Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Bagaimana bermain (gitar) bersih?

Bagaimana bermain (gitar) bersih?


Bagaimana bermain (gitar) bersih? Tanpa ada kesalahan dalam menekan senar di fret dan akurasi tempo yang tepat sekalipun bermain dengan tempo yang tinggi (speed). Mungkin kira-kira begitulah definisi saya tentang bermain gitar yang bersih. Paul Gilbert adalah salah satu gitaris yang terkenal karena permainannya yang cepat dan bersih. Apalagi dengan teknik String skippingnya yang terkenal itu pasti sangat susah untuk dipraktekkan.

bagaimana, bermain, bersih, gitar, Gitaris, paul gilbert, Rusty Cooley, Steve Vai, tips, kata bijak gitar, kata mutiara gitar

Kebanyakan dari kita selalu bertanya seperti ini, “Bagaimana sih cara bermain bersih?” Seringkali pula kita mendapat jawaban yang kira-kira berbunyi seperti ini,”Mulai lah dari tempo yang lebih pelan dulu.”  Jawaban yang acak kali kita dijumpai jika bertanya pada suhu-suhu gitar. 

Betul?

Saya juga pernah bertanya dan sampai sekarang pun masih mencari misteri ini. Tentu saja jawaban ini benar adanya tetapi bagi para gitaris otodidak (seperti saya) jawaban seperti ini tidak memuaskan. Betul gak?

Kebanyakan gitaris otodidak belajar dengan cara ngulik lagu-lagu kesukaannya. Sebagian besar berhasil sebagian lagi gagal karena mudah putus asa atau tidak sabar. Situasi yang seringkali terjadi adalah kita tidak bisa bermain bersih waktu mengcover lagu-lagu favorit kita. 


Ini adalah konsekuensi dari permainan kita yang tidak terbiasa dengan berlatih dengan metronome. Jangan salah saya juga punya dan merasakan masalah yang sama lho. Jadi sebenarnya saya juga sedang mencoba merubah diri sekarang ini. 

Q : "Sekarang udah bisa kan mas?"
A : "Lumayan bisa kan sering latihan...hohoho"


Paradigma yang keliru tentang latihan gitar !


Sebelumnya saya ingin meluruskan makna keliru di sini tidak serta merta berarti salah atau tidak benar. Menurut saya keliru merupakan suatu proses atau tindakan yang sudah berada di jalannya tapi perlu adanya perbaikan.


Apa yang keliru?

Mungkin sebagian gitaris otodidak menganggap bahwa dengan ngulik lagu favorit atau lagu kesayangan merupakan sebuah latihan. Sayangnya itu bukanlah bagian dari latihan

Menurut Rusty Cooley dalam sebuah video lessonnya mengatakan bahwa latihan adalah proses dimana anda bermain/mempelajari teknik tertentu entah itu alternate picking, sweepicking, string skiping dll

Nah, sekarang bisa membedakan ternyata jika kalau selama ini kalian fokus dengan mengulik lagu, berarti kalian tidak sedang latihan lho. Bahkan menurut saya hal ini bisa mematikan daya kreativitas dan feeling kalian. 

Misalnya begini, mengulik sebuah lagu perlu waktu 3 bulan. Setelah itu apa ya? Perform? 
OK kelanjutannya? 
Apa yang ingin kalian kembangkan dari sana?
Kalau ngulik Canon Rock, di suruh main ke nada dasar C atau E, gimana? 

Bandingkan dengan

Belajar teknik-teknik gitar selama 3 bulan, pikirkan berapa banyak aransemen yang bisa kalian buat? 10 atau 20 ? Saya pikir mungkin ratusan bahkan ribuan lho.

Jika kalian tahu dasarnya, maka Canon dengan gaya Jazz, Rock Fusion, atau Dangdut pun gak masalah kan?

Find the basic !



bagaimana, bermain, bersih, gitar, Gitaris, paul gilbert, Rusty Cooley, Steve Vai, tips, kata bijak gitar, kata mutiara gitar


Kembali ke proses latihan menurut Om Rusty Cooley di atas. 

Pada proses inilah, kita dituntut berlatih dengan menggunakan metronome untuk membantu menjaga tempo permainan kita dan menyesuaikan koordinasi antara tangan kiri dan kanan serta alunan tempo sehingga permainan kita menjadi akurat. 

Bila Anda belum tahu cara menggunakan metronome, baca juga Cara berlatih gitar menggunakan metronome.

