Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

40 Teknik Gitar untuk kamu yang belajar melodi

40 Teknik Gitar untuk kamu yang belajar melodi



Apakah kamu bermimpi menjadi lead gitar atau menjadi gitaris melodi

Atau

Kamu sekarang sedang dalam proses belajar melod ?

Kali ini saya mensharingkan beberapa teknik gitar yang akan membuat melodi kamu terlihat memukau dan tentu saja kamu akan memiliki banyak perbendaraan teknik yang bisa diterapkan dalam membuat solo gitar di kemudian hari.

Tentu saja beberapa teknik ini sudah pernah saya bahas di postingan-postingan saya yang lalu.

Baca : Tips dasar belajar melodi

Di akhir postingan ini kalian akan melihat bagaimana semua teknik ini digunakan dalam satu solo gitar sehingga bisa kalian coba ikuti sebelum akhirnya nanti kalian coba buat versi kalian sendiri.

Di antara teknik-teknik berikut ada juga teknik yang digunakan pada solo tingkat advanced (mahir) bagi kalian yang sedang mencari referensi atau memperdalam ilmu melodi ini.

Ya, teknik ini jika digabungkan dengan kemampuan kita mengeksplorasi scale akan semakin menambah warna dan variasi di tiap lagu.

Teknik gitar ini ibarat trik sulap yang wajib dikuasai oleh tiap gitaris.

Oh ya, teknik ini juga bisa diterapkan pada gitar akustik juga, jadi melulu pada gitar elektrik saja.

Nah berikut teknik gitar yang bisa kalian pelajari !

Hammer-on


Hammer-on dan Pull-off adalah teknik salah satu teknik dasar yang wajib kamu kuasai dalam dunia melodi gitar. Hammer on adalah teknik merubah nada menggunakan perpindahan jari misalnya telunjuk ke jari tengah dengan mentap atau menekan ke fret di depan. Misalnya dari fret 5 ke fret 6.

Perhatikan TAB contoh hammer-on di bawah ini



Pull-off


Pull-off adalah kebalikan dari hammer-on karena jika tadi kita memajukan jari ke fret di depannya maka pull-off  kita menarik dari depan ke belakang. 

Untuk memahaminya perhatikan TAB berikut

Alternate Picking


Hampir semua shredder pasti menggunakan teknik Alternate picking ini, sebut saja Paul Gilbert, John Petrucci, Michael Angelo Batio, dan masih banyak lagi. Teknik alternate picking ini adalah gabungan teknik hammer on dan pull off yang dimainkan dengan kecepatan tinggi.


Strumming


Teknik strumming atau genjreng adalah salah satu teknik yang wajib dikuasai karena tidak hanya berfungsi sebagai ritem tapi juga dalam pengembangannya digunakan sebagai ciri khas dari genre tertentu. Misalnya Reggae, Jazz, Fusion, Funk, dll.


Natural Harmonik


Teknik natural harmonik adalah teknik dimana kita memainkan sebuah senar dengan cara menyentuh senar tanpa menekan senar tersebut. Contoh gitar yang menggunakan teknik ini adalah intro lagu Slank ‘Lembah Baliem”


teknik gitar, teknik melodi, play melody, belajar arpeggio, belajar melodi, guitar techniques, alternate picking, sweep picking arpeggio, natural harmonik

Artificial Harmonik


Pernah mendengar lagu Deep Purple ‘Sometimes I Feel Like Screaming’ ? Nah lagu ini melodinya menggunakan teknik Artificial Harmonik. 
Teknik Artificial Harmonik ini kurang lebih seperti ‘tapping palsu’ karena sebenarnya senar tersebut kita petik namun sekaligus juga menggunakan teknik harmonik.

Fingering


Tidak hanya untuk memainkan gitar klasik saja, pemain gitar elektrik pun wajib belajar teknik fingering ini.


Octave Playing


Teknik Octave Playing ini sebenarnya adalah bentuk pengembangan dari kunci gantung yang divariasikan menjadi melodi. Intro lagu Simple Plan ‘Perfect’ adalah salah satu contohnya.


teknik gitar, teknik melodi, play melody, belajar arpeggio, belajar melodi, guitar techniques, alternate picking, sweep picking arpeggio, octave playing

Legato


Teknik legato adalah gabungan dari teknik harmmer-on dan pull-off (flick off). Di teknik ini kita hanya perlu memetik satu kali namun kita bisa memainkan beberapa nada pada senar tersebut.


Strict Legato


Bagi yang pernah melihat Joe Satriani pasti sudah akrab dengan teknik ini walaupun mungkin sebagian ada yang belum tahu kalau nama teknik ini Strict Legato.

teknik gitar, teknik melodi, play melody, belajar arpeggio, belajar melodi, guitar techniques, alternate picking, sweep picking arpeggio, strict legato

Pre-bending


Bending

Bending adalah teknik dimana kita mendorong senar di fret tertentu untuk mendapatkan nada pada 1,2,3 bahkan 4 fret setelahnya. Jadi misalnya saya memainkan nada A di senar 1 pada fret 17. Lalu saya bending sehingga mendapatkan nada B di fret 19 namun tetap pada posisinya di fret 17. Jadi senar tersebut saya dorong ke atas hingga nadanya sama dengan nada di fret 19.

Micro bending


Teknik micro bending ini lazim kita dapati kalau kita mendengar lagu-lagu tipikal timur tengah. Ya disebut micro bending karena tekniknya menggunakan bending yang cepat.

