Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cara Ampuh Menebak Chord Gitar dari sebuah lagu

ngulik chord lagu, ngulik lagu, chord gitar, cara ngulik lagu

Cara menebak kunci/chord gitar dari sebuah lagu adalah sebuah langkah besar dalam teknik bermain gitar. Untuk masuk ke tahap ini, tentu saja kita sudah memahami chord-chord dasar agar lebih memudahkan kita. 

Pada dasarnya, setiap lagu itu seperti tubuh manusia yang terdiri dari banyak komponen yang kemudian menyatu menjadi sebuah lagu. Dalam lagu, chord itu ibarat tulang-tulang pada manusia yang kemudian bisa kita rangkai menjadi sosok yang indah. Kalau selama ini kita mungkin sudah tahu garis besar dari tulang-tulang pada manusia kita juga harus mengetahui tulang dan kerangka dari sebuah lagu. Dalam hal ini kerangka dapat pula berarti nada dasar dari sebuah lagu.


Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap lagu memiliki pola-pola tertentu.

Ada alasan kenapa lagu-lagu populer seperti lagu Peterpan kebanyakan terdiri dari progresi-progresi sederhana misalnya lagu Mimpi yang sempurna yang terdiri dari chord Em-C-G-D dan lagu-lagu lain yang memiliki pola seperti itu.

Kalau kita melihat pola Em-C-G-D dapat kita simpulkan bahwa nada dasar dari lagu tersebut adalah G. Kenapa? Perhatikan chord mayornya yaitu C-G-D. Dalam progresi G kita akan menemukan C ada di urutan ke-4 dan D ada di urutan ke-5.


Bila di jejerkan berdasarkan nada akan jadi seperti ini 

G-A-B-C-D-E-F#
atau dengan aturan jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2 
dan kalau dalam chord menjadi
G-Am-Bm-C-D-Em-F#dim

Dari aturan jarak di atas, coba Anda kembangkan sendiri dengan nada dasar yang lain?

Cara di atas adalah menebak chord dasar sebuah lagu. Cara di atas lebih mudah karena nanti kita cukup mengetahui beberapa chord saja karena dengan mengetahui nada dasarnya kita akan mudah menebak kemana chord berikutnya akan dimainkan.

Nah sekarang bagaimana sih cara kita mencari chord kalau kita sama sekali tidak paham dengan teori-teori di atas?

Berikut beberapa tips nya
  1. Dengarkan lagu itu berulang-ulang atau minimal 1 kali. Ini untuk memudahkan otak kita merespon nada-nada yang kita dengar. Usahakan untuk mendengarkan chordnya.
  2. Coba ikuti progresi/perpindahan chordnya dengan cara memainkan senar 5 dan senar 6 pada gitar. Ini membantu kita melihat alur chord dan nada dasarnya.
  3. Setelah alur itu tercipta mulailah dengan memainkan chord gitarnya secara utuh. Chord mayor minor tergantung dari alur serta nada dasar yang kita temukan.
Nah, 3 langkah di atas adalah cara yang sering saya gunakan untuk menebak dan menemukan chord dari sebuah lagu. 

Jadi cukup sederhana bukan ? Semakin sering berlatih dengan cara ini semakin mengasah feel kita dalam menebak chord sebuah lagu bahkan tidak menutup kemungkinan untuk bisa menebak chord sebuah lagu dengan sekali dengar.

Dari cara ini juga Anda bisa menemukan melodi/solo gitar. Anda juga dapat membaca postingan saya yang lain tentang Major modes

Sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat !


Back To Top type='text/javascript'/>