Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

12 tips menjadi gitaris sukses ala blogger

12 tips menjadi gitaris sukses ala blogger


12 tips menjadi gitaris sukses ala blogger ini terinspirasi dari kisah-kisah sukses para master blogger.

Mengapa saya mengambil tips dari blogger bukan dari gitaris top?

Alasannya adalah saya ingin menunjukkan bahwa semua keberhasilan itu faktor penentunya tidak jauh berbeda mungkin toolnya saja yang sedikit berbeda. Kunci keberhasilannya sama.

Saya yakin banyak dari kita yang ingin menjadi sukses terutama sebagai seorang gitaris.

Entah apa pun takaran suksesnya biasanya tidak lepas dari popularitas, menghasilkan banyak uang dan berhasil menjual sekian ribu produknya.

blogger sukses, gitaris terbaik, cara cepat bermain, feeling bermain gitar, blogger, tips blog, tips gitar,


Begitu juga dengan para blogger.

Para blogger juga pasti ingin meraih kesuksesan dalam dunia bloggingnya menjadi terkenal, berpenghasilan yang besar dan tak jarang didapat dari menjual produknya.

Sekilas sudah mirip ya?

Berikut perbandingannya antara gitaris sukses dan blogger sukses


Pilih Gitar dan Pilih platform


Blogger (B) : Tiap blogger juga identik dengan penggunaan platform ketika pertama kali melakukan aktivitas ngeblog. 

Ada yang menggunakan platform gratisan, ada juga yang menggunakan hosting dan domain berbayar. 

Nah, biasanya pilihan awal ini akan menjadi kecenderungan untuk menjadi aktivitas selanjutnya. 

Contohnya saya terbiasa dengan platform blogger dan tidak pandai menggunakan wordpress.

Gitaris (G): Jadi gitaris juga begitu, sering sekali dikenal dari ciri khas gitarnya. ia menggunakan merek gitar apa. 
Namun, tak jarang gitar tersebut memang sudah dipakai sejak pertama kali bermain gitar.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa gitar pertama ini akan mempengaruhi langkah seorang gitaris ke depannya. Contohnya saya lebih senang menggunakan Gibson daripada merek lain.

Kesimpulan : Pilih gitar apa yang kalian sukai, akustik atau elektrik. Ini akan jadi modal kita ke depan. Tiap gitar memiliki karakter suara yang berbeda. 

Tidak masalah beli baru atau bekas yang penting itu bisa kalian gunakan dalam waktu yang lama.



Fokus dan konsistensi


Blogger : Para blogger yang sukses fokus dan konsisten dalam menulis dan mengelola blog miliknya. Tidak harus menerbitkan artikel setiap hari, namun bisa diupdate sekali seminggu. 

Namun, untuk pemula diharapkan untuk membuat minimal 1 artikel setiap hari selama tiap bulan pertama agar mampu bersaing dengan artikel-artikel dari blog lama yang sudah duluan terbit.

Gitaris : Gitaris yang hebat juga seperti itu, memiliki fokus dan konsistensi. Ini keharusan bagi seorang gitaris baik level pemula sampai level profesional sekalipun. Kedua hal ini mengacu pada latihan kita. 

Tidak perlu duduk berjam-jam namun dilakukan seminggu sekali, namun beberapa menit namun dilakukan setiap hari itu sudah baik. 

Untuk level pemula, kita harus lebih bekerja keras lagi, berkonsentrasi pada tujuan kita. Jangan sakit sedikit lalu menyerah.

Kesimpulan : Selalu fokus dengan kegiatan saat itu, bila perlu tinggalkan hp, tv, yang sekiranya dapat mengganggu konsentrasi kita. 

Untuk selalu konsisten, cobalah membuat jadwal dengan variasi latihan setiap harinya agar kita tidak mudah jenuh. Buat rencana dalam jangka pendek apa sih yang akan kalian capai minggu ini.

Contohnya

blogger sukses, gitaris terbaik, cara cepat bermain, feeling bermain gitar, blogger, tips blog, tips gitar,
Sumber : www.guitarworld.com




Selalu berlatih untuk sabar


Blogger : Menjadi blogger sukses juga perlu kesabaran. Setidaknya perlu waktu sebulan bahkan mungkin berbulan-bulan untuk mendapatkan pengunjung tetap ke blognya. 

Oleh karena itu perlu kesabaran biarpun pengunjungnya satu dua orang namun harus tetap semangat dalam menulis. 

Blog ini sendiri setelah setahun baru mendapatkan banyak pengunjung, itupun dengan usaha dan kesabaran super.

Gitaris : Menjadi gitaris yang sukses adalah perjalanan panjang bukan hasil yang bisa di dapat dengan cara yang instan dalam waktu semalam. 
Kalian harus tahan dan melakoni belajar dari tempo yang pelan, lalu naik perlahan-lahan. 

