Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Wajib Baca bagi yang ingin belajar melodi


Wajib baca bagi yang ingin belajar melodi


Ketika admin pertama kali belajar melodi gitar, yang dilakukan admin adalah seperti kebanyakan teman-teman yang belajar otodidak lain yaitu ngulik melodi dari lagu-lagu band tertentu. Melodi dari lagu yang mudah-mudah saja, kebetulan waktu itu lagi ngetren lagu-lagu dari Peterpan jadi ya ngulik-ngulik solo-solo gitarnya. Kalau waktu itu yang tenar boyband mungkin lain ceritanya. Jadi apa yang admin lakukan adalah duduk diam mendengarkan melodi dan solonya, mengulang berkali-kali bagian itu. Catatan waktu itu admin sama sekali buta dengan yang namanya teori gitar termasuk belum tahu ada yang tabulature apalagi partitur gitar. Tapi namanya pengen belajar ya apapun dilakoni, wes tresno karo gitar e dab (sudah cinta sama gitar kawan). Kok malah jadi curhat ya? Sabar kawan nanti admin buka rahasia admin menjadi gitaris hebat (ngaco) soalnya di luar masih banyak yang hebat. ^_^

Setelah admin menginjakkan kaki ke kota Yogyakarta tahun 2008 silam, admin mulai belajar semakin banyak mengenal banyak lagu dan tentu saja belajar banyak teknik gitar baru. Sampai saat itu admin tetap belajar ngulik solo-solo gitar lho, tapi kali ini lagu-lagu luar. Biar gak ngerti liriknya yang penting solonya bagus ya di cari aja. Admin merasa Ngulik sih asyik, tapi lebih asyik lagi kalau bisa buat melodi sendiri ^_^ Admin adalah orang yang cepat bosan jadi biar gak bosan tiap hari admin ke warnet nyari materi baru yang bisa admin pelajari. 

Admin banyak belajar dari video-video di youtube dan juga di blog-blog yang membahas tentang gitar. Kalau dari youtube kebanyakan di kolom search admin tuliskan "video lesson guitar" atau "tutorial guitar", kadang-kadang juga "how to play (judul lagunya)" dan itu semua admin hafalkan lho karena di kost waktu itu belum ada perangkat komputer jadi ya modal hafalan aja. Sedangkan kalau di blog-blog gitar biasanya admin senang baca-baca profile gitaris, lalu nanti search di youtube untuk membuktikan sendiri gimana sih di bermain gitar.

Kalau sebelumnya di youtube mungkin hanya seputar lesson gitar dari lagu tertentu, perlahan-lahan admin mulai mencari lesson berdasarkan nama gitarisnya. Misalnya Synyster Gates Guitar Lesson. Sampai akhirnya admin mulai ketemu dengan deretan potong-potongan video DVD lesson gitar seperti Rock Displine John Petrucci dan sederetan nama gitaris papan atas lain. Dalam video-video itu, biasanya Gitaris-gitaris ternama  tersebut membagikan ide, teknik dan tips-tips bahkan memberi motivasi. Nah, admin kira di bagian inilah yang perlu admin sharingkan. Dari video lessons tersebut memungkinkan teman-teman menggunakan konsep para dewa-dewa gitar tersebut untuk belajar melodi, membuat solo-solo gitar dan bukan tidak mungkin menjadi penerus guitar hero.

Nah, di bawah ini admin sharing beberapa video dari ratusan bahkan mungkin ribuan video lesson yang bisa menambah wawasan teman-teman tentang gitar.

1. Paul gilbert - Intense Rock 1 (DVD pelajaran terlaris )


Mau belajar jadi shredder, wajib ni koleksinya. Sayangnya punya admin videonya hilang. Teman-teman bisa belajar alternate picking, string skipping arpeggio dari video ini.


2. Paul gilbert - Intense Rock 2 

Ini sebenarnya penyempurnaan dari versi pertama hanya saja ada penambahan unsur blues rock nya
Paul sering sekali mengeluarkan DVD lesson. Pelajaran gitar yang lain Guitar From Mars  Rock dan Guitar From Mars Classical 

3. John Petrucci - Rock Discipline

Di sini teman-teman dikenalkan dengan warming up ala JP yang super strech menurut admin, lalu dilatih menggunakan metronome juga, dan beberapa teknik lain. 

4. Yngwie J Malmsteen

Nah, yang suka neoclassical pasti tahu dengan gitaris yang satu ini. Mau belajar speed arpeggio dan alternate picking bisa belajar banyak dari gitaris 1 ini.

(Video sudah dihapus)

5. John Mclaughlin Technics Lessons Jazz Guitar taught by John Mclaughlin Instructional

Nah, bagi yang suka jazz jangan lewatkan. Admin juga baru ketemu videonya kemarin, yang jelas ini ada subtitlenya tapi tetap bahasa inggris. Admin pengen nyoba belajar jazz jadi sampai sekarang ini video yang mudah. Kalau ada yang lain boleh teman-teman share di kolom komentar.

6. BRUCE BOUILLET - IMPROVISATION FOR PROGRESSIVE HARD ROCK

Bruce Bouillet ini adalah muridnya Paul Gilbert. Nah di sini, dulu admin belajar modes. ^_^

(Video sudah dihapus karena bermasalah dengan hak cipta)

7. Zakk Wylde - Pentatonic Hardcore - (High Quallity)

Satu kata buat gitaris satu ini "ROCK". Admin  belajar pentatonic buat lagu rock dan belajar hybrid picking dari doi. 

8. Vinnie Moore -  Advanced Lead Guitar Techniques

Satu dari tiga gitaris neoclassical yang paling admin kagumi, selain Yngwie dan Chris Impelliteri. Selain "Advanced Lead Guitar Techniques", Vinnie Moore juga merilis DVD lesson lain berjudul "Speed Accuracy and Articulation"

9. Steve Vai - World's Largest Online Guitar Lesson

Video dengan durasi 1 jam ini menurut admin adalah video wajib dimiliki karena Steve gak hanya ngomongin teknik tapi juga banyak tips bermanfaat. Admin yakin banyak dari teman-teman pengagum steve vai di sini. ^_^

10. Steve Morse - Power Lines (2007 Remaster) - YouTube

Setelah melihat video satu ini admin langsung jatuh cinta dan menjadikan doi sebagai idola baru. Bagi yang ingin belajar artifical harmonic cocok ni. Admin juga lagi belajar itu.

11. Richie Kotzen _ Rock Chops

Yang admin curi dari video Richie adalah teknik legato nya, sedahsyat apa? Silahkan temukan dalam video ini.
Nah itu sebagian DVD lesson yang udah admin punya dan semuanya admin download dari youtube. Masih banyak video lesson yang lain kebanyakan dari Hot Lick dan di produseri oleh DON MOCK. Don Mock sendiri juga punya video lesson gitar judulnya "Jazz Guitar" Tapi masalahnya, hampir semua video tidak menyertakan subtitle dan translatenya. Tapi bahasa Inggrisnya tidak terlalu susah, ya seputar gitar bahkan dari situ kita bisa sedikit banyak tahu istilah gitar dalam bahasa Inggris. Nah, teman-teman admin rasa hari ini cukup dulu. Lumayan capek juga nulis artikel kali ini, karena harus buka-buka file lama pilih-pilih mana yang bagus untuk di sharing. Sebagai bentuk rasa terima kasih teman-teman untuk admin yang udah capek nulis blog ini, silahkan membagikannya kepada teman-teman yang lain. 
Back To Top type='text/javascript'/>