Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Penerapan sederhana Major Scale dan Arpeggio

Penerapan sederhana Major Scale dan Arpeggio


Penerapan sederhana major scale dan arpeggio ini adalah jawaban dari banyak sekali pertanyaan tentang penggunaan scale dalam memainkan sebuah melodi. Ada juga teman-teman yang sudah mengetahui beberapa scale tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Semalam setelah browsing-browsing video mas Poncho akhirnya saya menemukan salah satu video lesson gitar yang membahas tentang berlatih menerapkan scale dan arpeggio dalam sebuah ritem gitar. Oh iya, video ini juga berbahasa Indonesia jadi semakin mudah untuk dipahami dan dimengerti dari segi bahasa dan penjelasannya.

Arpeggio, Free, Guitar, jazz, lesson, major scale, poncho, Scale, penggunaan mayor scale, belajar arpeggio, belajar scale,  gitaris, slashky gitaris

Dalam video ini mas Poncho mendemontrasikan dengan phrasing jazz dan menggunakan scale C major sedangkan arpeggionya mengikuti ritem. Ritemnya sendiri karena mau mengambil phrasing jazz maka kunci-kunci gitarnya juga kunci jazz yaitu CM7 Dm7 Am7 G7 CM7 Em7 A7 Dm7 G7 CM7.

Q :Bentar mas, phrasing itu apa ya?
A : In grammar, a phrase (Greek φράση, sentence, expression, see also strophe) is a group of words that functions as a single unit in the syntax of a sentence. -source : wikipedia

Kurang lebih phrasing itu ibaratnya kalimat kalau kita berbicara. Jadi kayak gitaris blues yang ikut menyanyikan nada di solo gitarnya. Nah solo yang dinyanyikan itulah yang sering kali dimanakan dengan phrasing. Atau simpelnya phrasing adalah sebuah ‘kalimat’ dalam solo lagu.

Kembali ke atas, karena pada video ini mas Ponch ingin mengambil phrasing jazz maka ritemnya juga menggunakan ritem shuffle sehingga memainkan scalenya sendiri juga menggunakan gaya shuffle 1/8.

Yang belum tahu berarti wajib melihat video ini, supaya main scalenya tidak datar-datar saja.

Lalu bagaimana dengan arpeggionya, pada video ini Mas Ponch cukup mendemontrasikan arpeggio sederhana dari progresi setiap chordnya. Jadi ya arpeggio CM7, Dm7, dst.

Pada akhirnya, kita akan diajak untuk melihat bagaimana menggabungkan scale dan arpeggio ini secara bersamaan.

Menurut saya video cukup membuat saya mengerti konsep bagaimana menerapkan scale dan arpeggio pada progresi chord. Lumayan untuk menambah pengetahuan termasuk juga belajar sedikit-sedikit tentang phrasing jazz yang terkenal njelimet tapi mengasyikkan itu.

Saya merekomendasikan teman-teman yang bingung tentang penggunaan scale dengan menonton video ini. Saya berharap setelah tahu konsep dari video ini kita bisa menerapkan pada scale dan arpeggio yang lain.



Bagaimana teman-teman sudah menemukan pencerahan dari menonton video di atas?

Baca juga artikel menarik lainnya





Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua sampai ketemu lagi postingan tentang dunia gitar lainnya. Jika kalian ingin berdiskusi tentang dunia gitar, silahkan like FP Motivasi Gitar di facebook.

Selamat berlatih dan Salam Slashkiss!!!

Back To Top type='text/javascript'/>