Mulailah dari lagu yang mudah secara bertahap agar dasarnya bisa dikuasai dulu. Kalau misalnya merasa mentok silahkan break sebentar, mungkin jemari kalian butuh istirahat, lalu nanti dilanjutkan lagi.

Kesimpulan: Biarpun sekarang sudah banyak shorcut yang dapat mempercepat proses untuk mencapai tujuan kita, namun kesabaran harus tetap dilatih. Bahkan sebenarnya berlatih musik apapun dapat melatih kita untuk bisa sabar dalam menghadapi banyak tantangan.



Punya seorang idola


Blogger : Tiap blogger juga pasti punya blog favorit yang bisa dijadikan acuan dalam ia menulis. Bagaimana gaya tulisannya, mencoba tips-tips yang diberikan sampai mengembangkan sendiri metode yang tepat dalam mengembangkan blog miliknya.

Gitaris : Saya yakin tiap orang yang belajar gitar pasti juga punya gitaris favorit. Idola ini menjadi salah satu penyemangat sekaligus sumber motivasi untuk belajar, bahkan bukan tidak mungkin akhirnya meniru, mulai dari gaya, genre, gitar sampai mungkin wajahnya juga dimirip-miripin. 

Namun, para dewa gitar sendiri juga punya idolanya masing-masing baik itu sesama gitaris atau pun musisi lain.

Kesimpulan : Tiap orang pasti punya idola yang bisa membuatnya tetap bersemangat dalam berlatih dan berkarya. Idola tersebut bisa darimana saja dan kalangan apa saja.



Menciptakan sesuatu yang orisinil dan unik


Blogger: Siapa yang akan membaca tulisan hasil copy paste dari blog lain? 

Unik dan orisinil itu tidak perlu benar-benar baru, seperti artikel ini terinspirasi ketika saya menemukan tips dari blogger lain kemudian saya modifikasi sedemikian rupa sehingga berhubungan dengan dunia gitar.

Gitaris: Hal yang kadang keliru adalah meniru idolanya sampai ke melodi bahkan mungkin lagunya. 
Saya tahu menjadi orisinil dan unik itu susah namun bukan berarti tidak bisa. 

Untuk itu jangan takut untuk bereksplorasi sendiri dan menjadi sedikit aneh. Saya sendiri akhir-akhir ini sering mencoba memasukkan lick-lick etnis.

Kesimpulan : Semakin banyak berlatih, semakin cepat kita menemukan gaya kita sendiri dengan catatan lakukan latihan yang benar. 

Teman-teman bisa mencoba mengeksplorasi musik-musik nusantara dari sabang sampai merauke.



Promosi dan membangun jaringan


Blogger : Tulisan sebagus dan sebaik apapun kalau tidak dipromosikan dengan benar sampai akhir jaman juga tidak akan dibaca atau bahkan tidak diketahui orang. 

Harus kerja keras, melakukan promosi dimana-mana baik itu yang gratis lewat media sosial atau beriklan menggunakan facebook ads, dsb. 

Triknya banyak sekali silahkan googling kalau tertarik.

Gitaris : Mengapa kadang banyak gitaris yang sudah menelurkan sebuah karya tak pernah terdengar gaungnya. 
Apakah karyanya kurang bagus? Saya pikir tidak juga. 

Mungkin promosinya yang kurang, apalagi kalau hanya di facebook saja, jelas-jelas kurang. 

Saya belum pernah menemukan spanduk iklan yang berisi promosi sebuah album solo gitar. Terlalu ektrim ya? Tapi tidak ada salahnya kalau di coba kan?

Kesimpulan : Untuk mengenalkan karya kita, kita harus berjuang mengenalkan diri kita dulu. Gitaris yang punya nama juga pasti melakukan hal itu. 

Kita bukan Joe Satriani yang sudah punya jutaan fans yang siap dan rela membeli karya kita. Oleh karena itu, mengenalkan diri lewat promo itu penting sekali. 

Saya banyak sekali belajar masalah promosi ini lewat artikel blog karena memang untuk memenangkan persaingan dari sekian ribu artikel di google kita harus punya 1001 cara. 

Pakailah cara-cara ini untuk kita juga, kalau kita belum punya nama mustahil akan dilirik orang.

Jangan takut bila harus membayar jasa pengiklan kalau memang perlu dan memang ada jaminan untuk itu. Kadang-kadang promosi yang kurang tepat ini akhirnya malah membunuh kreativitas kita.

Kalau menggunakan jasa gratis kita juga harus menaati peraturaan yang ada jangan sampai malah di anggap sebagai spam atau tukang nyampah.

Q : Btw, mas karyanya mana ya?
A : Blog ini juga salah satu karya saya. Karya tidak harus berupa album kan? Tapi mudah-mudah suatu saat album saya bisa terealisasikan.

