Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Cerita jadi guru les privat gitar




Cerita jadi guru les privat gitar



Halo salam jumpa, kali ini Slashky GItaris akan menceritakan pengalaman menjadi guru les privat gitar. Walaupun murid les nya hanya satu orang tapi tidak mengapa karena pada dasarnya saya belum mengubah dan menekuni hal ini menjadi bisnis. Tapi bukan berarti saya memberikan materi yang asal-asalan walaupun saya sendiri berasal dari kalangan otodidak. Materi yang saya berikan sesuai dengan beberapa sumber referensi yang saya baca dan rekomendasi beberapa teman.



Modal nekat dan berani mencoba


Ya, modal saya pertama kali adalah NEKAT. Sebenarnya tawaran ini ditawarkan oleh seorang teman. Saya sebenarnya tidak punya basic mengajar gitar karena memang saya belajar sendiri. Saya hanya berpikir bagaimana caranya untuk membagikan ilmu saya pada orang lain karena selama ini saya  masih sering bergelut dengan kesibukan mengajar di salah satu SMP swasta. Jadi walaupun sebenarnya saya mempunyai basic mengajar di kelas tapi saya tidak punya basic mengajar gitar. Jadi ya coba-coba saja.


guitar lesson, les privat, les privat gitar,

Belajar dan berlatih lebih keras


Menjadi seorang guru, mau tidak mau harus lebih hebat dulu dari muridnya. Gambaran seorang guru di mata murid adalah seseorang yang begitu sempurna dan bisa mencari solusi dari masalahnya. Oleh karena itu, supaya tidak memalukan maka saya belajar lebih keras. Mempelajari dasar bermain gitar adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.


Meluangkan waktu


Mengajar les juga berkaitan dengan waktu. Di tengah padatnya jam mengajar dan les privat matematika (saya guru matematika di sekolah). Oleh karena itu, membuka sedikit ruang untuk bisa bermain gitar lumayan susah. Jadi terpaksa saya mengambil jam ngeles malam. 

Melatih kesabaran


Kesabaran yang saya maksud di sini adalah kesabaran untuk menuntun dan memperbaiki beberapa kesalahan yang dilakukan oleh murid. Terutama berlatih menggunakan metronome. Perlu ekstra sabar karena bisa dibilang pemahaman dan daya tangkapnya berbeda. Jika dulu rasanya gampang untuk belajar teknik ini dan itu, sekarang lebih sabar harus menunggu untuk melihat perkembangan belajar orang lain yang notabane pasti daya tangkapnya kurang. Karena biasanya di tahap awal belajar segala sesuatu butuh penyesuaian bagi saya dan murid saya. Saya harus sabar melatih, dia harus sabar berlatih.

Bingung dengan harga


Hal yang tidak kalah bingungnya adalah menentukan harga karena tanpa lisensi apapun untuk mengajar itu seperti guru gadungan atau guru palsu. Awalnya saya cuma berharap membagikan sesuatu yang telah saya dapatkan dengan cuma-cuma dan membagikannya pula dengan cuma-cuma. Oleh karena itu, untuk harga saya tidak punya patokan pasti yag jelas di bawah harga pasaran. Bukan ingin menarik massa yang banyak karena saya sadar dari awal ini bukan bisnis bagi saya. Selain itu pengalaman untuk mengajar gitar masih kurang. 

Nah, kira-kira itu saja pengalaman saja menjadi guru les privat gitar.

Salam Sergius Leski

sumber ilustrasi
Back To Top type='text/javascript'/>