Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

bagaimana menulis sebuah lagu versi steve vai

Bagaimana Menulis Sebuah Lagu Versi Steve Vai


Bagaimana menulis sebuah lagu versi Steve Vai? Tidak diragukan lagi bahwa suatu saat teman-teman yang belajar gitar juga pasti akan belajar membuat lagu sendiri. Untuk itu pada postingan kali saya akan mengambil tips menulis atau membuat lagu dari salah satu maestro gitar dunia yaitu Steve Vai. 

Album Steve Vai yang sudah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia membuktikan bahwa ia merupakan sosok yang produktif dalam berkarya sekaligus inspiratif. Selain sebagai gitaris, Steve juga berprofesi sebagai komposer, penyanyi, penulis lagu dan sekaligus sebagai produser.

Sebelumnya, pada artikel ini saya juga ikut menyertakan sebuah video gitar kliniknya saat ia memberikan tips menulis lagu ini tapi sepertinya video tersebut kini sudah dihapus oleh yang menguploadnya.

Untung saya masih memiliki transkripsi dari video tersebut sehingga kita tetap bisa mengetahui ide yang ingin disharingkan oleh Steve. 

Berikut cara menulis atau membuat lagu dari Steve

Mainkan sebuah kord gitar, lalu nyanyikan sebuah melodi. Lebih mudah dengan cara bergumam atau bisa juga dengan cara bersiul. Pada tahap ini seperti yang pernah saya sampaikan bahwa dengan mengetahui beberapa kunci gitar pun kita bisa menciptakan lagu.

Baca : 11 Cara melatih feeling dalam bermain gitar

Elemen kreatif dalam otak kita selalu tertarik pada sesuatu yang seringkali terjadi dalam hidup kita. Entah itu masalah politik, percintaan, bahkan masalah sex. (Steve mengakui dia juga memikirkan hal ini sewaktu muda). Jadikan itu sebagai inspirasi.

Semasa mudanya ia (Steve) tidak hanya belajar tentang gitar tapi juga tentang spiritual agama dan inti dari kebenaran. Jadi ketika ia menulis lagu ia tertarik pada inti-inti tersebut. Lalu menyatukannya di dalam pikiran dan lahirlah karya-karyanya yang luar biasa.

gitar, gitar klinik, how to write, maestro, musik, Steve Vai, tips, membuat aransemen,
http://www.premierguitar.com/ext/resources/archives/58f5a5bc-4aa3-44e7-a9f5-877da27cdf6d.JPG


Steve Vai:

“I take my guitar and I just play a first chord that came out. And I sang a melody… I just sing to find a melody. And that where it starts. And then you… make a song. Whenever we are going to the creative element of our brain we always gravitate to the thing that interests us the most. Some people are very passionate about politics, about love, about fast cars. Most of the time we are thinking about sex. When I was very young… I’ve always been a seeker after truth or reality. I’ve studied through the years (not only about guitar, about everything) spiritual religions and spiritual core of truth. When I’m going to write my music I always gravitate to that core. But I have my brain that has all of technical information and ability. And that mixes all up. That’s how I write my music.”
sumber transkripsi : http://hard-guitar.com/video-lessons/how-to-write-music-by-steve-vai/

Seperti saya jelaskan di atas, karena videonya sudah di hapus maka saya mengganti video tersebut dengan video yang juga tidak kalah menariknya tapi sama-sama berfokus pada membuat lagu.

Kali ini Steve mensharingkan bagaimana ia menciptakan melodi menggunakan software komputer. Di sini kita akan melihat bagaimana ia menciptakan melodi dari ketukan Drum Machine yang ada di sana. 

Jika dilihat teknik ini terlihat sangat sederhana karena kita membuat ritem gitarnya menyesuaikan ketukan drum. Bagi saya ini adalah salah satu teknik menciptakan lagu yang menarik. 
Steve sendiri berceirta bahwa ia belajar teknik menciptakan solo seperti ini ketika ia masih bekerja bersama Frank Zappa !

Jika kalian tertarik dengan teknik yang satu ini, silahkan kalian bisa menonton video di bawah ini !




Baca juga artikel menarik lainnya :



Nah itu tadi beberapa tips menulis dan membuat lagu ala dewa gitar Steve Vai. Jika teman-teman ingin berdiskusi tentang masalah gitar, silahkan like FP Motivasi Gitar di facebook.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita.Sampai ketemu di postingan saya yang lain. 

Salam Slashkiss!!!


Salam Slashkiss!!!

Back To Top type='text/javascript'/>