Thumb thang

Thumb thang adalah teknik memainkan menggunakan jari jempol untuk memetik senar gitar untuk menciptakan nada-nadanya.

teknik gitar, teknik melodi, play melody, belajar arpeggio, belajar melodi, guitar techniques, alternate picking, sweep picking arpeggio, thumb thang

Double Stops


Gunakan dua jari sekaligus untuk

Vertical vibrato


Mainkan vibrato dengan arah vertikal

Horizontal vibrato


Mainkan vibrato dengan arah horizontal

Circular vibrato


Sering atau pernah nggak kalian mengamati jari Steve Vai ketika memainkan nada vibrato? Gerakannya cenderung seperti memutar di fret yang ia tekan. Nah itulah yang dinamakan Circular Vibrato.

Wild Vibrato


Mainkan secara ‘liar’ vibratonya.

One hand tapping


Namanya juga tapping satu tangan (One hand tapping) berarti kalian hanya memainkan dengan menggunakan satu tangan. Biasanya banyak bermain di senar satu.


Two hand tapping


Pernah mendengar solo Eruption nya Van Halen, konon solo ini menjadi salah satu hit karena penggunaan teknik ini. Tapi sekarang banyak sekali solo yang menggunakan teknik ini.

Sweep picking


Mungkin teknik satu ini tidak lagi asing bagi teman-teman yang menyukai aliran neoclasical. Nama-nama seperti Yngwie, Jason Becker, Vinnie Moore, Jeff Loomis, menggunakan teknik ini sebagai teknik wajib di setiap solo gitarnya.


Scrathing & Muting


Nah ini bagi yang suka musik funk harus belajar ini. Agak susah untuk saya membahasakannya ke dalam kalimat, ntar cek aja di videonya

Slapping & Popping


Dua teknik ini seperti pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Ya teknik Slap (tangan kanan) untuk ‘memukul’ senar dan dipadukan dengan teknik Popping untuk ‘membuka dan menutup’ senar yang kita slap tadi.

Banjo Rolling


Yang tertarik belajar musik country ada baiknya belajar teknik satu ini, namanya banjo rolling ini hampir mirip dengan chicken picking sih bahkan saya agak bingung membedakannya dengan chicken picking

Chicken Pickin’


Volume Swell


Masih ingat solo lagu Canon yang di aransemen Jerry C, nah bagian slow nya ada menggunakan teknik ini. Atau Om Yngwie master banget untuk mainin volume swell ini


Tremolo picking


Tremolo picking adalah teknik yang memainkan sebuah nada pada satu senar dengan teknik updown berkecepatan tinggi. Teknik trill ini dipengaruhi oleh cara kita memegang pick (untuk gitar elektrik).

Slide


Slide berarti menyeret-nyeret nada biasanya ke arah fret yang lebih tinggi. Biasanya slide ini dimainkan tanpa memetik atau hanya sekali-kali memetik senarnya

Downstrocking


Jika kalian penggemar musik thrash seperti Metallica berarti kalian harus mempelajari teknik satu ini. Bahkan hampir semua ritem metal dan rock menggunakan teknik downstroke hanya saja mungkin kadarnya berbeda di setiap genrenya.

Palm multing


Teknik ini dimainkan dengan ‘sedikit’ menekan telapak tangan di dekat bridge gitar untuk menghasilkan suara downstroke yang lebih tebal.

Pinch Harmonic


Biasanya dipakai oleh gitaris rock dan metal untuk menghasilkan nada melengking di fret rendah atau bisa juga digunakan di semua posisi.
Di akhir solo pertengahan ‘Seize The Day’ Avenged Sevenfold, itu menggunakan pinch harmonic ini.

Tapped Harmonic


Jika kita melihat sepintas, mungkin kita akan menduga bahwa memainkan teknik ini harus mentap hingga ke fretboard gitar. Tapi sebenarnya teknik ini hanya menyentuh sedikit saja senar gitarnya, suaranya menyesuaikan harmoni dari nada harmoninya. Jadi misalnya kita memainkan di nada C rendah maka kita menyentuhnya di nada C tinggi.

Swicth toggling


Teknik ini paling gampang kok, tinggal mainkan switch control di gitar elektrik kalian. Setahu saya Buckethead sering banget mainin swicth ini.

G.Howe Style Vibrato


Vibrato yang satu ini dimainkan lebih ‘liar’ lagi dari pada wild vibrato karena kadang melibatkan satu atau lebih fret gitar. Yang kenal G.Howe pasti tahu seperti apa ia memainkan vibratonya sampai akhirnya ia memiliki style legato sendiri


Whammy Bar Bending


Kalau kalian ngefans Steve Vai pasti kalian amat sangat sering melihat beliau memainkan teknik satu ini. Selain Steve, Synyster Gates juga banyak memainkan teknik ini di solo atau sela-sela konser mereka.

Hybrid picking



Hybrid picking ini, saya rasa kurang lebih mirip dengan chicken picking. Sulit membedakannya namun biasanya hybrid picking ini sering digunakan oleh para gitaris fusion.


String Skipping


Sesuai namanya String Skipping berarti bermain dengan melewati atau melompati string.

Postingan lebih lengkap bisa kalian baca pada Belajar teknik string skipping.

Berikut videonya agar memudahkan kalian berlatih atau paling tidak melihat sekilas dulu bagaimana cara memainkan.





sekian dulu pembahasan kali ini

Share jika kalian merasa artikel ini menarik dan bermanfaat.

Thanks, 

Salam Slashkiss !!! 
Back To Top type='text/javascript'/>