Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

12 Penyanyi Jazz Indonesia Terpopuler: Kamu Harus Tahu!

Indonesia itu kaya akan musisi berbakat yang menguasai beragam genre termasuk Jazz. Genre ini punya deretan penyanyi yang lagu-lagunya sering kita dengar dan memiliki banyak penghargaan di kancah musik. Nah buat kalian yang demen banget sama vibe Jazz yuk simak beberapa nama musisi yang gak boleh terlewat!

Penyanyi Jazz Indonesia Terpopuler

Walaupun Jazz mungkin gak sepopuler pop di telinga kita tapi percaya deh musisi Jazz Indonesia itu punya tempat spesial di hati penggemarnya. Dari Dira Sugandi sampai Iga Mawarni kita punya daftar musisi yang harus banget kamu tahu. Mereka ini loh yang membawa Jazz Indonesia dikenal luas dan punya fans setia.

Ardhito Pramono

Siapa sih yang nggak kenal Ardhito Pramono? Mulai dari single pertamanya “The Sun” di 2016 Ardhito langsung mencuri perhatian dengan gaya musik jazz yang khas dan lirik-lirik yang dalam. Dengan lebih dari 45 single yang udah rilis dan puluhan juta plays di Spotify lagu-lagu seperti “Sudah” “I Couldn’t Save You Tonight” dan “Bitterlove” udah jadi soundtrack hidup banyak orang. Karya-karyanya yang mendalam dan easy listening bikin Ardhito Pramono jadi salah satu musisi jazz yang patut dibanggakan.

Glenn Fredly

Glenn Fredly namanya udah jadi legenda di industri musik Indonesia. Selama lebih dari dua dekade Glenn mewarnai dunia musik tanah air dengan lagu-lagu jazz yang menyentuh hati. Sebelum meninggal di tahun 2020 dia udah menyumbangkan banyak sekali hits yang masih sering kita dengerin sampai sekarang. “Januari” “Adu Rayu” dan “Sekali Ini Saja” cuma sebagian dari karya-karya emasnya. Glenn Fredly tetap dikenang sebagai salah satu penyanyi jazz Indonesia yang karyanya akan selalu hidup di hati penggemarnya.

Eva Celia

Bakat musik Eva Celia nggak datang dari mana-mana dia warisi dari kedua orang tuanya Indra Lesmana dan Sophia Latjuba. Meski masih muda Eva udah berhasil menghasilkan lagu-lagu yang digemari banyak orang. Lagu-lagunya seperti “C.H.R.I.S.Y.E” “Kala Senja” dan “Electric” udah diputar sampai 81 juta kali di Spotify lho. Kalo kamu belum sempet dengerin sekarang waktunya buat cek lagu-lagunya Eva Celia!

Iga Mawarni

Kalo kita ngomongin jazz Indonesia Iga Mawarni jangan sampai luput. Penyanyi yang namanya bersinar di era 90an ini punya lagu-lagu hits seperti “Kasmaran” “Pasrah” “Awal Sebuah Cinta” dan “Kejujuran”. Meskipun bernuansa musik tahun 90an lagu-lagunya tetap asik buat didengerin sekarang.

Dira Sugandi

Kalau bicara soal panggung yang memukau suara emas dan gaya interpretasi lagu jazz yang keren Dira Sugandi itu jagonya. Dari kecil bakat nyanyinya udah keliatan sering banget ikutan lomba-lomba jazz. Sekarang Dira udah jadi salah satu ikon jazz Indonesia yang kiprahnya gak cuma di dalam negeri tapi juga merambah ke luar negeri. Dia pernah kolaborasi dengan nama-nama besar seperti Soulmate Maestro Big Band Rika Roeslan Sova Imam Praz Quartet bahkan sama Incognito loh. Performa panggungnya di event jazz baik lokal maupun internasional selalu dinanti.

Tulus

Gak kalah dari Dira Tulus juga patut masuk radar kamu sebagai salah satu penyanyi Jazz papan atas Indonesia. Memulai kariernya di tahun 2011 Tulus cepat banget bikin hati penggemar jazz jatuh cinta dengan lagu-lagunya yang unik dan easy listening. Suara lembutnya yang dipadukan dengan aransemen musik yang out of the box membuat penampilannya selalu ditunggu. Hits-hits seperti “Monokrom” “Interaksi” dan “Hati-Hati di Jalan” adalah bukti karya-karya fenomenalnya.

