Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Catatan Seorang Gitaris #1 (Tentang Aktivitas Blogger)

blogger, catatan, Gitaris, ngeblog, belajar gitar,



Catatan Seorang Gitaris #1 (Tentang Aktivitas Blogger)


Halo semua, apa kabar? Akhir-akhir ini saya lumayan sering melakukan rutinitas di dunia blog. update artikel, berkunjung ke blog lain (blogwalking) sampai promosi tulisan di jejaring social. Di sisi lain, saya juga masih aktif bermain gitar, belajar teknik-teknik baru dan membuat beberapa aransemen. Blog ini sendiri merupakan salah satu blog yang membahas tentang dunia gitar terlebih cara mudah bermain gitar bagi pemula. Jadi bagi saya ada hubungan antara dunia blog dan dunia gitar. 

Nah, karena saya sekarang berada di dunia blogger dan juga dunia gitar maka ada baiknya saya membagikan sedikit tentang pengalaman saya menjadi blogger.


#1 Mengisi Waktu Luang


Aktivitas menulis di blog pasti membutuhkan waktu dan terkadang bisa dikatakan menyita waktu. Kebetulan sekali karena saya mahasiswa di tingkat akhir jadi punya banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang satu ini. Jadi dengan ngeblog bisa mengisi waktu kosong daripada tidur atau kelayapan gak jelas. ^_^


#2 Menyalurkan Hobby


Blogger erat kaitannya dengan dunia tulis menulis dan ini merupakan hobby saya sejak masih duduk di bangku sekolah menengah dan sempat terhenti karena sebelumnya tidak punya media dan waktu untuk mengembangkannya. Setelah mulai mengenal dunia blog, saya bisa menyalurkan hobby.


#3 Menumbuhkan jiwa kompetitif


Ada yang bilang bahwa hidup itu penuh persaingan bahkan ketika kita masih berupa sel-sel kecil. Yup, secara tidak langsung ketika masuk di dunia blog kita harus menumbuhkan jiwa kompetitif agar kita bisa berkembang. Sadar tidak sadar dan mau tidak mau kita harus melakukan hal itu, terlebih ketika kita ingin mendapatkan uang dari dunia blog. Jiwa kompetitif itu secara tidak langsung juga memberikan semangat untuk terus mengembangkan blog yang sedang dibangun.


#4 Belajar melakukan riset


Riset ini bukan berarti kita melakukan penelitian layaknya penelitian ilmiah atau bahan untuk keperluan tugas akhir. Riset di sini cukup melakukan riset terhadap kebutuhan terhadap informasi yang ingin kita sajikan dalam blog. Umumnya yang sering dilakukan oleh para blogger adalah melakukan riset kata kunci untuk mencapai target pasar.


#5 Menambah wawasan


Sebagian orang mungkin berpikir kalau orang yang menulis itu orang yang hebat atau jago, pintar, dsb. Faktanya ketika menulis artikel di blog seringkali saya harus mencari sumber-sumber lain terlebih dahulu sebelum merangkum dan menulisnya dalam artikel yang akan dipostingkan. Hal ini secara tidak langsung akan menambah wawasan bagi sang penulis. Jadi tidak selamanya penulis blog itu hebat. 


#6 Menambah teman


Dunia blog juga memungkinkan kita menjalin relasi pertemanan tidak hanya sesama blogger tetapi juga dengan pengunjung blog itu sendiri. Relasi sesama blogger mungkin saja tercipta dari saling follow atau karena interaksi dan silahturahmi ketika melakukan blogwalking sedangkan relasi dengan pengunjung bisa terjadi karena beberapa komentar yang muncul atau beberapa orang yang melakukan interaksi di fans page yang ada di jejaring sosial. 

Silahkan tambahkan saya melalui 
G+ (Google Plus) di sini
Twitter di sini
Facebook di sini 
Like fans page di sini
Bisa juga melihat video saya di youtube di sini


#7 Sarana Berbagi


Ini yang paling penting, blog menjadi sarana untuk berbagi ilmu walaupun sebagian memanfaatkannya sebagai media yang menjual informasi.  Blog ini sendiri merupakan wadah berbagi tips, trik, lesson dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia gitar. Saya percaya berbagi merupakan salah satu tindakan yang baik jadi saya mencoba berbagi melalui tulisan di blog.


#8 Mengubah suasana hati

Sebenarnya ada hubungannya dengan poin nomor 2 tapi suasana hati di sini lebih berkaitan dengan kesenangan. Rasanya pasti setiap blogger pasti senang kalau blognya ramai pengunjung dan saya sendiri juga merasakan hal itu. Hal lain juga yang menjadi sumber kesenangan saya adalah alexa rank yang jadi indikator rangking blog nya. Walaupun ini bukan satu-satu kriteria penilaian terhadap blog tapi nilai alexa rank yang turun sekian puluh atau ratusan sampai ribuan per hari membawa kesenangan tertentu.

Nah, saya rasa sekian dulu catatan singkat saya tentang aktivitas blog saya kali ini. Keep Blogging.
Back To Top type='text/javascript'/>