Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

cara sederhana melatih teknik picking

Cara Sederhana  Melatih Teknik Picking


Cara sederhana  melatih teknik pickingKemarin saya membaca di forum facebook, ternyata  sedang ramai membicarakan teknik picking dan bagaimana cara melatihnya. Banyak komentar beragam yang  bermunculan tentu saja dengan menceritakan pengalamannya masing-masing. Dari sana saya mencoba untuk merangkum sedikit, lalu saya mencoba sharing sekaligus memperlihatkan penemuan baru tetapi sederhana pada pola latihan saya dalam berlatih picking. Di sini saya khusus akan membahas tentang picking dan bagaimana cara melatihnya.

cara sederhana, melatih teknik picking, tips, teknik picking, picking, sweep picking arpeggio, kata mutiara gitar, kata bijak gitar 

Macam-macam teknik Picking


Apa itu picking? Picking adalah salah satu teknik memetik gitar di samping teknik lain seperti strumming. Sebenarnya strumming dan picking hampir sama, hanya yang membedakannya, strumming lebih memetik secara keseluruhan atau beberapa senar sekaligus sedangkan picking cenderung memetik satu senar. Kalau bicara picking, setidaknya ada beberapa teknik picking yang digunakan yaitu downstroke, upstroke, alternate picking, sweepicking dan tremolo picking

Kalau anda lupa, baik saya akan mencoba menjelaskan satu persatu

Downstroke, biasanya di tabulature gitar sering di lambangkan dengan (v), yaitu teknik memetik senar dari arah atas ke bawah. Untuk memudahkan mengingatnya,“down”berarti turun atau ke bawah.

Upstroke, biasanya di tabulature gitar sering dilambangkan dengan (^), yaitu teknik memetik senar dari arah bawah ke atas. Untuk memudahkan mengingatnya, “up” berarti naik atau ke atas.

Alternate Picking adalah gabungan dari Downstroke-Upstroke atau sebaliknya.

Sweepicking adalah teknik  “menyapu” senar bersamaan dengan memetik senarnya sesuai dengan kosa katanya sweep yang berarti menyapu dan picking yang berarti memetik. Sweepicking bisa dimainkan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Biasanya untuk memainkan arpeggio.

Tremolo picking memetik satu nada secara berulang dengan cepat, biasanya menggunakan downstroke-upstroke atau sebaliknya


Nah sampai di sini kita sudah melihat teknik picking yang sering digunakan. 

Cara Melatih teknik Picking


Sekarang bagaimana cara melatihnya? Kira-kira adakah cara lain melatihnya? 

Cara yang paling dasar adalah dengan menggunakan kromatik scale ketika kita melakukan senam jari ketika melakukan pemanasan.


Saya punya sebuah ide dan itu sangat sederhana dan sangat sering kita lakukan tetapi mungkin saat ini mulai terlupakan. Cara yang ingin saya kenalkan adalah berlatih picking dengan Menulis. 

Menulis menurut KBBI adalah membuat huruf (angka dsb) dng pena (pensil, kapur, dsb) (2) melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dng tulisan cerita. Aktivitas menulis yang ingin saya sampaikan di sini adalah menulis manual di atas kertas.

Menulis itu dapat dilakukan dimana saja selama kita punya pulpen atau pensil dan kertas. Melakukan hal ini tentu bukan perkara yang sulit. Terlepas dari kesan orang lain terhadap tulisan kalian entah itu kualitas tulisan anda bagus atau jelek itu bukan jadi persoalan. Saya ingin mengajak kita untuk fokus pada aktivitasnya bukan pada hasilnya.

Kalau kita amati secara seksama aktivitas menulis ini mirip seperti picking dengan skala kecil. Coba amati baik-baik ketika anda menulis pasti mengandung unsur upstroke-downstroke. Percaya atau tidak itulah yang terjadi. 

Bahkan aktivitas mengarsir sendiri bisa jadi seperti aktivitas sweep picking. Sederhana sekali bukan bahkan ketika anda berada di sekolah mendengarkan guru/dosen ceramah bisa sambil melatih picking anda tanpa anda sadari. Jadi kita bisa melatih picking dengan cara lain yang mungkin selama ini belum kita ketahui.

Jangan lupa berlatih dengan menggunakan metronome biar lebih akurat. 



Nah, sampai di sini dulu yang dapat saya sharingkan. 

Terima kasih sudah membaca artikel cara sederhana  melatih teknik picking semoga  bermanfaat. 

Salam Slashkiss !

Back To Top type='text/javascript'/>