Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Inspirasi Seorang Gitaris dalam Bermain Gitar

Inspirasi Seorang Gitaris dalam Bermain Gitar


Inspirasi seorang gitaris dalam bermain gitar itu bisa datang darimana saja. Iseng-iseng fingering gak jelas malah bisa menghasilkan sebuah lagu atau bersiul-siul dalam kamar mandi. Begitulah inspirasi itu datang kadang tidak kita duga  Kita hanya perlu menyiapkan mental saja untuk merangkai apa yang ada di kepala kemudian menuangkannya menjadi sebuah karya

Daya kreasi kadang-kadang tidak bisa kita pikirkan, ia bisa datang begitu saja entah melalui angin, hujan, panas, siang, malam, ketika susah maupun senang tergantung kita menyikapinya. 

Itulah mengapa kadang kalau kita cari inspirasi malah tidak kunjung datang bahkan mungkin tidak ditemukan. Padahal seringkali, kita hanya duduk mendengarkan diri sendiri, mengasingkan diri dari dunia luar malah bisa mendapatkan ilham.



bring me in your heart, daya kreasi, harmoni, inspirasi, instrumental, konsentrasi, mental, pikiran, tips, inpirasi, Gitaris, tips bermain gitar,




Inspirasi memang tidak bisa di tebak kapan ia datang, kapan ia pergi namun ia bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut faktor yang mempengaruhi inspirasi


#1 Feeling


Tapi untuk mendapatkannya kita harus melatih feeling kita untuk peka dengan hal-hal yang ada di sekiling kita dan yang bisa kita rasakan langsung. Oleh karena itu, perasaan itu berhubungan erat dengan inspirasi dan proses menciptakan sebuah karya. Banyak seniman yang menghasilkan sebuah karya dari perasaannya sendiri walaupun tidak menutup kemungkinan inspirasi bisa datang dari luar dirinya.

Contohnya galau karena putus cinta, kita akan gampang memasuki kondisi dimana kita merasakan inspirasi itu dekat tapi apakah kita harus putus cinta dulu?

Feeling ini sendiri sebenarnya bisa kita latih, dalam sebuah wawancara Steve Vai pernah mengatakan ia membuat lagu mulai dari sebuah chord. Tentu saja ini pasti perlu latihan yang banyak untuk bisa sampai pada tahap ini. Kita juga bisa kok kalau sering berlatih.

Baca : 
Tips membuat lagu dari Steve Vai



#2 Konsentrasi


Selain itu faktor penting lain yang mempengaruhi inspirasi datang adalah konsentrasi. Konsentrasi pada perasaan dan kondisi saat itu. Artinya menyelami sejauh mana perasaan tadi bisa menginspirasi lahirnya sebuah lagu atau bagaimana sebuah keadaan yang dapat membuat hati kita tergugah. 

Saya menyebutnya pemusatan perasaan dimana konsentrasi menjadi penghubung sekaligus menyelaraskan hati dan nada yang sedang dimainkan. 

Baca : 11 Tips melatih feeling agar peka dalam bermain gitar

#3 Improvisasi


Jangan takut berimprovisasi, itulah yang sering saya katakan kepada teman-teman yang seringkali bingung dengan menerapkan scale pada melodinya. Dengan fret gitar ada 24 ditambah 6 senar, kalau dimatematikan itu sama dengan 24! (baca:24 faktorial) bisa dibayangkan berapa juta bahkan triliunan nada disana. 

Baca : Penerapan sederhana dari scale pada melodi gitar

Ketika kalian membuat lagu intrumental dengan gaya fingerstyle, kita harus memadukan harmonisasi dalam satu instrumen sebagai satu kesatuan. Jubing pernah mengatakan bahwa bermain gitar itu bukan hanya tentang keterampilan bermain dengan satu tangan saja



Salah satu yang membuat inspirasi itu berharga adalah karena dari sana kita bisa menciptakan sesuatu yang lebih besar dan menjadi cermin untuk kita bisa melakukan sesuatu yang lebih baik serta yang terpenting bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.
kata bijak gitaris, bring me in your heart, daya kreasi, harmoni, inspirasi, instrumental, konsentrasi, mental, pikiran, tips, inpirasi, Gitaris, tips bermain gitar,


Intinya, musik itu adalah suara hati yang coba diwakilkan lewat harmoni antara pikiran dan kemampuan mengolah dan merangkai nada menjadi untaian yang membuat anda merasakan iramanya mengalir di hidup anda. 


Berikut adalah salah satu karya instrumental saya. Maaf kalau maennya masih jelek. 


Bring Me In Your Heart





Ingin bisa finggering menggunakan 5 jari seperti di atas?

Baca juga cara melatih fingering dengan menggunakan 5 jari.

Jadi kesimpulannya untuk mendapatkan sebuah inspirasi kita perlu memperhatikan beberapa faktor yaitu feeling, konsentrasi dan Improvisasi.


Nah, sekian dulu artikel saya tentang inspirasi seorang gitaris dalam bermain gitar kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai jumpa lagi di artikel saya yang lain. 

Jika kalian ingin berdiskusi tentang dunia gitar silahkan like FP Motivasi Gitar di facebook.



Salam Slashkiss !!!
Back To Top type='text/javascript'/>