atas gitar.

#1 Warming UP (Pemanasan)


Selalu dan wajib lakukan pemanasan sebelum berlatih. Biarpun kita nantinya bermain dengan chord saja, biasakan untuk pemanasan. Ingat gitaris profesional sekalipun memerlukan pemanasan setiap kali akan berlatih.

Berikut beberapa bentuk pemanasan
  • Pijat telapak tangan kalian menuju ke arah ujung masing-masing jemari kalian.
  • Renggangkan jemari-jemari kalian dengan bantuan jemari tangan yang lain. 
  • Pijat lembut lengan serta bahu 
  • Lakukan peregangan di beberapa ruas jari dengan menarik jemari kalian satu persatu
  • Coba bermain dengan Chromatic Scale agar seluruh jemari kalian terbiasa digerakan. (Dalam beberapa kasus, jemari kaku karena ada faktor jari yang tidak dapat/belum biasa digerakan sehingga terkesan kaku)
Durasi dari pemanasan ini sendiri tergantung dari kebutuhan kalian, bisa 10 sampai 15 menit. Patokannya pun tidak harus seperti di atas, kalian bisa coba variasi lain atau mengembangkan cara kalian sendiri. Inti dari pemanasan ini sendiri sebenarnya menyiapkan otot tangan (khususnya jari) agar siap untuk digunakan. Ingat mesin saja perlu pemanasan apalagi manusia.

Kemudian mainkan coba mainkan Chromatic Scale sebagai pemanasan.

#2 Latihan Pagi Hari


Ini adalah waktu yang tepat menurut saya. Mengapa? Karena biasanya kondisi badan kita masih lemes (termasuk jari jemari) sehingga mudah untuk diarahkan. Mungkin belum ada studi khusus tentang hal ini, tetapi saya sendiri sudah menggunakan cara ini dan terbukti membawa dampak yang besar. Hal ini didukung dengan suasana pagi yang seringkali membawa hal yang positif sehingga ada semacam energi positif yang bisa digunakan untuk memotivasi diri sendiri

Tidak semua orang bisa mencoba cara ini, terlebih yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Tetapi ketika ada libur cobalah cara ini.

#3 Belajar variasi chord


Kadang-kadang sebagian dari kita lebih senang dengan bentuk yang itu-itu saja sehingga secara tidak langsung membatasi kreativitas kita sendiri. Tahu kunci C ya cuma di posisi itu-itu saja. Hmm, lama-lama bosan juga ya kalau tidak ada variasi lain. Memangnya ada? Silahkan jadi PR kalian. hehehe...

Maksud dari poin ketiga ini adalah agar kita berani mengekplorasi lebih jauh sehingga secara tidak langsung penjarian kita semakin bagus. Mengapa demikian? Menambah wawasan serta cakupan chord yang lebih luas dapat membantu jemari kita mengenali lebih banyak bentuk chord sehingga secara tidak langsung akan membuat jemari kita terbiasa untuk bergerak dari bentuk yang sederhana sampai ke bentuk yang rumit sekalipun

#4 Jemari di ikat karet


Kalau yang satu ini, sebenarnya saya dengar dari teman-teman ketika saya pertama belajar gitar dulu. Katanya dengan cara ini nantinya jari akan lebih ringan (ketika karetnya pengikat sudah dilepas). Tetapi kenyataannya saya merasa takut sendiri karena kita otomatis membuat peredaran darah kita berhenti di satu titik sehingga jemari kelihatan seperti membiru dan saya rasa cara ini tidak cocok buat saya.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba silahkan saja ikat jemari kalian dengan karet gelang dan cobalah bermain gitar. Saya pribadi tidak merekomendasikan cara ini, tetapi kalau penasaran silahkan coba sendiri ya. Resiko ditanggung sendiri.

#5 Perbanyak Latihan


Nah, biarpun kalian sudah menerapkan cara-cara ampuh di atas, hasilnya tidak akan jauh berbeda kalau jarang latihan. Bermain gitar adalah salah satu bentuk keterampilan sehingga perlu latihan yang banyak. Olahraga serta bidang-bidang kesenian yang lain pun memerlukan hal yang sama yaitu latihan yang rutin bahkan bila perlu terjadwal. Makanya tidak salah kalau saya memberi ungkapan, "Mau hebat, latihan donk !" (^_^)

Nah, itu tadi beberapa cara supaya jari kalian lentur saat bermain gitar. Cara di atas sudah saya buktikan sendiri dan silahkan sekarang kalian buktikan sendiri. Silahkan share pengalaman kalian di facebook Motivasi Gitar. Semoga bermanfaat.
Back To Top type='text/javascript'/>