Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara menentukan Chord dasar sebuah Lagu

Cara menentukan Chord dasar sebuah Lagu


Halo, Halo. Apa kabar semua ? Kali ini admin ingin membahas cara mencari chord dasar sebuah lagu. Mungkin teman-teman pernah dengar atau mendapati sebuah lagu yang menggunakan beberapa chord tetapi masih bingung apa sih chord dasarnya. Dalam beberapa kasus, ada juga lagu yang tiba-tiba nada dasarnya berubah total atau dikenal juga dengan istilah modulasi yang membuat teman-teman bingung kemana progresi/perubahan chord berikutnya. Nah, untuk mengatasi masalah itu admin coba memberi solusi buat teman-teman semua.

Sebelum memulai lebih jauh ada baiknya, teman-teman menguasai dulu chord-chord open string (silahkan baca di sini) dan power chord (kunci tegak) (silahkan baca di sini) untuk memudahkan teman-teman memahaminya.

Teman-teman mungkin pernah mendengar tangga nada mayor yang berisi 7 nada (do-re-mi-fa-sol-la-si) dengan aturan jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Kali ini admin akan menggunakan contoh tangga nada C major yang terdiri dari nada C-D-E-F-G-A-B. Teman-teman dapat melihat ini adalah urutan nada-nada dalam tangga nada C major. Lalu pertanyaannya bagaimana kalau dalam kita ingin memainkannya dalam chord? Dalam artikel kali ini, saya tidak akan membahas secara mendetail tentang bagaimana aturan sebuah chord major, chord minor, dan chord diminished itu dibentuk tapi lebih menekankan bagaimana teman-teman bisa membandingkan dari tangga nada major scale tadi diterapkan dalam chord. 

Dari tangga nada C major tadi kita dapatkan chord C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim (ini berdasarkan aturan nada pembentuk chord akan saya bahas dalam artikel yang lain). Bila teman-teman melihat nada 1, 4, 5 dalam tangga nada C major tadi berubah menghasilkan chord major sementara nada 2, 3, 6 menghasilkan chord minor dan nada 7 menjadi chord diminished. Cari tahu teori dasar pembentukan sebuah chord di sini.

#Nada dasar dan Chord-chord di dalamnya


Nah, kita sudah tahu dengan nada dasar C kita punya chord C, Dm, Em, F,G, Am, dan Bdim dengan cara yang sama kita dapat mengetahui juga chord berdasarkan nada dasar yang lain.

Berikut daftar lengkap progresi berdasarkan nada dasar.

Nada dasar
Chord-chord
C
C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim
C#
C#-D#m-Fm-F#-G#-A#m-Cdim
D
D-Em-F#m- G- A- Bm- C#dim
D#
D#-Fm-Gm-G#-A#-Cm-Ddim
E
E-F#m-G#m-A-B-C#m-D#dim
F
F-Gm-Am-A#-C-Dm-Edim
F#
F#-G#m-A#m-B-C#-D#m-Fdim
G
G-Am-Bm-C-D-Em-F#dim
G#
G#-A#m-Cm-C#-D#-Fm-Gdim
A
A-Bm-C#m-D-E-F#m-G#dim
A#
A#-Cm-Dm-D#-F-Gm-Adim
B
B-C#m-D#m-E-F#-G#m-A#dim

Nah, teman-teman sudah tahu bukan nada dasar serta chord-chordnya. Lalu bagaimana sih mencari chord dalam nada dasar tertentu, misalnya kalau ada teman kita bilang nada dasarnya G, chord apa saja yang harus kita mainkan? Berdasarkan tabel di atas kita tahu bahwa dengan nada dasar G, kita setidaknya punya pilihan chord G-Am-Bm-C-D-Em dan F#dim tapi kapan saya harus main chord C kapan main D dst.
Trik yang sering digunakan dan umumnya berhasil adalah cobalah bermain di chord ke 4 atau chord C untuk nada tinggi (meliputi nada ke-4 dan ke-6 dalam tangga nada major) dan chord ke 5 atau chord D untuk nada rendah (meliputi nada ke-2 dan nada ke-7 dalam tangga nada major) sedangkan chord yang lain umumnya sebagai jembatan saja. Jadi mainkan chord ke-4 untuk nada tinggi sedangkan chord ke-5 untuk nada rendah.

#Cara mudah untuk menebak chord yang dimodulasi


Cara yang paling mudah adalah bermain dengan chord tegak karena pada dasarnya bentuknya sama hanya letaknya berubah. Misalnya urutan chord-chord pada lagu normal adalah C-Am-F-G maka bila dilakukan modulasi sehingga nada dasarnya berubah dari D makan chord-chord yang kita mainkan adalah D-Bm-G-A. Bila dimainkan dengan power chord kita tidak akan mengalami kesusahan karena hanya letaknya yang berubah. Sekarang kalau misalnya urutan chordnya D-F#m-Bm-G-A kalau kita kenakan modulasi sehingga nada dasarnya berubah jadi E maka chordnya apa saja? (Jawab di kolom komentar ya)

Nah teman-teman sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan sekiranya ada yang bingung silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah.

Untuk menguji pemahaman kalian, admin punya soal. Misalnya admin punya lagu dengan urutan chord Em-C-G-D kira-kira apa nada dasar lagu itu dan bila admin ingin menggunakan modulasi sehingga chordnya berubah jadi F#m, kira-kira bagaimana urutan chord-chordnya? (Silahkan jawab di kolom komentar ya



Back To Top type='text/javascript'/>