Ini salah satu lagu saya !




Berinteraksi dengan para audiens


Blogger : Blogger yang sukses biasanya berinteraksi dengan para audiensnya dengan berkirim email atau melalui media sosial. Tak jarang mereka akan menanggapi komentar-komentar yang ada di blognya.

Gitaris : Tidak banyak kan gitaris yang menjalin hubungan dengan para fans nya, mungkin karena terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk berinteraksi dengan mereka. Paling sering ya mungkin kalau jumpa fans, padahal bisa lho sebenarnya menyapa lewat media sosial. Ya walaupun tidak bisa membalas satu per satu komentar yang ada di sana.

Kesimpulan : Kita tidak pernah tahu kadang ada saja teman yang menambahkan kita di facebook, lalu menanyakan atau sharing seputar masalah gitar. Kadang saya sering juga menemui teman gitaris yang menurut saya keren tapi mungkin karena kendala waktu jadi tidak membalas chat. 

Padahal rasanya luar biasa sekali kalau bisa berkomunikasi dengan mereka. Bayangkan misalnya kita chat Paul Gibert dan dia jawab "Hello, nice to meet you!"

Bagaimana rasanya? Senangnya bukan main kan. Kita pasti dengan senang hati akan membantu besarkan namanya.


Mau dikritik dan menerima saran


Blogger : Tidak ada tulisan yang sempurna dan tidak jarang bahasa yang digunakan tidak disukai orang. 

Apalagi ketika di awal-awal, pasti banyak kesalahan di sana sini, tidak hanya konten tapi juga mungkin desain, penolakan dari para pengiklan, blog terkena sandbox, dll. 

Tak jarang juga harus dikritik habis-habisan ketika berada di forum tapi akhirnya itu semua semakin membuat mereka bisa belajar banyak.

Gitaris : Kita bukanlah makhluk yang sempurna dan harus kita sadari bahwa kadang kita tidak bisa menjadi orang yang disukai semua orang. 

Artis juga ada yang membencinya. Dulu saya juga pernah dikritik, mainnya gak sesuai tempo,kurang bersih, blabla... 
Awalnya memang susah untuk menerima, tapi akhirnya saya coba berubah sedikit demi sedikit.

Kesimpulan : Terkadang kita justru memerlukan kritikus ketimbang mengharapkan pujian karena kritik yang membangun akan membuat kita berkembang lebih baik. 

Sebenarnya yang kita hindari adalah bahasa kritik yang kadang-kadang dapat menjatuhkan mental kita. 

Namun apa pun bentuk kritik itu kalau ternyata dapat mengarahkan kita ke arah yang lebih baik mengapa tidak kita lakukan.



Memiliki sikap respek


Blogger : Tiap blogger sukses juga memiliki respek dengan saling menghargai karya orang lain dengan tidak mengcopy paste sebagus apapun karya tersebut. 

Itu bentuk respek terhadap blogger yang sudah bekerja keras membuat tulisan tersebut.

Gitaris : Belajar untuk menunjukkan respek terhadap musisi atau jenis genre lain adalah salah satu ciri dari musisi besar. 

Bagaimana orang bisa menghargai si A kalau si A tidak bisa menghargai orang lain. 

Biarpun kita dikritik habis-habisan kita tetap respek terhadap dia. 

Buktikan dengan karya jangan malah bersemangat untuk membuat pertikaian.

Kesimpulan : Apapun bentuknya, respek terhadap gitaris lain itu sangat penting. 

Biarpun kalian fanatik dengan aliran musik tertentu tapi menjelek-jelekkan genre musik lain tidak akan membuat kalian lebih baik. 

Malahan sebaliknya jangan-jangan orang juga berpikiran buruk juga terhadap kita.


Tidak pelit untuk berbagi ilmu


Blogger : Kebanyakan blogger sukses adalah dari pendapatannya sebagai pengajar di sebuah kursus yang ia bangun. 

Awalnya, terlebih dahulu ia membangun brand lewat blog membagikan ilmunya secara gratis sampai akhirnya menarik banyak orang sehingga banyak orang tertarik untuk belajar lebih banyak dari dirinya.

Gitaris : Menurut saya, gitaris yang bisa menularkan ilmunya kepada gitaris lain adalah gitaris yang sukses.

Mengapa? Karena ia sudah sukses membantu agar orang lain terpacu untuk belajar.

Memang sih bagi sebagian orang, jika dilihat dari usaha selama ini yang telah mengeluarkan banyak biaya sehingga memang pantas kalau ilmu itu tidak dibagikan secara gratis.

Tapi bagi saya pribadi ini malah menjadi berkah karena semakin banyak mendapatkan teman.

