Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Mengatasi kejenuhan Bermusik

Mengatasi kejenuhan Bermusik


Bagaimana cara mengatasi kejenuhan bermain musik? Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang mudah bosan terlebih ketika melakukan rutinitas atau aktivitas yang itu-itu saja. Tentu saja hal ini juga berlaku sama dengan kita seorang gitaris yang biarpun katanya senang dan cinta mati dengan gitar. Tidak jarang kita merasakan jenuh dengan diri kita apalagi kalau kita merasa tidak bisa berkembang baik secara mental maupun secara teknis. 

Hal ini tentu saja membuat permainan kita otomatis tidak bisa berkembang bahkan tidak sedikit yang berhenti di tengah jalan karena kebosanan ini ditambah kesibukan lain sehingga bermain gitar menjadi sesuatu yang terlupakan. Padahal seorang maestro gitar dunia, Richie Kotzen mengatakan seorang gitaris minimal berlatih 30 menit dalam sehari. Kadang untuk konsistensi dengan 15 menit setiap hari saja kita tidak bisa sehingga seringkali kejenuhan berdampak pada terabainya gitar kita di sudut ruangan, menanti untuk dijamah.


balawan, blues, bosan, gengre, hybrid picking, jazz, jenuh, Legato, Metal, musik, richie Kotzen, Rock, kata bijak gitar, kata mutiara gitar


Mungkin fenomena ini sering kita rasakan atau alami sendiri tetapi bagaimana kita bisa mengatasi hal ini. Ada banyak cara untuk membangkitkan semangat untuk bisa mengambil gitar dari peraduannya. 

Mungkin ada yang pergi ke gigs-gigs nonton live musik, ngejam bareng teman atau melihat video-video gitar di internet. 

Terserah setiap orang punya solusi untuk itu tapi di sini ada hal penting ingin saya kupas, yang mungkin selama ini tidak kita sadari.  

Tips dari gitaris hebat


Beberapa dari kita mungkin terlalu fanatik dengan jenis musik tertentu sehingga seringkali enggan membuka diri untuk jenis musik lain. Padahal kata salah satu maestro gitar kita Balawan bahwa skill bermusik tidak ada hubungannya dengan aliran musik

Untuk mencapai kemampuannya yang sekarang ini dia melalui beberapa tahap tidak serta merta dari lahir langsung bermain gitar dengan 8 jari. Kita diajak untuk mendengarkan banyak jenis-jenis musik.

Mungkin hanya sebagian dari kita yang pernah tahu bahwa Balawan pernah mengikuti festival Blues di Norwegia padahal selama ini yang kita tahu bahwa Balawan adalah maestro gitar jazz. 

Menurut Balawan awalnya dia adalah penganut Rock, Heavy Metal dan Blues. 

WOW... 

Dia melanjutkan bahwa dalam bermusik seseorang harus punya porsi untuk masing-masing jenis musik tersebut agar kita tidak mudah bosan. 

Nah, inilah mungkin salah satu yang menghambat kita selama ini. Kita lebih terpaku pada satu jenis musik dan merasa mapan di sana. Justru di luar itu kita akan menemukan banyak tantangan yang dapat menguji sejauh mana kemampuan kita dalam bermusik. 

Hal ini tentu tidak mudah.

Dengan menganggap jenis baru itu sebagai sebuah tantangan bagi kita seharusnya memberi motivasi kita untuk belajar sesuatu yang beda dari sebelumnya. 

Sekali lagi teknik itu berbeda dengan jenis musik. 

Contohnya seperti ini.

Mungkin selama ini banyak dari kita tahu bahwa legato dan hybrid picking sering dipraktekkan di jazz tetapi tidak menutup kemungkinan dimainkan di rock atau metal. 

Jadi teknik itu bisa diadopsi dari aliran mana saja. 

Semuanya nanti kembali kepada diri kita sendiri bagaimana kemampuan kita berimprovisasi. Jadi tidak selamanya kita pergi ke sungai untuk mandi bukan?


Okey, bila selama ini anda jenuh dengan musik yang anda mainkan itu-itu saja dan anda merasa mungkin tidak bisa berkembang di sana. 

Cobalah dengan sesuatu yang baru. Mungkin saja sebenarnya cocok di sana hanya anda takut untuk membuka diri. 

Jangan takut memulai siapa tahu anda tidak ingin mengakhirinya.

Jika sebelumnya saya bicara tentang Balawan dan tipsnya. Saya takut nanti dikira menjual nama gitaris dengan memberi tips seperti di atas. 

Ini saya kasi videonya, bagaimana ia menjelaskan bagaimana skill bermusik tidak ada hubungannya dengan genre musik.




 Baca juga artikel berikut ini




Nah, semoga artikel dan video yang saya sharingkan kali ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Sampai ketemu lagi di artikel saya yang lain. Jika kalian ingin berdiskusi tentang topik gitar, silahkan bergabung di FP Motivasi Gitar.

Salam Slashkiss !!!
Back To Top type='text/javascript'/>