Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

John McLaughlin dari Jazz sampai musik India


Musik adalah segalanya bagiku. Musik telah memberikan segalanya bagiku. Dan  sebagai balasannya aku harus memberikan segalanya.” (John McLaughlin)

John McLaughlin lahir pada tanggal 4 Januari 1942 di Donacaster, Yorkshire, Inggris. McLaughlin lahir dari keluarga pemusik. Ibunya seorang pemain biola dan kakak perempuan dan lelakinya adalah pemusik. Di umur 9 tahun, dia mulai mengikuti les piano. Sejak umur 11 tahun, McLaughlin mulai berlatih gitar karena terinspirasi permainan gitar Big Bill Broonzy, Muddy Waters, dan Leadbelly, musiknya dipengaruhi musik klasik, blues, dan swing. Di umur 14 tahun, dia mulai mendengarkan permainan jazz seperti Django Reinhardt, Tal Farkow, Jim Hall, dan Barney Kessel. Sejak remaja dia sudah memimpin band jazz di sekolahnya dan mempelajari musik Miles Davis dan John Coltrane. Selama enam tahun berikutnya, dia bermain untuk ragtime bersama Pete Deuchar dan Quintet Mike Carr. Di usia 21 tahun, dia pindah ke London dan bergabung dengan “Graham Bond Organization”. Di kota London inilah, John McLaughlin mulai berekperimen dengan jazz/fusion. Di tahun 1960-am, dia pergi ke Jerman dan bermain untuk band free jazz yang dipimpin oleh Gunter Hampel.
Di tahun 1969, dia menjadi anggota dari band Lifetimenya Tobi Williams. Permainan gitarnya di dalam band ini sempat memukau Miles Davis, sehingga Miles Davis tidak sungkan-sungkan mengajaknya bergabung dalam bandnya. Bersama Miles Davis, dia menghasilkan album In A Silent Way dan BitchesBrew. Di tahun 1970, dia meluncurkan album Devotion bersama Larry Young pada organ, Billy Rich pada bass, dan Buddy Milles pada drum. Album ini dipengaruhi fusion dan psychedelic yang penuh energi. Pertemuannya dengan Sri Chinmoy di tahun yang sama mengubah jalan hidupnya menjadi lebih religius dan terpengaruh budaya India yang sangat kental, terutama musiknya. Di tahun 1971, dia merilis album yang berjudul My Goal’s Beyond. Di dalam album ini, dia mulai berani mengeksplorasi musik India dengan gitar akusitik seperti lagu Peace Two.

Setelah itu, dia mendirikan grup band yang bernama The Mahavishnu Orchestra bersama Jerry Goodman pada biola (kemudian digantikan Jean-Luc Ponty), Jan Hammer pada keyboard (Kemudian digantiakn Gayle Morgan dan Stu Golberg), sebagi pencabik bass Rick Laird (kemudian digantikan Ralphe Cobham). The Mahavishnu Orchestra telah menghasilkan tiga album yang fenomenal: The Inner Mounting Flame, Birds of Fire, dan Between Nothingless dan Eternity. Group band The Mahavishnu Orchestra ini menjadi suatu perintis dari petualangan yang selamanya menghancurkan batas antara musik rock dan jazz, sementara itu John McLaughlin juga mengeksplorasi dengan motif bergaya musik India. Di tahun 1973, John McLaughlin berkolaborasi dengan Carlos santana dalam albm Love Devotion Surrender. Dalam album ini, mereka berdua memainkan komposisi Coltrane yang berjudul “A Love Supreme”.
Permainan akustiknya menemukan puncak kesempurnaan saat mendirikan grup Shakti bersama L.Shankar(biola), Zakir Hussain (tabla), Thetakudi Harihara Vinayakram (ghatam), dan Ramnad Raghavan (mringdangam). John McLaughlin adalah orang barat pertama yang memainkan musik India di hadapan penonton India. Sound gitar akustiknya dari steel buatan Luthier Abe Wechter dan Gibson terdengar seperti suara sitar. Rahasianya adalah cara menalikan dua string di lubang gitar, sehingga menghasilkan bunyi yang mirip sekali dengan sitar India.
John McLaughlin bekerjasama dengan Paco De Lucia dan Larry Coryell (kemudian digantikan oleh Al Di Meola) untuk membentuk grup Guitar Trio yang cukup menghebohkan bagi jagat musik baik rock amupun jazz, khususnya untuk para gitaris. Selama tahun 80-an, dia meninggalkan gitar elektrik dan menghabiskan waktunya untuk memperluas cakrawala gitar akustik. Dia juga membentuk band trio bersama Kai Eckhardt sebagai basis dan Trilok Gurtu pada perkusi. Trio ini menghasilkan dua album : Live at The Royal Festival Hall dan Que Alegria. Pada tahun 1986, album the Promise menyuguhkan bakatnya yang luas dari jazz tradisional sampai musik akustik menuju heavy rock fusion dan gitar synth. Dia juga bermain bersama orkestra Los Angeles Philharmonic (1986) dan London Symphony Orchestra yang menegaskan posisinya sebagi composer-arranger yang sangat hebat. Di tahun 2003, Jihn McLaughlin menghasilkan album Thieves and Poets yang dipengaruhi gitar klassik dan jazz standar. Dalam album Industri Zen (2006), dia mulai memperluas cakrawala tehniknya dengan mengeksplorasi gitar synth.
Dengan mengabaikan suara indah dan bening dari suara gitar bolong seperti kebanyakan pemain jazz lainnya, McLaughlin membawa musik rock yang liar dengan kejeniusannya, bunyi distorsi, dan kecepatannya yang berani dan ganas di fretboardnya, nada yang di bending secara berlebihan mempunyai kesamaan dengan jeritan blues seperti Buddy Guy daripada pemain jazz tradisional.

Alat : Rex Bouge double neck elektrik, Custom buatan akustik Abe Wechter
Lagiu Penting : “Reimcarnation”, dari John McLaughlin-Que Alegria (Verve,1991)
Album Klasik: Mahavishnu Orchestra-Inner Mounting Flame (Columbia,1971)

Sumber: Buku “Dewa-Dewa Gitar” Karya D.Rush


Back To Top type='text/javascript'/>