Om Rusty juga menambahkan ngulik lagu tidak membuat kita menjadi lebih hebat

Mengapa? 

Sebab ngulik itu bagian dari penerapan dan pengujian kematangan teknik kita sampai sejauh mana itu kita kuasai. 

Ini sama saja seperti kita bermain basket, dimana berlatih shoot, lay up, drible terlebih dahulu.

Bagaimana mungkin anda dapat memainkan lagu-lagu Yngwie kalau anda tidak tahu alternate picking?

Jadi selalu berlatih teknik-teknik atau teori dasarnya ! 


Cara berlatih agar bisa bermain bersih



Nah, kembali masalah awal tentang bagaimana bermain gitar bersih? 

Ketika kalian sudah menerapkan “Berlatih” dengan benar seperti yang telah saya ungkapkan di atas maka pasti kita akan segera berlatih menggunakan teknik dan scale tertentu. 

Misalnya saja kalian suka genre Neoclassical pasti sering menemukan scale Harmonic Minor atau berlatih dengan scale dasar seperti Major Modes. 


Usahakan berlatihlah dengan scale ini sampai sempurna.  

Selanjutnya sering-seringlah menggunakan teknik ini, biarpun kita hanya tahu tentang teknik ini saja tetapi ketika kita memainkan dengan sempurna akan jauh lebih baik daripada kita tahu banyak tetapi bermainnya belepotan

Saya suka dengan pernyataan Bruce Lee yang mengatakan, "Aku lebih takut pada orang yang berlatih 1 jurus tendangan sebanyak 1000 kali daripada orang yang berlatih 1000 tendangan sebanyak 1 kali !"

Bermain musik tidak selalu mencari susah supaya disegani orang. Mengetahui banyak hal memang bagus tapi kalau cuma bagian luarnya saja? 

Hmm... kayaknya gimana gitu ya !

Lebih baik memaksimalkan 1 dulu baru mencoba yang lain sama seperti kata Bruce Lee di atas.

Selain major modes, Scale Pentatonik Minor adalah salah satu scale yang mudah dimainkan serta sangat populer. Uniknya lagi scale ini dapat dimasukan ke dalam lagu apa saja. 

Berikut saya akan mensharingkan bagaimana latihan variasi scale pentatonik, termasuk bermain dengan 3 notes per string (3 nada tiap senar) dan penerapannya untuk menciptakan nuansa etnik.







Kesimpulan :

Berlatihlah dengan scale favorit kalian dengan beragam tingkatan kecepatan

Usahakan berlatih hingga tempo maksimal yang kalian bisa tetapi tetap dengan permainan yang sempurna. Sering mungkin gunakan scale tersebut dalam lagu-lagu yang ingin anda mainkan terutama ketika anda berimprovisasi. 

Baca juga ulasan untuk belajar improvisasi.

Berlatihlah, ulangi itu sampai benar-benar perfect. Kalau anda bosan cobalah berlatih dengan teknik lain. Berlatih seperti juga membentuk karakter musik Anda. Karakter yang dimaksudkan di sini adalah kecenderungan yang anda gunakan dan terus berkembang menjadi ciri khas Anda.  


Bagaimana kalau ternyata selama ini permainan saya sudah speed tapi tidak bersih?

Masih ada waktu untuk memperbaikinya, jangan sampai jadi noda yang terus ada bersama kita. Saya juga sedang berlatih memperbaiki cara berlatih yang benar seperti ini tanpa khawatir kehilangan kemampuan untuk bermain speed. Speed kalau nabrak-nabrak juga tidak baikkan?

Percayalah, para master membenci permainan Anda kalau ternyata asal-asalan sekalipun banyak orang awam mengagumi permainan Anda. Dan percayalah para master mengetahui kesalahan Anda bahkan sesuatu yang tidak pernah Anda ketahui.

Steve vai mengatakan Slow but Perfect.  

Salah satu unsur keindahan dalam main gitar adalah permainannya yang bersih. Tidak perlu cepat yang penting enak didengar dan bisa dinikmati. Speed bukanlah tujuan akhir dari permainan gitar melainkan bagian dari pemanis saja kecuali mau ikut race motogp. LOL

So, mari kita berlatih dengan cara yang benar agar permainan kita terdengar bersih.

Baca juga : 11 Cara untuk melatih feeling bermain gitar

Sampai ketemu di postingan-postingan yang lain. Ingin berdiskusi silahkan like FP Motivasi Gitar dan kita akan bertemu di sana.


Salam Slashkiss !!!

Back To Top type='text/javascript'/>