Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

(NEW) 6 Tips membeli gitar akustik bagi pemula

6 Tips membeli gitar akustik bagi pemula


Kalau kita ingin serius belajar gitar tentu saja kita harus memiliki gitar sendiri. Biarpun sebenarnya teman-teman bisa saja meminjam dari tetangga tetapi tidak selalu gitar punya tetangga itu nganggur dan dapat dipinjam. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan tips membeli gitar akustik bagi pemula.

Alasan mengapa saya membahas tips membeli gitar akustik bukan elektrik adalah karena biasanya gitar akustik harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan gitar elektrik walaupun ada beberapa merek gitar akustik yang luar biasa mahal. Bisa dikatakan gitar akustik ini gitar sejuta umat yang bisa dibeli oleh siapa saja karena harganya juga bisa relatif murah. Nah, bagi yang ingin memiliki gitar dengan budget terbatas silahkan menyimak tips nya di bawah ini.

Berikut tips membeli gitar akustik yang dapat membantu teman-teman semua.

Minat


Hal pertama yang mesti teman-teman pertimbangkan adalah memilih minat teman-teman untuk bermain gitar akustik klasik atau akustik biasa. Gitar akustik klasik biasanya identik dengan gitar akustik nilon (senarnya dari nilon. seperti senar pancing) dan tentu saya ini biasa untuk bermain lagu-lagu klasik. Contohnya kalau di Indonesia yang pakai gitar jenis ini adalah Jubing. Sedangkan gitar akustik biasa juga di sebut gitar string (menggunakan dawai string seperti gitar elektrik). Contoh gitaris yang menggunakan gitar jenis ini adalah Sungha Jung dan duo Depapepe. 


Jadi minat teman-teman terhadap jenis musik tertentu juga sangat berpengaruh dalam menentukan gitar seperti apa yang ingin dibeli.

Bentuk dan desain


Bentuk dan desain ini sangat mempengaruhi. Coba pegang dan rasakan bodi gitar apakah sudah sesuai dengan fisik teman-teman. Jangan membeli gitar yang memiliki body jumbo sedangkan badan teman-teman sendiri termasuk kecil. Dari desain juga dapat melihat berapa banyak fret yang ada pada neck tersebut. 

Saran saya pilihlah desain gitar yang memiliki jumlah fret yang banyak karena tidak menutup kemungkinan suatu saat belajar melodi hingga ke bagian fret-fret ujung gitar. 
Perhatikan juga kualitas dari kayu dari gitar itu sendiri. Gitar dengan kualitas kayu yang bagus, umumnya agak berat. Cek juga apakah finishing dari gitar tersebut sudah bagus, tidak ada cat yang terkelupas atau hal-hal kecil yang mempengaruhi bentuk dan desainnya.

Kenyaman 


Salah satu faktor yang menentukan adalah kenyaman gitar itu sendiri. Nyaman dalam artian apakah neck tersebut pas di jari. Cobalah memainkan beberapa chord terlebih chord tegak dan chord yang berada di fret bawah. 

Silahkan baca juga belajar kunci kres/ mol

Tebal tidak nya sebuah neck juga mempengaruhi permainan dan biasa neck yang tebal tidak cocok untuk bermain speed


Yang jelas pas di tangan dan memungkinkan teman-teman bisa bereksplorasi di kemudian hari.

Suara yang dihasilkan


Suara adalah poin penting ketika kita ingin membeli sebuah gitar. Banyak karakter suara dari gitar bahkan setiap gitar punya karakter yang berbeda, ada yang mendem, bulat, nyempreng, dll. Coba juga memainkan nada-nada di atas fret 12 dan dengarkan apakah suaranya masih terdengar bagus dan tidak fals.

Cobalah memetik nada di setiap fret pada setiap senar, dari ujung ke ujung. Ini untuk mengantisipasi ada fret yang buzzing yang mengakibatkan nada nya tidak kedengaran sempurna. Bisa juga melakukan teknik-teknik bending di beberapa fret terakhir. 

Perhatikan faktor neck


Perhatikan neck gitar, dan perhatikan apakah lurus atau bengkok. Dulu seorang teman saya ketika akan membeli gitar bahkan mencoba menyetem gitar baru di toko dengan tuning yang agak kencang melebihi steman standar untuk mengetahui apakah neck gitar tersebut tahan terhadap steman/tuning di atas standar. Dari eksperimennya ada beberapa gitar yang ketika pertama kali di tuning standar saja necknya langsung bengkok. Jadi kira bisa mencoba cara  yang 1 ini. 

Baca  Cara menyetem gitar

Coba mainkan senar open string dan mainkan nada harmonic di fret ke 12. Dengarkan apakah nada tersebut sama, kalau tidak atau bergeser sedikit sebaiknya pilih yang lain. Atau langsung saja menekan tiap senar di fret 12. 

Perhatikan juga apakah pada neck gitar tersebut sudah di tanami besi baja atau sering di sebut truss rod. Ini menjaga agar neck tetap lurus dan kalaupun suatu saat bengkok bisa gampang diperbaiki dengan cara memutar truss rod nya.

Survey harga


Sebelum membeli lebih baik kita mengadakan survey sendiri tentang harga-harga gitar. Caranya bisa saja melalui forum-forum jual beli di internet atau langsung datang ke toko gitar terdekat. Tetapi saya lebih menyarankan untuk datang langsung melihat barangnya sebab kalau dari internet kita tidak punya gambaran dan biasanya yang lebih di tonjolkan masalah desain nya padahal kita juga harus memperhatikan kualitas suara.

Ingat juga untuk tidak tergesa-gesa dan langsung membeli, cobalah membandingkan harga dengan toko yang lain. Tidak semua gitar dengan harga mahal kualitasnya bagus. Memang ada jaminan kualitas dari harga tapi kalau kita pintar memilih kita bisa mendapatkan gitar  murah dengan kualitas bagus.

Saya tidak merekomendasikan merek-merek tertentu karena saya tidak jualan jadi merek juga bukan suatu jaminan untuk mendapatkan sebuah gitar dengan kualitas bagus.

Terakhir, ajaklah teman yang mengerti tentang gitar untuk menemani ketika hendak membeli supaya dapat referensi yang benar-benar akurat. Tapi pada akhirnya pilihan ada ditangan teman-teman. Jangan terpancing dengan kata-kata orang lain bahwa gitar ini nyaman, enak, dsb sebab jari masing-masing orang berbeda. Gitar yang saya bilang nyaman belum nyaman bagi orang lain.

Okey, saya rasa cukup dulu. Jadi pertimbangkan dulu sebelum membeli gitar ya ! Sampai jumpa di artikel saya yang lain. Salam !




Baca juga tips membeli gitar bekas
Back To Top type='text/javascript'/>