Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Jangan Pernah Lakukan ini dalam Belajar Gitar



Jangan Pernah Lakukan ini dalam Belajar Gitar


Masih ingat ketika pertama kali belajar ? Sebagian mengatakan bahwa mereka terpaksa untuk belajar, sebagian lagi mengatakan ingin menjadi seperti si A atau si C, atau cuma sekedar ikut-ikutan, dan masih banyak lagi. Alasannya beragam tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada sesuatu yang tidak boleh kalian lakukan dalam belajar. Peraturannya kurang lebih seperti peraturan yang kalian di sekolah, tapi mungkin lebih dari itu ada hal yang tabu untuk kalian jalani karena ini tidak hanya akan berakibat pada nilai kalian tapi juga bisa kehidupan yang kalian jalani. Oleh karena itu, kali ini Slashky Gitaris akan mencoba mengangkat topik "Jangan Pernah Lakukan Ini dalam Belajar Gitar"


#1 Jangan Asal Ikut


Banyak orang belajar karena ikut-ikutan apalagi mengingat trend yang cepat merambat di lingkungan kita. Tapi yang paling penting adalah kalau kita cuma asal ikut adalah kita tidak punya tujuan yang jelas. Boleh mengikuti orang lain tapi kita juga punya tujuan agar kita tidak hanya membuang waktu saja. Kamu boleh ikut-ikutan belajar gitar dari teman-temanmu apalagi kalau kamu termasuk orang yang suka nongkrong, tapi ada baiknya kamu berpikir apakah kamu bermain gitar hanya sekedar untuk nongkrong atau suatu saat ingin berdiri di atas panggung dengan banyak massa yang akan melihatmu.

#2 Jangan Membandel


Ingat ada iklan tentang noda membandel. Membandel di sini maksudnya adalah disiplin. Kamu mungkin adalah orang yang suka membandel di sekolah dengan sering tidak memasukkan bajumu seragam. Tapi disiplin tidak sebatas itu. Orang-orang sukses punya disiplin yang tinggi. Orang sukses bukan orang beruntung yang mendapatkan lotre di hidupnya tapi orang yang melewati proses perjalanan yang panjang dan mencapai titik tertinggi dari orang-orang di sekelilingnya. Melatih disiplin dapat dilakukan dengan hal yang sederhana. Dalam bermusik kalau ingin berhasil, disiplin adalah harga mati. Melatih kedisiplinan dimulai dari belajar mengggunakan metronome, jadwal latihan yang terstruktur, melihat urutan belajar. Ingat setiap hal punya aturan dan ini adalah aturan belajar gitar.

#3 Jangan Berharap banyak


Seringkali orang belajar lalu berpikir ia akan sukses dengan mudah. Mungkin anggapan ini benar, tapi sesungguhnya Anda tidak bisa berharap banyak dari hal ini karena pada dasarnya kesuksesan itu kembali lagi kepada diri sendiri. Kamu sekolah di sekolah terkenal, masuk di universitas ternama, lalu di terima di perusahaan terbaik tidak akan menutup kemungkinan kamu di depak suatu saat nanti. Begitu juga ada berapa banyak orang yang berguru dari dewa-dewa gitar, tapi tidak banyak dari mereka yang bisa kamu kenal.Artinya apa?  Bahwa kesuksesan ditentukan oleh dirimu sendiri. Bagaimana kamu menerapkan apa yang kamu pelajari, lalu mengubahnya menjadi sesuatu yang hebat.

#4 Jangan Menyalahkan Orang Lain


Kebiasaan kita adalah selalu menyalahkan orang lain. Kesuksesan di monopoli sendiri tapi kegagalan dijatuhkan pada orang lain. Misalnya menyalahkan orang tua karena tidak membelikan gitar yang bagus dan bermerek terkenal atau tidak diperbolehkan ikut les di lembaga ternama atau les privat sekalipun. Ini adalah awal dari perjuangan, bagaimana usaha Anda untuk belajar gitar. Pengalaman saya sendiri membeli peralatan gitar dengan tabungan sendiri. Keberhasilan adalah milik sendiri sekalipun memang kita tidak terlepas dari orang lain. Jadi berhentilah untuk menyalahkan orang lain ! Jika kamu belum berhasil sekarang mungkin kesuksesan menanti di depan. Saya percaya bahwa sukses tidak ditentukan oleh umur. Begitu juga dengan Anda kan?

#5 Jangan Menjadi Orang Lain


Sekalipun motivasi awal kalian bermain gitar karena terkesan melihat permainan tetanggamu atau musisi hebat di televisi, jangan pernah sekali-kali ingin menjadi seperti mereka apalagi mengcopy permainannya. Biar saya tebak, kalian pasti tidak akan tahu siapa orang kedua atau ketiga yang mendarat di bulan. Iya kan? Alasannya sederhana karena yang selalu diingat orang adalah yang pertama, kedua dan seterusnya sudah biasa. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan hanya sekedar ingin seperti mereka tapi KALAHKAN MEREKA dan jadilah diri sendiri. Coba kalau seandainya Steve Vai hanya meniru gaya Joe Satriani apakah dia akan seperti sekarang ini?


#6 Jangan Menghakimi 


Pada dasarnya manusia itu bisa mempelajari apa saja hanya bagaimana ia menangkap sesuatu yang ia pelajari itu cepat atau lambat.  Sifat manusia yang sering kali tak sabar membuat mudah berhenti di tengah jalan. Masih ingat bagaimana proses kalian belajar membaca di bangku sekolah dasar? Mungkin kalian pernah berkata bahwa kalian tidak bisa untuk melakukannya. Coba tekan apa yang terjadi jika Anda dulu menyerah untuk berusaha belajar membaca. Jadi jangan mudah menghakimi diri sendiri karena untuk menjadi hebat itu bukan proses yang cepat, jadi jangan langsung menghakimi diri sendiri sebagai orang yang tidak berbakat.

Nah itu tadi beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika pertama kali belajar gitar. Selama kalian mengikuti prosesnya maka cepat juga kalian akan melihat hasilnya.
Back To Top type='text/javascript'/>