Tompi

Tompi itu bukan cuma penyanyi jazz yang asyik tapi juga multi-instrumentalis yang bisa mainin saxophone dan gitar. Suaranya yang kuat dan cara interpretasi lagu yang bikin baper jadi salah satu alasan lagu-lagunya ngena banget di hati. Sekarang meskipun dia lebih banyak ngabisin waktu sebagai dokter bedah plastik karya-karyanya tetap eksis dan sering diputar. Terbukti dengan lebih dari satu juta orang yang dengerin lagunya tiap bulan di Spotify. Hit-hit seperti “Menghujam Jantungku” “Sedari Dulu” dan “Tak Pernah Setengah Hati” tetap jadi favorit banyak orang.

Indra Lesmana

Indra Lesmana si jagoan piano jazz ini juga nyanyi dan bikin lagu loh. Kecakapannya menggabungkan jazz dengan irama tradisional Nusantara bikin dia jadi salah satu musisi jazz kebanggaan Indonesia. Udah tiga dekade lebih dia berkecimpung di dunia musik dan selama itu pula Indra Lesmana telah meluncurkan banyak album yang makin mempopulerkan jazz di tanah air. Album-album hitsnya seperti “La Samba Primadona” di tahun 1987 “Kau Datang” tahun 1988 dan “Joy Joy Joy” tahun 2009 adalah beberapa karyanya yang patut kamu dengerin.

Andien

Andien si cantik ini punya suara yang enak banget didengerin dan berhasil membawa elemen pop ke dalam lagu-lagu jazznya loh. Kece abis sejak tahun 2000-an dengan hits seperti “Bisikan Hati” dan “Sahabat Setia”. Gak cuma itu Andien juga mencintai musik klasik dan lagu-lagu tradisional Indonesia yang bisa kita rasakan dalam album “Gemintang” dan “Let It Be My Way”. Selain jadi penyanyi Andien juga aktif dalam aksi sosial dan lingkungan ikut serta dalam berbagai kampanye untuk bumi dan hak-hak wanita.

Benny Likumahuwa

Benny Likumahuwa itu legenda jazz Indonesia yang keterampilannya dalam memainkan alat musik kayak bongo bass clarinet saksofon dan trombon itu top banget. Mulai terjun ke musik dari Cresendo Band trus ngadain band The Augersindo yang sukses banget keliling Asia. Benny sering tampil di event jazz internasional keren seperti The Singapore Jazz Festival tahun 1986 The Jakarta Jazz Festival tahun 1988 dan The North Sea Jazz Festival di Belanda tahun 1990. Album solonya juga seperti “Benny Likumahuwa Jazz Connection” dan “Like Father Like Son” keren-keren banget.

Raisa

Raisa penyanyi yang selalu berhasil bikin kita baper dengan suaranya yang lembut dan penuh emosi. Dia sering bawain lagu-lagu jazz yang enak banget dengan hits seperti “Could it Be” dan “LDR”. Pada tahun 2015 Raisa juga mengeluarkan album jazz “Heart to Heart” yang makin memperkuat posisinya sebagai salah satu penyanyi jazz paling top di Indonesia. Dengan bakat dan suara yang dimilikinya Raisa memang layak dibilang sebagai salah satu icon jazz di tanah air.

Yura Yunita

Yura Yunita yang mulai dikenal sejak ikut Indonesian Idol tahun 2012 emang punya talenta musik yang luar biasa. Walau harus pulang lebih awal di kompetisi itu Glenn Fredly melihat potensi besar di dirinya dan langsung menawari kontrak pada 2014. Sejak itu Yura nggak pernah berhenti bikin lagu-lagu Jazz yang enak banget didengerin. Hits seperti “Tutur Batin” “Cinta dan Rahasia” dan “Dunia Tipu-Tipu” jadi bukti kalau Yura itu penyanyi jazz Indonesia yang wajib kamu simak.

Siapa Penyanyi Jazz Indonesia Favoritmu?

Itulah deretan penyanyi jazz Indonesia yang punya talenta dan skill musik yang keren abis. Dari Dira Sugandi Tulus Tompi sampe Iga Mawarni semua punya ciri khas masing-masing yang membuat musik jazz di Indonesia semakin berwarna. Nah dari semua musisi jazz yang udah kita bahas ada nggak nih yang jadi favorit kamu?

Tag : Biografi
Back To Top type='text/javascript'/>