Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara belajar gitar yang benar itu seperti apa ya?

belajar gitar, belajar gitar pemula, belajar menyetem gitar, cara mudah belajar gitar, tips bermain gitar, belajar chord gitar,
Ilustrasi "Belajar Gitar"

Cara belajar gitar yang benar itu seperti apa ya?



Jrengg !!! Salam gitaris ! Apa kabar teman-teman? Kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara belajar gitar dan bermain gitar yang benar itu. Tentu saja kalau kita bicara tentang cara belajar gitar dan bermain gitar ini punya versi yang berbeda-beda dari dan bagi setiap orang. Mungkin teman-teman juga pernah membaca pada blog lain tentang tips cara belajar gitar atau punya pengalaman yang berbeda bagaimana awal mulanya bermain gitar dan bagaimana rasanya belajar gitar itu. Ada yang otodidak, les privat bahkan kursus gitar tapi itu tidak masalah. Admin yakin kalau teman-teman yang tersesat ke blog ini pasti sedang dalam tahap belajar gitar. Nah, kali ini admin mencoba membahas tips belajar gitar  kali ini dengan cara yang sedikit berbeda.


Sekarang media pendukung untuk belajar itu banyak jadi mari kita dulu apa saja yang mendukung kita belajar gitar. Ada baiknya kita cari tahu dulu hal-hal mendasar yang perlu kita siapkan bila ingin belajar gitar supaya tidak putus di tengah jalan.

1. Mempunyai Gitar sendiri


Ini merupakan syarat yang harus teman miliki. Biarpun bisa pinjam punya teman tapi lebih baik kalau punya sendiri. Biarpun gitar bekas tidak masalah yang penting punya gitar sendiri.
Tips "Jika kalian punya teman yang punya gitar dan gitar tersebut jarang digunakan sebaiknya pinjam lalu beli aja daripada tidak terpakai."
Bagi yang ingin membeli gitar baru, silahkan baca tips membeli gitar yang pernah admin tulis sebelumnya. Silahkan baca di sini.

2. Belajar Stem/nyetel/tuning gitar


Sekarang kita sudah punya gitar, kira-kira harus melakukan apalagi ya? Jawabannya tentu melakukan tuning/stem/nyetel senar gitar. Jangan pikir orang yang bisa bermain gitar tanpa standar tune tertentu pada gitar. Bagaimana kita mau membawakan sebuah lagu kalau suara gitar sudah sumbang duluan. 

Ada beberapa cara belajar nyetel/nyetem/tuning gitar yang bisa digunakan apalagi sekarang sudah ada banyak aplikasi untuk teman-teman belajar gitar salah satu untuk membantu teman-teman mengatasi masalah nyetem/tuning gitar ini.

Teman-teman bisa membaca beberapa cara stem/tuning gitar yang sudah admin bahas sebelumnya

  • belajar menyetem gitar dengan cara menyamakan nada pada gitar, silahkan baca di sini (klik link berwarna biru)
  • belajar menyetem gitar dengan bantuan aplikasi android, silahkan temukan caranya di sini
  • Jika teman-teman bosan dengan stem/tuning standar bisa juga tuning yang lain, silahkan baca di sini

3. Selalu sediakan "Metronome"


Metronome adalah salah satu alat yang wajib karena memang peranan penting dalam kita belajar gitar. Metronome membantu menjaga tempo dan irama kita. Selalu sediakan metronome saat berlatih. Kalau tidak ada, coba pakai aplikasi android saja lebih simpel, silahkan baca tentang aplikasinya di sini.

Setelah di download aplikasinya jangan langsung berharap kalian jadi dewa gitar ya. Beberapa orang bahkan mungkin bingung bagaimana caranya berlatih dengan metronome. Secara di dalam metronome itu isinya cuma ketukan saja. Solusinya, kalian bisa membaca postingan bagaimana berlatih menggunakan metronome ini di sini

4. Belajar chord dan praktek memainkan beberapa lagu


Nah, bila kelengkapan kita sudah selesai saatnya kita berlatih gitar. Coba cari lagu yang mudah dan lagu itu salah satu lagu favorit kalian. Lagu anak-anak sekalipun tidak masalah karena memang tujuan kita ingin belajar gitar. Dalam tahap ini kita langsung belajar chord-chord gitar dan langsung praktek pada lagu. Jadi tidak sekedar hafal tapi tidak tahu lagu apa yang bisa dimainkan dengan chord tersebut. Inti di bagian ini adalah praktek.