Kesimpulan : Awalnya memang kita berpikir apa yang bisa saya dapatkan kalau saya membagikan ilmu saya secara cuma-cuma padahal selama ini saya sudah menghabiskan banyak biaya untuk les, kursus bahkan mungkin sekolah musik kok akhirnya di bagikan secara gratis.

Kita tidak tahu rejeki kita, siapa tahu ada di antara orang-orang yang merasakan manfaat kita akhirnya mengundang kita ke acara tertentu kan kita di bayar. 

Itu adalah salah satu contohnya. Saya pribadi juga dulu tidak memikirkan bagaimana saya mendapatkan uang dengan menulis seperti ini tapi ternyata Tuhan memberikan jalan juga untuk saya.

Bukankah google, facebook, dan situs-situs besar lainnya memiliki tujuan membantu orang-orang di dunia ini dan lihat apa yang mereka dapat?


Open mind dan tidak berhenti belajar


Blogger : Para blogger sukses pun tak akan berhenti untuk belajar ketika mereka sudah di atas dan mendapatkan penghasilan yang besar. 

Justru mereka semakin banyak melakukan pembaharuan karena pangsa pasar dan algoritma mesin pencari dapat saja berubah sewaktu-waktu.

Blog ini sendirinjuga ternyata setelah lama tidak terutus mulai tergeser oleh blog lain yang lebih inovatif. Oleh karena itu, saya selalu mencoba belajar agar blog ini menghilang.

Gitaris : Jika kita amati semakin banyak gitaris baru yang mencuri perhatian dunia dengan gaya dan nuansa musik yang baru dan lebih bervariatif.

Mengapa ini bisa terjadi sebabnya tidak lain adalah kemauan untuk terus belajar dalam mengembangkan skillnya.

Semakin banyak referensi musik kita semakin variatif gaya musik yang kita mainkan. Saya sendiri tidak pernah berhenti untuk mencari sumber ilmu baru untuk belajar entah itu dari segi teknik maupun teori dalam bermusik.

Kesimpulan : Kita tidak harus belajar teknik yang baru setiap hari, cukup belajar variasi dan posisi kunci gitar yang baru pun sudah cukup untuk berusaha selalu berkembang. 

Dengan demikian kita akan terus belajar dan akan terus berkembang.


Tidak ada kata menyerah



blogger sukses, gitaris terbaik, cara cepat bermain, feeling bermain gitar, blogger, tips blog, tips gitar,
Blogger : Tidak semua blogger sukses berasal dari orang sukses. Mereka juga mengalami perjuangan yang panjang, bahkan sebagian ada yang tamatan SMP atau SMA saja. 

Tapi orang-orang ini tidak pernah menyerah untuk bisa ngeblog dan akhirnya sekarang bisa mendapatkan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta. 

Bahkan konon ada yang membuat ratusan blog untuk mendapatkan penghasilan yang besar. 

Luar Biasa padahal untuk membesarkan satu blog seperti ini saja bukan main susahnya !

Gitaris : Tidak banyak yang tahu bagaimana perjuangan salah satu legenda gitar Jason Becker yang terus berkarya kendati badannya lumpuh akibat penyakit ALS beberapa tahun silam. 

Atau cerita bagaimana perjuangan Yngwie yang sempat mengalami  kecelakaan mobil dan bersusah payah berjuang agar tetap terus bermain gitar. 

Masih banyak cerita lain yang memperlihatkan betapa semangat pantang menyerah itu tidak hanya dapat membawanya pada level yang lebih tinggi tapi juga dapat menginspirasi orang lain.

Kesimpulan : Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras dan semangat pantang menyerah. Apalagi menyerah sebelum mencoba. 

Sering sekali orang berkomentar saya tidak bisa, padahal mencari tahu saja belum. Orang sukses selalu melewati banyak rintangan. 

Saya malah ragu kalau ada yang sukses tanpa rintangan itu jangan-jangan  bangsa tuyul atau sejenisnya.

Nah itu tadi ulasan yang lumayan panjang tentang bagaimana caranya menjadi gitaris yang sukses jika di sejajarkan dengan keberhasilan para blogger.

Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi kita bahwa kesuksesan itu bisa terjadi di bidang mana saja namun akar dari kesuksesan itu sendiri sebenarnya sama saja. Ada ketekunan, kerja keras dan semangat pantang menyerah yang sebenarnya bukan barang baru bagi kita hanya mungkin saja eksekusinya yang sedikit berbeda.

Jika kalian punya cara yang lain, silahkan hubungi saya agar bisa ditambahkan ke dalam postingan blog ini.

Jangan lupa untuk berlangganan artikel pada blog ini. Caranya mudah, cari dan masukan alamat email kalian pada kolom seperti gambar di bawah ini



Salam Slashkiss!!!
Back To Top type='text/javascript'/>