Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Bagaimana Belajar Scale tanpa "MIKIR" ?

Bagaimana Belajar Scale tanpa "MIKIR" ?




What is a good way to practice the scale? Focus, relax mind, probably the best way to practise anything is do not actually think. Don't think about you doing, one thing that I find more and more that the key to good practising and developing a comfort  any ... what you playing no matter what it is. Do not try, don't think damn so much.

Kira-kira begitulah penggalan kalimat pembuka dari Bumblefoot pada video lesson gitarnya kali ini. Apa itu scale gitar dan bagaimana cara memainkannya adalah topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan oleh para gitaris. Pertanyaan lain yang sering muncul dan sering mengisi inbox saya adalah bagaimana ya belajar scale? Atau ada lagi yang bingung kalau melodi di kunci ini harus pakai scale apa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pada artikel kali ini saya ingin mensharingkan salah satu video keren dari seorang master gitar Ron "Bumblefoot" Thal yang bersedia berbagi ilmu dengan kita tentang bagaimana ia berlatih scale tanpa mikir. Wuih, kayaknya keren ya?








Focus & Relax Mind

Fokus dan rileks bisa jadi cara terbaik untuk mempelajari sesuatu dan bisa dikatakan kita melakukannya tanpa berpikir keras. Yang terpenting adalah rasa nyaman saat kita berlatih. Menurut saya yang paling menarik dari video ini adalah bagaimana RON bermain mayor scale tetapi dia menyanyikan lagu abjad A B C. Dia juga mengajak untuk berusaha tidak melihat ke arah neck dan fret gitarnya, bahkan ketika bermain ia masih sempat mengomentari cuaca di luar.
 Do something else and try not to think about this and you'll be surprise how it comes together anyway without you have been like I need to make this happen ...

Latihan tanpa mikir ala Slashky Gitaris

Ide di atas mungkin terlihat sederhana tetapi agak susah dipraktekkan. Beberapa waktu lalu saya mencoba memainkan mayor scale sambil bernyanyi "Halo-halo Bandung" dan itu sedikit kedengaran aneh serta sedikit susah karenanya dibutuhkan konsentrasi sekaligus relaks.

Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu banyak mengoleksi perbendaharaan scale dan tidak berambisi mengingat beragam scale. Sejauh ini scale yang banyak saya gunakan adalah major modes dan pentatonic scale. Alasannya utamanya adalah ya MALAS. hahaha... Walaupun demikian saya tetap mencoba mengkombinasikannya dengan teknik-teknik gitarnya. Jadi sebenarnya kalau tanya scale yang aneh-aneh saya tidak mengerti. ^_^ 

Apakah teman-teman punya pengalaman serupa? Ayo kita sharingkan bersama !

Back To Top type='text/javascript'/>