Jika teman-teman bingung bentuk-bentuk chordnya seperti apa silahkan kalian melihat chord-chord mudah yang dapat kalian temukan di sini. Tapi ada masalah lain yang biasa terjadi yaitu jari belum terbiasa sehingga mengubah posisi jari dari chord satu ke chord lain terasa susah. Nah teman-teman bisa mencoba trik memindahkan chord dengan cepat di sini.

Nah, sebenarnya dasar dari belajar gitar itu selesai sampai di sini, berikutnya adalah pengembangan dari belajar gitar yang lebih serius. Kalau teman-teman sudah cukup belajar gitar hanya untuk menghibur diri dan menembak calon pacar admin rasa 4 tips di atas sudah cukup.

5. Belajar dari berbagai sumber


Pada tahap selanjutnya ini, kita akan mencoba membuka rahasia bahwa belajar tidak lagi tergantung pada satu sumber tapi beragam sumber yang sekarang bisa dengan mudah kita akses keberadaannya. Baiklah kita mulai dari :

Blog gitar


Blog slashkygitaris.blogspot.com adalah salah satu blog gitar yang membahas masalah seputar gitar dan masih ada ratusan bahkan mungkin ribuan blog lain yang membahas tema yang sama. 
Tips : Jika kalian menemukan blog yang bagus, kalian bookmark alamat situsnya saja agar suatu saat bisa kalian akses dengan cepat. Bisa juga kalian berlangganan blog tersebut sehingga kalian dapat menerima pemberitahuan lewat email kalau ada artikel atau sesuatu dari blog yang bersangkutan. Ya seperti kalian berlangganan koran/majalah di dunia nyata.

Forum diskusi gitar


Banyak sekali forum diskusi tentang gitar baik dalam bentuk group di facebook atau beberapa website yang sengaja dibuat sebagai wadah diskusi bersama tentang masalah gitar seperti musisi.com.
Tips : Cobalah untuk akrab dengan master-master di sana, ceritakan kesulitan kalian. Tapi jangan sekali-kali bertanya untuk menguji apalagi menjatuhkan. Tujuan kita adalah belajar bukan mencari kelemahan orang lain.

Video lesson/ tutorial gitar


Yang terakhir ini adalah solusi paling ampuh jika kita ingin belajar gitar. Kita bisa melihat mendengar langsung bahkan bisa bertanya pada kolom komentar. Biarpun didominasi oleh video berbahasa Inggris, tetapi karena kita belajar gitar kita cukup mengerti sedikit bahasanya yang penting kan tekniknya. Tapi lebih bagus kalau kita mengerti juga apa yang dikatakan, itung-itung latihan listening. 

Tips : "Jika di youtube carilah dengan kata kunci lesson atau tutorial, dapat juga kalian tuliskan nama gitaris favorit kalian, misalnya John Petrucci Lesson."

6. Selalu membuka diri terhadap pengetahuan baru


Banyak gitaris setelah mereka belajar gitar dengan gengre tertentu enggan belajar gengre yang lain. Sifat fanatik ini bukanlah sesuatu yang perlu dipertahankan terutama jika ingin menambah cakupan musik yang luas. Jika kalian tidak suka jenis musiknya fokus saja dengan gitarnya. Misalnya kalian tidak suka musik metal yang penuh dengan teriakan kalian fokus saja mendengarkan riff-riff gitarnya.

"Percayalah semakin kita membuka diri untuk pengetahuan baru semakin kita menyadari bahwa kita ini bukan makin hebat malah sebaliknya." 

7. Selalu berbagi



Tips terakhir inilah yang diterapkan admin pada blog ini. Admin mencoba berbagi pengetahuan kepada teman-teman semua. Banyak sekali manfaat jika kita mau berbagi daripada kita menimbun pengetahuan kita sendiri. Jangan pelit untuk membantu teman lain tanpa memikirkan imbalan. 

Wah, tidak terasa udah cukup banyak yang admin tuliskan. Inilah cara belajar gitar yang benar menurut admin. Bagaimana menurut teman-teman?

Sampai ketemu di postingan-postingan yang lain.

Back To Top type='text/javascript'/>